Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

Manfaat Belajar Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar sesuai PUEBI

Apa manfaat belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)?_Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, tentu mempelajari dengan sungguh-sungguh bahasa Indonesia sangatlah penting untuk dilakukan. Bukti nyata dari seberapa pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dapat dilihat dengan diajarkannya pelajaran bahasa Indonesia mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dan bahkan diajarkan dalam beberapa perguruan tinggi. Yang lebih mengejutkan lagi, sekarang bahasa Indonesia juga sudah menjadi pelajaran wajib untuk beberapa sekolah di negara-negara lain seperti: Jepang dan Australia.

Sayangnya, tak jarang dalam praktiknya ini bahasa Indonesia diremehkan dan dipandang sebelah mata. Banyak orang yang lebih memilih mengutamakan memberikan pelajaran bahasa asing terhadap anaknya karena berpendapat bahwa bahasa asing lebih berguna bagi kehidupan pada saat ini. Untuk menghilangkan anggapan itu, berikut manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari mempelajari bahasa Indonesia.
Manfaat Belajar Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar sesuai PUEBI
Beberapa manfaat dan kegunaaan bahasa Indonesia
1. Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu
Indonesia adalah negara yang sangat luas dan memiliki berbagai macam budaya dan bahasa daerah yang berbeda-beda. Di sinilah fungi dari bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa ini. Kita tidak akan mungkin mempelajari semua bahasa daerah yang ada di Indonesia, tetapi kita dapat mempelajari bahasa Indonesia yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang Indonesia yang tersebar dari sabang hingga merauke.

Dapat dibayangkan apa yang terjadi apabila orang-orang di dalam kota-kota besar seperti Jakarta yang mayoritas merupakan warga pendatang menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing sebagai bahasa komunikasi utama? Tentu keadaan akan kacau dan tidak teratur.

Oleh karena itu mempelajari dan memahami penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sangatlah penting untuk dilakukan.

Belum lagi dengan berkembangnya teknologi yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di berbagai penjuru Indonesia. Tentu menguasai bahasa Indonesia sangatlah penting untuk membantu dalam hal komunikasi.

2. Menambah wawasan dan pengetahuan
Sebagai bahasa nasional yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahasa Indonesia tentu saja merupakan bahasa yang umumnya digunakan media-media penyebar informasi mulai dari media cetak hingga televisi.

Tentu untuk dapat memahami informasi-informasi yang terdapat dalam media cetak atau televisi tersebut kita harus menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), kalau dulu sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Selain itu, menguasai bahasa Indonesia dengan baik juga sangat berguna pada saat kita ingin menambah pengetahuan dengan membaca buku. Seperti yang kita tahu, saat ini sangatlah jarang buku-buku yang diterbitkan dalam bahasa-bahasa daerah kecuali buku-buku mengenai kebudayaan itu sendiri.

3. Merangsang munculnya ide-ide dan/atau gagasan-gagasan baru
Survey membuktikan, mempelajari bahasa dengan baik dan benar khususnya mengenai kekayaan kosa-kata dapat membuat seseorang lebih mudah untuk mendapatkan ide atau gagasan baru atau dalam kata lain, mempelajari bahasa dapat membuat seseorang lebih cerdas.

Hal ini dikarenakan apabila seseorang memiliki pengetahuan akan kosa kata dan tata bahasa yang luas maka akan lebih muda dalam mengolah pikiran-pikiran kasar ke dalam ide-ide atau gagasan-gagasan.

Pertanyaannya, bagaimanakah cara untuk mempelajari dan memperbanyak kosa-kata dan tata bahasa ini? membaca dan mendengarkan. Hanya dengan dua hal ini kemampuan kosa-kata dan tata bahasa dapat diasah dan ditambah. Dengan membiasakan diri membaca atau mendengarkan bahasa Indonesia, secara otomatis kosa-kata dan tata bahasa seseorang dapat bertambah, lebih baik lagi jika ditambah dengan meningkatkan keterampilan menulis.

Demikian mengenai betapa pentingnya dan manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari dan menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Custom Search
Back To Top