Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

Keunggulan Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK dan Universitas

Keunggulan Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK dan Universitas/Perguruan Tinggi_Setiap menjelang dan setelah kelulusan SMP, banyak siswa kelas 9 maupun yang baru lulus mulai mencari-cari informasi pendaftaran untuk jenjang selanjutnya. Namun tak bisa dipungkiri, dibandingkan dengan SMK, sekolah SMA lebih banyak peminatnya.
Keunggulan Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK dan Universitas
Apapun itu alasannya, sebenarnya sangat tidak tepat jika menganggap pendidikan di SMK kurang bagus dan tidak  diminati. Karena faktanya banyak sekali keuntungan yang didapat jika mau menempuh pendidikan di SMK. Dan salah satunya adalah SMK jurusan administrasi perkantoran. Dengan mengambil jurusan ini, kelak Anda juga bisa meneruskan di jurusan yang sama saat di universitas.  Lantas apa keuntungannya mengambil jurusan ini?

Nah, untuk penjelasan lengkapnya, bisa Anda simak pada ulasan tentang keunggulan jurusan administrasi perkantoran di SMK dan universitas, sebagai berikut.

Mengenal Jurusan Administrasi Perkantoran
Sebelum kita bahas tentang keunggulan jurusan administrasi perkantoran di SMK dan universitas, alangkah baiknya jika berkenalan dulu lebih mendalam terkait jurusan ini.

Administrasi perkantoran merupakan salah satu jurusan yang akan membekali peserta didik memiliki keahlian perencanaan keuangan, mulai dari anggaran, pembayaran, dan pendataan pada suatu perusahaan ataupun kantor.

Perkembangan industri dan bisnis sekarang ini memang sedang pesat, untuk itu pastinya butuh tenaga ahli sebagai pelaksana administrasi yang mempunyai kompetensi dan keterampilan di bidang tersebut.

Bila Anda mulai tertarik dengan jurusan administrasi perkantoran, sudah banyak sekali SMK yang bisa Anda jadikan tujuan.

Memang jurusan ini belum begitu banyak yang melirik, tapi jangan salah karena jurusan administrasi perkantoran punya segudang kelebihan.

Setelah Anda lulus di SMK jurusan administrasi perkantoran, Anda bisa langsung bekerja dengan segala keterampilan yang telah didapatkan atau memperdalam lagi di jenjang universitas.

Meskipun SMK jurusan administrasi perkantoran tidak begitu populer, tapi ternyata setelah berada di jenjang universitas peminatnya mendadak membludak banyak. Nah, setelah Anda mengetahui apa itu jurusan administrasi perkantoran, lantas apa keunggulan jurusan administrasi perkantoran di SMK dan universitas?

Beberapa Keunggulan Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK dan Universitas
Tiba saatnya memasuki pembahasan inti yang akan memberikan penjelasan tentang keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika mengambil jurusan administrasi perkantoran.

Untuk jenjang SMK yang sudah kita pahami bahwa jenjang sekolah ini lebih banyak praktik daripada teorinya. Ketika Anda masuk SMK jurusan administrasi perkantoran, Anda bisa mendapatkan beberapa keterampilan yang tidak dipelajari di sekolah lain, antara lain :

1. Dibekali kemampuan mengetik dengan 10 jari buta, sehingga Anda akan terbiasa mengerjakan tugas secara cepat tanpa harus melihat keyboard. Tentu saja kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi jurusan administrasi perkantoran, karena sekarang ini perusahaan butuh tenaga yang bisa diajak kerja cepat.

2. Dibekali cara administrasi yang baik dan benar, mengatur perusahaan, terbiasa dengan susunan bahasa yang baik dan benar.

3. Dibekali kemampuan untuk menjadi sekretaris yang ideal, melakukan pengarsipan, dan menangani masalah keuangan.

4. Dibekali keterampilan table manner, karena di jurusan ini Anda disiapkan menjadi tenaga ahli terutama ketika akan bekerja di perusahaan besar.

Nah setelah SMK, Anda bisa melanjutkan jenjang universitas pada jurusan yang sama. Pastinya Anda akan lebih terbiasa dibandingkan dengan mahasiswa lain yang berasal dari jurusan lainnya. Di jenjang universitas ini Anda akan mendapatkan pemantapan teori terhadap praktik yang sudah Anda pelajari di SMK. Selain itu, ketika Anda melanjutkan lagi pendidikan di universitas, kedudukan Anda bisa terus naik dan lebih profesional.
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Custom Search
Back To Top