Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dan Arab Bagi Generasi Muda

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab bagi Generasi Muda_Sebagai bangsa Indonesia, kita tahu jika di negeri ini bahasa nasional yang diakui adalah bahasa Indonesia. Sehingga tak heran jika semua masyarakat di negeri ini menguasai bahasa Indonesia, kecuali masyarakat suku tertentu yang hidupnya masih terisolasi dengan dunia luar. Tetapi ternyata bukan bahasa Indonesia saja yang penting untuk kita kuasai. Ada bahasa lain yang tak kalah penting untuk kita pelajari, dua diantaranya adalah bahasa Iggris dan bahasa Arab. Lantas kenapa kedua bahasa itu penting untuk kita pelajari?. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat penting menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab, bisa Anda lihat pada ulasan kami berikut ini.
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dan Arab Bagi Generasi Muda
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dan Arab Bagi Generasi Muda

A. Pentingnya belajar bahasa Inggris
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang diakui dihampir seluruh negara didunia ini. Oleh karenanya di zaman globalisasi ini, sangat penting menguasai bahasa tersebut demi lancarnya komunikasi kita ketika bergaul baik online di media sosial maupun offline saat kita bertemu dengan saudara kita yang berasal dari negara asing .

Selain itu, bahasa Inggris juga membantu kita dalam mempelajari ilmu umum di Indonesia, di mana saat ini banyak sekali kata/istilah dari bahasa Inggris yang telah disadur menjadi kata/istilah dalam bahasa Indonesia. Tak kalah menarik, bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan untuk menunjang suksesnya pekerjaan yang terkait dengan bahasa tersebut, karena hampir semua perusahaan bonafit selalu memprioritaskan pelamar yang menguasai bahasa ini.

Bisa dibilang, peluang kerja semakin besar jika kita menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu tak heran jika bahasa ini masuk dalam kurikulum wajib di sekolah-sekolah, mulai dari tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Atau bisa dikatakan, bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang sangat dibutuhkan oleh kita.

Dan karena sadar akan pentingnya bahasa ini, tidak sedikit masyarakat perkotaan yang mulai dari kecil, sudah membiasakan anaknya menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi di rumah. Tentunya agar mereka bisa fasih menguasai bahasa ini saat sudah dewasa kelak.

B. Pentingnya belajar bahasa Arab 
Bahasa arab buat umat Islam sangat penting dan besar manfaatnya. Karena seperti kita tahu, dalam kitab suci kita (umat Islam) menggunakan bahasa Arab, baik itu tulisan yang berupa huruf dan juga angka. Nah, untuk lebih bisa mendalami Alquran, hadits, dan kitab-kitab kuning dengan maksimal dan mendalam, tentunya lebih bagus jika kita mengerti arti bahasanya melauli belajar tata bahasa dalam ilmu nahwu dan shorof, jadi bukan hanya tahu cara membacanya saja.

Dan selain itu, dengan paham atau menguasai bahasa Arab, kemungkinan besar untuk menghafal ayat-ayat dalam Alquran pun semakin mudah. Dan tentunya bukan hanya itu saja, keuntungan lain dari menguasai bahasa Arab ini.

Bukankah bacaan sholat ataupun kebanyakan bacaan lainnya, misalnya bacaan niat puasa, niat berzakat, niat mandi besar dan bacaan lainnya menggunakan bahasa Arab. Nah, dengan menguasai bahasa Arab tentunya saat membaca niat tersebut kita bisa semakin khusuk dan fokus sebab kita paham arti dari yang kita ucapkan. Berbeda jika kita hanya hafalan saja tanpa tahu makna dan arti dari bahasa tersebut.

Selain itu, dengan menguasai bahasa Arab akan memudahkan kita saat sedang bepergian ke tanah suci. Baik untuk umroh maupun saat menunaikan ibadah haji. Karena tentunya saat disana bahasa yang di gunakan adalah bahasa Arab.

Dan yang tak kalah penting, buat Anda yang ingin memperdalam ilmu agama Islam dengan melanjutkan kuliah ke negara Arab, pastinya menguasai bahasa Arab adalah hal mutlak dan wajib hukumnya.

Jadi intinya, belajar bahasa Inggris mungkin memang besar manfaatnya bagi kesuksesan kita dalam berkarir, namun dengan menguasai bahasa Arab, bukan hanya akan memudahkan kesuksesan serta kemuliaan di dunia namun juga di akhirat. Nah, sebagai generasi muda, tentunya sangat lebih baik jika mengusai kedua bahasa tersebut. Dan sebagai orangtua, idealnya kita juga mendidik anak kita agar bisa menguasai keduanya, baik melalui pendidikan formal, maupun non formal.