11 Jurusan Kuliah yang Tepat dan Menjanjikan bagi Anak Lulusan SMA IPA

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Lulusan SMA IPA_Ketika baru lulus SMP/MTs, anak-anak lulusan SMP pada umumnya sudah merencanakan apakah mau masuk SMA/MA dan/atau masuk SMK. Biasanya juga, mereka sudah mulai berpikir, misalnya jika masuk SMA IPA nanti setelah lulus akan masuk kuliah jurusan apa. 
11 Jurusan Kuliah yang Tepat dan Menjanjikan bagi Anak Lulusan SMA IPA
Sebenarnya sih baik lulusan SMA IPA maupun IPS itu sama-sama banyak peluang bagus untuk langsung bekerja maupun akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, yang sering dilakukan yakni masuk SMA karena niatnya nantinya akan kuliah. Sedangkan lulusan SMP yang memilih SMK, umumnya niatnya akan langsung mencari pekerjaan, apabila telah lulus SMK. Nah itu niatan awal, adapun setelah lulus SMA/SMK tentunya bisa berubah pikiran.

Bagi lulusan SMK  yang mau langsung bekerja mungkin lebih berpeluang, karena banyak perusahaan milik  pemerintah maupun swasta yang merekrut mereka bahkan sejak di bangku kelas XII. Dari program magang yang telah dibuat oleh sekolah mereka terseleksi secara alami.. sehingga ketika lulus mereka dapat langsung kerja dan banyak yang mendapatkan fasilitas untuk melanjutkan kuliah.

Ya, anak-anak ini adalah  sebagian dari mereka yang beruntung. Mereka bisa bekerja mendapatkan gaji dan sekolah dengan biaya perusahaan. Namun, bukan berarti para lulusan SMA IPA tidak punya peluang bagus, karena banyak juga perusahaan yang membutuhkan karyawan dari lulusan SMA. Nah untuk SMA IPS bagaimana?, nah bagi Anda lulusan SMA IPS, tidak perlu berkecil hati karena sekarang mulai banyak juga perusahaan yang menerimanya.

Pembahasan kita kali ini bukan pada lulusan SMK, tapi lebih spesifik lagi pada lulusan SMA IPA, yang masih ragu hendak ke mana.  Akan tetapi sebelum dilanjutkan  perlu diketahui dulu apa motivasi melanjutkan kuliah.  Berkumpul dengan teman sekelas,  bertemu pacar atau bersatu lagi dengan geng waktu SMA, mungkin itu salah satu motivasinya. Tapi motivasi seperti itu jelas keliru, sebab bila seorang mahasiswa tak memiliki passion yang baik dalam kuliah , ia akan berhenti di tengah jalan dan gagallah rencananya untuk menggapai masa depan.

Melanjutkan kuliah pada bidang yang disenangi dan diminati adalah motivasi utama bagi seorang mahasiswa. Dengan ini seorang mahasiswa tidak akan mengeluh ketika meghadapi kesulitan  dan menganggapnya sebagai tantangan untuk meraih masa depan.

Berikut ini adalah daftar jurusan perkuliahan yang diyakini bisa mengarahkan mahasiswa menuju gerbang kesuksesan di masa datang.

1. Kedokteran
“Cita-citaku kepengin jadi dokter” begitu lagu yang dinyanyikan oleh boneka Susan besutan Ria Enes, seniman berbakat asal Surabaya yang nge-hits pada era 90-an. Setelah kita dewasa baru tahu bahwa profesi dokter sangat dibutuhkan.

Tiap hari banyak orang sakit dan terserang penyakit (walaupun ini bukan harapan masyarakat Indonesia, tentunya). Bahkan iklan obat pun memiliki jargon khusus yaitu “bila sakit berlanjut hubungi dokter” Pertanyaannya, mengapa tidak disuruh menghubungi yang lain ya? Misalnya pak lurah atau pak RT? ha ha ha

Memang dengan segala proses dan perjalanan yang memakan waktu panjang, bahkan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, profesi dokter memiliki proses yang sangat cerah.

Saat ini saja  sedang booming dokter ahli bedah kecantikan yang kehadirannya sangat ditungggu oleh masyarakat. Apalagi dokter  spesialis anak, mata, kandungan, penyakit dalam ,dan specialis yang lain tak kalah pentingnya.

Kalau  tidak ingin melanjutkan pendidikannya,  seorang dokter masih bisa memilih menjadi dokter umum.  Ia bisa buka praktek klinik kesehatan, menjadi staff di rumah sakit, atau  menjadi konsultan kesehatan.

2. Guru
Kenapa si Boneka Susan tidak menjawab dengan jawaban "Susan pengin jadi Guru"?, ya ya sepertinya sudah mendarah daging di kalangan anak kecil Indonesia sejak zaman nenek moyang, sehingga sangat umum ketika anak kecil ditanya tentang cita-citanya, maka jawabannya  adalah ingin menjadi dokter, tentara, polisi, dan kadang ada yang langsung jawab ingin jadi orang kaya. he he.

