Manfaat Belajar Ilmu Sejarah

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah manfaat belajar ilmu sejarah? Apa benar mempelajari hal-hal yang terjadi di masa lalu memberikan manfaat di masa sekarang dan yang akan datang? Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari mempelajari hal-hal yang terjadi di masa lalu. Memang benar, kita hidup untuk hari ini dan masa depan. Namun mempelajari sejarah bisa menjadi pembelajaran tersendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat dari mempelajari sejarah.
Manfaat Belajar Ilmu Sejarah
1. Mendorong Peningkatan Kemampuan Analisa
Manfaat belajar ilmu sejarah yang pertama berkaitan dengan kemampuan untuk menganalisa. Apa yang ada dalam pikiran kita saat belajar sejarah. Ketika masih di bangku sekolah, mungkin kita hanya ingin mengingat apa yang tertulis dalam buku sejarah. Semuanya demi mendapatkan nilai sempurna saat tes.

Namun pernahkah terpikir untuk menganalisa kejadian di masa lalu? Contohnya saja, saat mempelajari peradaban kuno. Pernahkah terbersit pertanyaan mengapa peradaban tersebut berakhir? Peristiwa apa yang menjadi pemicu berakhirnya satu peradaban? Apakah bencana alam? Apakah perang atau hal-hal lain?

Menganalisa sebuah peristiwa memaksa otak untuk bekerja mereka-reka apa yang sudah terjadi. Kita juga dituntut untuk mengumpulkan informasi yang tertera dalam sejarah agar bisa mengambil satu kesimpulan yang paling bisa diterima.

2. Belajar Kepemimpinan dari Pemimpin Termasyur dalam Sejarah
Anda bisa mempelajari skill kepemimpinan dari tokoh-tokoh dalam sejarah. Ini adalah salah satu manfaat belajar ilmu sejarah yang tidak bisa dipungkiri. Ada begitu banyak tokoh sejarah dengan kepemimpinan yang luar biasa. Wu Zetian merupakan kaisar wanita pada zaman Dinasti Tang dan dikenal sebagai salah satu pemimpin terhebat China.

Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak pahlawan nasional yang bisa dicontoh kepemimpinannya. Contohnya adalah Bung Karno yang merupakan proklamator dan presiden pertama Indonesia. Ada juga Pangeran Diponegoro dan masih banyak lagi pemimpin-pemimpin yang tidak hanya patut dikagumi namun juga dijadikan teladan.

3. Mendapatkan Inspirasi untuk Berkarya
Sejarah memberikan begitu banyak inspirasi. Mulai dari inspirasi untuk menjadi pemimpin yang baik hingga inspirasi yang dituangkan dalam bentuk karya seni ataupun karya tulis. Anda mungkin pernah melihat lukisan, pahatan kayu ataupun karya seni lain yang terinspirasi sejarah masa lalu.

Karya tulis seperti novel juga tidak ketinggalan. A Song of Ice and Fire adalah salah satu contohnya. Novel berseri populer karya George R.R. Martin ini terinspirasi oleh sejarah Inggris Raya. Contoh lainnya adalah novel baru berjudul Erstwhile karya Rio Haminoto yang memilih zaman kerajaan Majapahit sebagai latar belakang. Salah satu novel terbaik Indonesia, Arok Dedes karya Pramoedya Ananta Toer juga memiliki latar belakang sejarah.

4. Menatap Dunia dari Berbagai Sudut Pandang dan Memperluas Pikiran
Saat kita menganalisa satu peristiwa dalam sejarah, mau tidak mau kita harus melihatnya dari berbagai sudut pandang. Contohnya saja, saat kita membaca dan menganalisa sejarah suku Aztec. Sangat mudah untuk menganggap Hernan Cortes sebagai penjahat perang yang mengakhiri kejayaan suku Aztec. Jika kita melihatnya dari satu sudut pandang saja, itulah kesimpulan yang kita dapat.

Apakah manfaat belajar ilmu sejarah yang satu ini memang berguna? Tentu saja iya. Zaman sekarang, kita dimanjakan oleh arus informasi yang mengalir dengan deras. Jika kita tidak berpandangan luas, kita akan dengan mudah terbawa arus.

Itulah beberapa manfaat belajar ilmu sejarah. Meskipun sejarah adalah rekaman peristiwa di masa lampau, kita tidak seharusnya melupakannya. Ingatlah apa yang dikatakan oleh Bung Karno, jangan pernah melupakan sejarah.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Info Pendidikan dan Dapodik

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top