Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Tahu Syarat dan Jadwal Pendaftaran Kuliah Gratis dengan Bantuan Bidikmisi 2017? Simak di sini

Apa Syarat Pendaftaran Bidikmisi 2017?_Bisa menyelesaikan pendidikan hingga jenjang Perguruan Tinggi (PT) merupakan salah satu investasi yang sangat penting. Sangat disayangkan apabila anak-anak bangsa yang memutuskan untuk tidak melanjutkan  ke Perguruan Tinggi karena masalah biaya. Padahal banyak cara untuk membantu pembiayaan pendidikan ke Perguruan Tinggi, yang mana salah satunya melalui bantuan bidikmisi.
Syarat Pendaftaran Bidikmisi

Buat Anda yang belum tahu, bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang dikhususkan bagi calon mahasiswa dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu, namun memiliki prestasi akademik yang unggul. Jika Anda salah satu orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, namun terbentur masalah ekonomi, maka bantuan Bidikmisi adalah solusinya.

Tidak ada lagi alasan seseorang menunda pendidikannya, karena masalah biaya. Jika Anda merupakan siswa/siswi berprestasi, maka jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan bantuan bidikmisi ini.

Dan sekali lagi kami sampaikan di sini, bantuan Bidikmisi ini tidak diberikan secara sembarangan kepada semua calon mahasiswa. Karena, bantuan ini hanya diberikan kepada khusus pada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik sebagai jaminan ia dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi tepat waktu.

Untuk mendapatkan bantuan Bidikmisi, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Dan untuk mendaftar diperlukan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Lantas apa sajakah syarat pendaftaran Bidikmisi 2017 ni? Langsung saja simak dengan cermat ulasan berikut ini!

Syarat-Syarat Pendaftaran Bidikmisi 2017
1. Anda merupakan siswa SMA/SMK/Sederajat yang akan lulus tahun 2017.

2. Anda adalah lulusan tahun 2016 yang tidak menerima Bidikmisi serta tidak bertentangan dengan ketentuan-ketentuan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi.

3. Usia maksimal 21 tahun (pada saat mendaftar).

4. Secara ekonomi memiliki status kurang mampu, dengan kriteria:
a) Merupakan siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP);

b) Pendapatan kotor orangtua/wali per bulan maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 atau pendapatan kotor orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 per bulan.

5. Pendidikan orangtua/wali maksimal S1 atau Diploma.

6. Mempunyai prestasi akademik yang unggul, yang didasarkan pada rekomendasi kepala sekolah secara objektif dan akurat.

7. Memilih salah satu dari PTN atau PTS, dengan ketentuan sebagai berikut:
a) PTN melalui seleksi ujian masuk dengan pilihan:
  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  • Seleksi Mandiri PTN.
b) Politenik, UT, serta ISI
c) PTS sesuai dengan pilihan dari seleksi ujian masuk.

Jika Anda memilih SNMPTN dan SBMPTN, maka perlu diperhatikan beberapa ketentuan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN sebagai berikut:
  • Masing-masing PTN melakukan seleksi penerima yang merupakan rekomendasi bidikmisi sesuai persayaratan dan kriteria dari masing-masing PTN.
  • Masing-masing PTN melakukan seleksi penerima didasarkan pada prioritas prestasi akademik yang paling unggul, yang paling tidak mampu secara ekonomi, kualitas sekolah, serta alamat asal pendaftar. PTN akan melakukan kunjungan ke alamat pendaftar untuk mengetahui kondisi sesungguhnya.
  • Masing-masing PTN akan melakukan pertimbangan khusus terkait kelulusan seleksi yang akan diberikan kepada pendaftar dengan prestasi ekstrakulikuler dengan prestasi paling rendah peringkat ke-3 pada tingkat Kabupaten/Kota, serta prestasi non-kompetitif seperti Ketua OSIS.
  • Pendaftar Bidikmisi untuk penerima BSM dan/atau mempunyai KIP akan dikecualikan pada verifikasi kelayakan ekonomi. Akan tetapi, apabila dikemudian hari ditemukan pelanggaran yang ternyata tidak layak menerima bantuan, maka akan dikenakan sanksi.
  • Kunjungan ke alamat pendaftar juga dapat dilakukan dengan mendayagunakan salah satu mahasiswa PTN yang bersangkutan, atau PTN yang berasal dari domisili pendaftar dengan prosedur yang telah ditentukan.
  • Hasil dari seleksi nasional calon mahasiswa akan diumumkan oleh Rektor atau Ketua yang berwenang melalui media yang dapat diakses secara online oleh para pendaftar, dan akan diinformasikan ke Ditjen Belmawa dengan Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.
Sementara, jika Anda memilih jalur bidikmisi PTS, perlu diketahui bahwa tidak semua PTS menyelenggarakan program bidikmisi. Untuk ketentuan bidikmisi PTS adalah sebagai berikut:
  • Masing-masing PTS melakukan seleksi dengan memprioritaskan pendaftar yang memiliki prestasi akademik yang tinggi, paling tidak mampu secara ekonomi, serta asal daerah pendaftar.
  • Masing-masing PTS dapat melakukan kunjungan ke pendaftar dengan mendayagunakan salah satu mahasiswa PTS yang bersangkutan ataupun PTS dari domisili pendaftar prosedur yang telah ditentukan.
  • Pendaftar Bidikmisi untuk penerima BSM dan/atau mempunyai KIP akan dikecualikan pada verifikasi kelayakan ekonomi. Akan tetapi, apabila dikemudian hari ditemukan pelanggaran yang ternyata tidak layak menerima bantuan, maka akan dikenakan sanksi.
  • Hasil seleksi calon mahasiswa akan diumumkan oleh panitia seleksi PTS, dan kemudian diinformasikan ke Ditjen Dikti dengan Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi. 
Berdasarkan ulasan di atas, perlu digarisbawahi bahwa syarat pendaftaran bidikmisi 2017 pada intinya yaitu, pendaftar merupakan siswa SMK/SMA/Sederajat yang lulus tahun 2016 yang tidak menerima bidikmisi dan tidak melanggar ketentuan, atau siswa SMK/SMA/Sederajat yang akan lulus tahun 2017, memiliki potensi atau prestasi akademik yang unggul, kondisi ekonomi yang kurang mampu, dan memiliki bukti layak mendapatkan bantuan bidikmisi seperti BSM atau KIP.

Setelah memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan, selanjutnya melakukan selesksi ujian masuk perguruan tinggi, yang nantinya akan diseleksi oleh masing-masing PTN atau PTS, guna menjaring pendaftar yang dirasa layak mendapatkan bidikmisi.

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2017
Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2017

Bagi peserta pendaftar Bidikmisi yang ingin melihat syarat pendaftaran bidikmisi lebih lanjut ataupun pengumumuan seleksi perguruan tinggi dapat mengunjungi laman website resmi bidikmisi.

Nah, itulah informasi terkait syarat pendaftaran bidikmisi 2017. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi terkait pendaftaran bidikmisi bagi siswa/siswi SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Semoga bermanfaat.