Hmmm, alasan yang punya anak kecil pada zaman sebelum era tahun 2006/2007 jarang yang mengarahkan anaknya menjadi guru dikarenakan memang sebelum tahun itu, bisa dikatakan gaji PNS Guru relatif pas-pasan. Nah, apalagi bagi Guru Tidak Tetap yang saat itu mayoritas masih di bawah 100 ribu, dan bagi GWB atau guru honorer pun sampai sekarang pun honornya masih  antara 200 ribu sampai sekitar 700 ribu per bulan.

Namun, jangan mengecilkan keniatan Anda, jika Anda memang niat menjadi Guru, karena sejak tahun 2006/2007 pemerintah telah memiliki program Sertifikasi Guru, di mana bagi Guru Non PNS bertitle Sarjana yang bertugas di sekolahan swasata bisa punya gaji yang lumayan banyak. Terlebih bagi Guru PNS, maka selain gaji bulanan, juga mendapat tunjangan sertifikasi guru yang jumlahnya sama dengan gaji pokok, nah kan berlipat-lipat gajiannya. Belum lagi bagi PNS juga berhak menerima gaji ke-13 dan gaji ke-14/THR.

Ahaa, apakah nyambung lulusan SMA IPA kok masuk kuliah jurusan guru yakni masuk Universitas/Institut/Perguruan Tinggi ,,,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ???

Ya tentunya nyambung banget, Anda bisa ambil kuliah jurusan guru mapel IPA, yang nantinya Anda bisa jadi Guru Mapel IPA di SMP/SMA. Dan lebih mantap lagi Anda melanjutkan kuliah ke jenjang S2/S3 agar bisa menjadi Dosen.

Selain itu, Anda juga bisa masuk jurusan Guru Kelas SD, di mana peluang untuk menjadi Guru PNS nantinya lebih berpeluang bagi para Guru SD dengan alasan yang sangat jelas yakni jumlah sekolahan SD pasti lebih banyak dibanding  sekolahan SMP/SMA, sehingga kebutuhan Guru Kelas SD tentunya lebih banyak juga.

Hmm, itu rumusan tentang gaji jika Anda ingin jadi Guru. Adapun rumus utamanya yakni jika Anda jadi guru, maka Anda termasuk orang yang ikut mencerdaskan anak bangsa. Yang barang tentu, ilmu Anda akan lebih bermanfaat.

3. MIPA
Jurusan ini sepertinya menampung orang-orang yang super brillian. Tugas berbagai mata kuliah yang berkutat pada hitungan angka dan rumus-rumus, akan membuat para mahasiswa piawai dalam membuat formulasi dengan hitungan-hitungan yang tepat. Banyak industri besar yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Pertambangan dan perminyakan adalah salah satunya.

4. Teknik Sipil
Kalau  zaman dahulu, para lulusan jurusan ini bertitel Ir/Insinyur. Mencetak ahli tata bangunan dan tata ruang profesional. Dari jurusan ini didapat  orang-orang yang cerdik mengakumulasi  setiap bidang bangunan. Dari ukuran, RAB, kekuatan bangunan dengan bahan-bahan tertentu. Bahkan mereka bisa membuat sebuah prediksi tentang umur sebuah bangunan  bila menggunakan bahan tertentu. Lapangan kerja dari output jurusan ini sangat luas. Contoh yang paling mudah adalah sebagai kontraktor dan Arsitek. Apalagi pemerintah Indonesia saat ini sedang giat-giatnya melakukan program pembangunan fisik, seperti jembatan, jalan raya, dan sebagainya. Prospek kalian di jurusan ini sudah terlihat sangat cerah.

5. Teknik Elektro
Apakah anda tidak takut strum? Ya, di jurusan ini  hampir semuanya berhubungan dengan arus listrik. Gelombang atau frekwensi yang mengalir lewat pantulan satelit dan disalurkan lewat  serat optic maupun pada menara-menara BTS, berawal pembelajarannya dari sini. Di masa lampau orang-orang hanya mengenal  televise dan radio, tapi dari hasil pengembangan teknologi, muncul perangkat-perangkat baru yang lebih berdaya guna. Kalau Anda lulus dari jurusan ini selain jadi ilmuwan teknik, Anda juga berkesempatan menjadi operator dan Vendor ternama.

6. Teknik Mesin
Pernahkah anda berpikir bagaimana kendaraan yang Anda tumpangi baik  roda dua maupun roda empat bisa terwujud  sampai sekarang? Setiap  mesin memiliki bagian-bagian rumit   yang fungsinya terkait satu sama lain.

