Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Hak dan Kewajiban Seorang Istri kepada Suami dalam Ajaran/Pandangan Islam

Hak dan Kewajiban Seorang Istri terhadap Suami dalam Ajaran/Pandangan Islam_Setelah seorang laki-laki mengucapkan akad nikah,  maka lelaki tersebut sudah sah memiliki wanita yang dinikahinya. Dan dia halal atas wanita tersebut. Nah, berbicara mengenai suami istri, berikut ini telah kami rangkum ulasan mengenai hak dan kwajiban seorang istri kepada suaminya, menurut pandangan/ajaran Islam.
Hak dan Kewajiban Seorang Istri terhadap Suami

Sebagai gambaran awal tentang apa saja hak dan kewajiban seorang istri terhadap suami, berikut adalah sabda Rasululullah SAW:
“Empat perempuan yang berada di Neraka ialah perempuan yang kotor mulutnya terhadap suaminya. Jika suaminya tidak ada di rumah, ia tidak menjaga dirinya dan jika suaminya bersamanya ia memakinya (memarahinya). Perempuan yang memaksa suaminya untuk memberi apa yang suami tidak mampu. Perempuan yang tidak menjaga auratnya dari kaum laki-laki dan memperlihatkan kecantikannya (untuk menarik kaum laki laki). Perempuan yang tidak mempunyai tujuan hidup kecuali makan minum dan tidur, dan ia tidak mau berbakti kepada Allah dan tidak mau berbakti kepada RasulNya dan tidak mau berbakti kepada suaminya.” 
Nah, sudah jelas bukan jika melihat dari sabda Rasulullah SAW tersebut di atas mengenai tugas atau kewajiban seorang istri. Dan untuk lebih jelasnya lagi mengenai kewajiban dan hak yang dimiliki seorang istri? Silakan simak penjelasannya di bawah ini:

A. Kewajiban seorang istri kepada suaminya

1. Siap memenuhi kebutuhan biologis suami
 Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,yang terjemahannya:
“Apabila seorang laki-laki mengajak istrinya ke ranjangnya, lalu sang istri tidak mendatanginya, hingga dia (suaminya) bermalam dalam keadaan marah kepadanya, maka malaikat melaknatnya hingga pagi tiba.” (HR. Bukhari dan Muslim) 
Diwajibkan bagi istri untuk memenuhi kebutuhan suaminya. Tidak ada alasan seorang istri untuk menolak suaminya ketika menginginkannya di tempat tidur. Namun, suami juga harus memahami kondisi sang istri apakah sehat atau sakit.

2.  Amanah kepada suami
Apabila suami sedang berpergian, maka diwajibkan bagi seorang istri untuk menjaga amanah yang ditinggalkan oleh suaminya. Apabila sebelum pergi suami melarang sang istri supaya tidak keluar rumah sebelum ia pulang, maka haram bagi istri untuk keluar dari rumah sekalipun ada kepentingan yang sangat mendesak sebelum suami pulang ke rumah. Dan juga apabila suami menitipkan harta benda kepada sang istri, diwajibkan pula untuk istri menjaga harta benda tersebut sebaik-baiknya.

3. Merias diri untuk suami
Diwajibkan bagi istri supaya mempercantik diri atau merias diri untuk suaminya. Karena penglihatan laki-laki sangat lemah. Maksudnya yaitu laki-laki sangat mudah untuk terpikat dengan hal-hal yang indah dan cantik. Beriaslah diri dan percantik diri Anda supaya suami senang. Namun, diharamkan bagi istri untuk melakukan operasi plastik demi mendapatkan kecantikan. Cantik di sini artinya adalah untuk membahagiakan suami yaitu dengan menjadi seorang istri yang disukai oleh suami.

4.  Taat dan patuh kepada suami
Diwajibkan untuk istri supaya taat dan patuh kepada suami. Apabila istri ingin keluar rumah, wajib bagi istri untuk meminta izin kepada suami. Dan jika suami melarang keluar, wajib pula bagi istri untuk mematuhi perintah suami.

5. Istri wajib menghormati dan menyayangi keluarga suami
Menikah bukan hanya dengan pasangan Anda tetapi juga dengan semua keluarga dari pasangan Anda. Dan diwajibkan bagi seorang istri untuk menyayangi dan menghormati keluarga suaminya.

B. Hak-hak istri kepada suami dalam islam
Seorang istri juga mempunyai hak-hak yang harus dipenuhi oleh suaminya. Beberapa hak tersebut yaitu:

1. Istri berhak menerima mahar pernikahan
2. Istri berhak digauli dengan baik  oleh suami
3. Istri berhak menerima nafkah lahir dan batin dari suami
4. Istri berhak dibimbing dan diajarkan tentang agama islam dengan baik oleh suami
5. Istri berhak diperlakukan dengan adil apabila suami mempunyai istri yang lain
6. Istri berhak dimuliakan oleh suami

Demikian tentang beberapa kewajiban dan hak seorang istri kepada suaminya menurut pandangan/ajaran agama Islam. Dan pastinya, karena namanya kewajiban, maka wajib dilakukan. Hal itu sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang terjemahannya:
“Pertama urusan yang ditanyakan kepada isteri pada hari Kiamat nanti ialah mengenai sholatnya dan mengenai urusan suaminya (apakah ia menjalankan kewajibannya terhadap suaminya atau tidak).“
Semoga kita menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat. Aamiin.