Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar pada Diri Sendiri

Bagaimana Cara Mudah dan Paling Ampuh Menghilangkan Rasa Malas Belajar pada Diri Sendiri?_Memang rasa malas seringkali datang di saat yang tidak tepat, terutama pada saat kita akan melakukan kegiatan rutin seperti belajar. Rasa malas sering membuat kita tidak bisa fokus terhadap materi yang akan kita pelajari. Dan tak hanya itu, malas juga membuat kita tidak dapat berpikir secara jernih sehingga pelajaran yang sebenarnya mudah menjadi terasa sulit.
Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar pada Diri Sendiri
Rasa malas yang menyerang kita saat akan belajar sangat memberikan dampak buruk bagi diri kita sendiri. Dan jika kita tetap membiarkannya tanpa ada niatan untuk menghilangkan rasa malas tersebut, maka dipastikan bisa memengaruhi tingkat pemahaman kita terhadap materi pelajaran.

Agar kita tidak terjerat dengan rasa malas yang berkepanjangan, kita bisa menerapkan beberapa cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar pada Diri Sendiri

1. Mengingat Tujuan yang Ingin Kita Capai
Dalam setiap perjalanan hidup, kita pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda dengan tingkatan yang berbeda pula. Contohnya saja, setelah lulus dari pendidikan akan melanjutkan ke jenjang berikutnya untuk menjadi seorang dokter yang pintar dan terkenal serta kaya raya. Nah, cita-cita yang luar biasa tersebut tidak mungkin terjadi ketika tanpa usaha dengan rajin belajar selama masa sekolah.

Dan saat menimba ilmu, pasti ada masanya kita merasa bosan dan malas untuk belajar. Dan pada saat seperti itu, cobalah untuk selalu munculkan ingatan tentang tujuan yang ingin kita capai tersebut.

Memunculkan ingatan tentang tujuan yang ingin dicapai selalu bisa memberikan dorongan semangat serta motivasi yang tinggi untuk kita menghilangkan rasa malas yang menghampiri kita.

2. Memilih Waktu Belajar 
Memilih waktu belajar yang tepat dapat juga membuat rasa malas yang sedang kita rasakan menghilang.

Pagi hari saat udara masih segar serta kondisi tubuh masih fit, sangat cocok bila digunakan untuk belajar.

Pada waktu seperti itu, kita dapat berkonsentrasi secara penuh dan tidak sedikit pun rasa malas bisa menghampiri kita.

Berbeda jika kita belajar pada waktu malam hari. Tubuh kita yang sudah lelah dengan aktivitas seharian pasti membuat kita malas belajar dan memilih tidur. Terkecuali jika kita bisa memilih waktu belajar di sepertiga malam.

3. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan
Cara menghilangkan rasa malas yang selanjutnya ini bisa kita lakukan dengan membuat suasana balajar menjadi senyaman mungkin.

Jika hal yang membuat kita nyaman dan berkonsentrasi saat belajar adalah mendengarkan musik, maka kita bisa meletakkan music player di samping kita. Adapun jika kita menyukai tempat belajar yang rapi dengan berbagai buku di sekitar kita, mungkin kita bisa memilih tempat belajar di perpustakaan yang memiliki koleksi buku yang banyak.

Rasa malas belajar bisa hilang jika kita bisa membuat diri kita nyaman dengan kebiasaan kita sehari-hari. Lakukan apapun yang dapat membuat kita bisa belajar dengan semangat tanpa ada rasa malas yang menghampiri.

4. Waktu Istirahat
Ketika sedang belajar, usahakan jangan terlalu berlebihan. Kita boleh belajar dengan giat dan serius, akan tetapi tetap berikan waktu istirahat yang cukup di sela belajar kita.

Ketika kita memiliki waktu belajar 1 jam, maka ambil 15 menit dari waktu belajar kita untuk istirahat.

Kegunaan istirahat ini selain melemaskan otot-otot yang kaku, tetapi juga mendinginkan kelapa kita yang mulali panas terisi berbagai materi agar kita bisa lebih berkonsentrasi lagi saat belajar.

5. Bergaul dengan Orang yang Senang Belajar
Berteman atau bergaul dengan orang yang senang belajar dapat membuat kita ikut menjadi orang yang senang belajar.

Ketika kita merasakan malas dan mendapati teman kita tetap semangat belajar, pastilah kita tidak ingin tertinggal dan mulai belajar kembali dan melupakan rasa malas yang sebelumnya kita rasakan.

Demikian tentang cara menghilangkan rasa malas belajar pada diri kita sendiri. Semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Info Pendidikan dan Dapodik

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top