Hadirnya mobil-mobil baru, alat-alat pabrik yang super cangggih, juga alat-alat multiguna yang berbasis mesin, diciptakan oleh orang-orang piawai dari jurusan ini.

Mengenal alat-alat yang sudah ada, meneliti, kemudian mengembangkannya adalah tugas dari mahasiswa dari teknik mesin.Bekerja sama dengan jurusan lain, para mahasiswa dari jurusan ini dicetak untuk menjadi ahli  mesin yang handal.

Teknisi dan karyawan industry adalah pekerjaan bermasa depan cerah yang sudah menanti anda bila lulus dari jurusan ini

7. Teknik Komputer dan Teknik Informatika
Ini adalah jurusan yang paling menjanjikan di era informasi global seperti ini. Keberadaan alat super canggih bernama smart phone takkan mengurangi fungsi dari jurusan ini. Bahkan semakin melebarkan lapangan pekerjaan. Mempelajari kode-kode script, menggabungkannya, kemudian membuat formula baru dalam penerapannya itu bukan pekerjaan mudah. Meskipun untuk saat ini dengan alat yang berbasis internet semua bisa diwujudkan dalam sekali sentuh. Tapi semua itu takkan berfungsi dengan baik tanpa peran orang-orang  yang ahli dalam bidang ini.

Kebutuhan masyarakat luas dengan adanya teknologi informasi membuat  para lulusan jurusan ini sangat laku di pasaran. Ahli IT, maintenance, web design, dan lain lain adalah lapangan pekerjaan yang sangat menjanjikan.

8. Teknik Nuklir
Apa yang terbayang ketika mendengar kata ini? Hirosima dan Nagasaki yang dibom oleh Amerika pada perang dunia kedua yang membuat jepang hengkang dari Indonesia?. Atau Anda membayangkan reactor Nuklir di Chernobil yang meledak dan radiasinya telah menewaskan banyak orang? Oh no. Kita tidak membahas tentang itu. Ini adalah jurusan yang sedang dibutuhkan oleh negeri ini, tapi peminatnya sangat sedikit. Satu-satunya perguruan tinggi yang membuka jurusan ini di Indonesia baru UGM. Karena jarang peminatnya sudah pasti ahli-ahli dalam bidang ini akan dilirik banyak orang.

9. Desain Komunikasi  Visual Interior dan Arsitek
Kalau Anda melihat sebuah bangunan yang menarik, memiliki nilai seni yang sangat tinggi, berdiri kokoh dan seperti bisa berkomunikasi itu adalah hasil kerja orang-orang yang ahli dalam bidang ini.

Para mahasiswa yang kuliah di bidang ini biasanya memang anak-anak cerdas. Yang mampu membuat imajinasi menjadi nyata. Lapangan pekerjaannya sangat luas, dan saat kuliah banyak yang sudah mulai bekerja secara freelance . Dan setelah kuliah selesai baru mereka bekerja pada perusahaan yang sebenarnya. Kalau anda berminat , kuliah di bidang ini akan membuat anda terkenal dengan hasil karya anda. Menjanjikan bukan?

10.  Pertanian dan Agribisnis
Kita ini hidup di negeri agraris, kawan tentu masih ingat lagu kolam susu, “tanah kita tanah surga, kayu dan batu dilempar  jadi tanaman-tanaman” Intinya daratan punya negeri ini punya potensi sebagai lahan pertanian.

Ahli-ahli bidang pertanian dan teknologi pangan sangat dibutuhkan. Banyak petani tapi kita masih kekurangan ahli dalam bidang pertanian. Dan tentu saja hal ini membuat para lulusan Pertanian dan agribisnis akan sangat ditunggu perannya oleh masyarakat luas.

11. Farmasi
Tiap hari banyak orang sakit. Semuanya butuh obat. Ahli farmasi bertanggung jawab membuat obat yang akan mengendalikan penyakit. Industri obat sangat membutuhkan para ahli Farmasi. Dan lapangan pekerjaan dari lulusan ini akan diterima mulai dari apoteker, pembuat formulasi obat di pabrik-pabrik. Bahkan berpeluang mendirikan usaha peramu  obat. Semua orang sangat membutuhkan hal  ini, sehingga para lulusan Farmasi akan memperoleh pekerjaan yang sangat baik.

11 jurusan di atas meruapakan sebagian contoh  jurusan yang bisa diambil ketika Anda lulus SMA IPA nanti. Masih banyak jurusan yang lain yang juga bagus untuk Anak IPA. Yang penting apapun jurusanya, sesuaikan dengan bakat dan minat yang Anda miliki. Agar masa depan damai  sejahtera bisa dimiliki.

Ini  sekedar referensi bagi Anda yang saat ini sedang berfikir dan mencari jurusan apakah yang akan diambil saat daftar kuliah nanti. Semoga tulisan ini menginspirasi.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top