Manfaat Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Apa Manfaat Ilmu Biologi?_Berasal dari kata bio yang bermakna sesuatu yang hidup, Biologi dikenal sebagai salah satu mata pelajaran atau bidang keilmuan yang mempelajari sesuatu yang hidup. Berbagai riset sudah dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Kini biologi banyak melahirkan penemuan tentang kualitas kehidupan manusia yang semakin baik. Bahkan beragam masalah tentang kebutuhan energi, pemenuhan pangan, lingkungan dan kesehatan bergantung pada keberadaan Ilmu Biologi.
Manfaat Ilmu Biologi

Beberapa Contoh Manfaat Ilmu Biologi 
Biologi telah berkembang di berbagai aspek pengetahuan guna menciptakan kesejahteraan manusia. Banyak manfaat biologi yang telah kita rasakan hasilnya. Apa saja manfaat ilmu Bologi bagi kehidupan manusia?. Berikut ini beberapa contoh manfaat ilmu biologi:

1. Manfaat Ilmu Biologi di Bidang Pertanian 
Kemajuan dunia pertanian tidak bisa lepas dari keberadaan Ilmu Biologi. Penemuan gen-gen tanaman unggul dan diversifikasi pemeliharaan tanaman pangan adalah langkah positif dalam upaya menemukan bahan makanan pokok alternatif guna memenuhi kebutuhan pangan seluruh manusia di dunia. Beragam teknik yang dikaji dalam Ilmu Biologi juga sangat berperan dalam mempercepat produksi pangan di dunia.

2. Manfaat Ilmu Biologi dalam Bidang Kesehatan 
Ilmu biologi berperan dalam menciptakan berbagai penemuan di bidang kesehatan  seperti pemahaman tentang histologi (ilmu jaringan), struktur tubuh manusia, fisiologis (ilmu yang mempelajari tentang faal tubuh, patologi ( ilmu  yang mempelajari kondisi abnormal tubuh) dan anatomi (ilmu tentang letak tubuh). Penemuan beradasarkan riset jamur penicillium adalah salah satu fakta bahwa ilmu biologi berperan dalam dunia kesehatan.

3. Manfaat Ilmu Biologi dalam Bidang Farmasi
Ilmu Biologi turut mendukung penemuan berbagai obat-obatan yang dibutuhkan manusia. Berbagai riset mengenai  ketersediaan obat untuk mengobati penyakit tertentu adalah bukti kemajuan dunia Farmasi yang berkaitan erat dengan Ilmu Biologi.

4. Manfaat Ilmu Biologi dalam Bidang Industri 
Kini banyak tersedia berbagai obat untuk kesehatan seperti vaksin untuk menciptakan kekebalan tubuh dan obat-obatan  dari mikroorganisme. Pengadaan produk-produk tersebut tidak lepas dari keberadaan Ilmu Biologi.

5. Manfaat Imu Biologi dalam Perkembangan Bioteknologi 
Seiring dengan perkembangan teknologi, kini kita melihat bagaimana kesuksesan pengembangan kultur jaringan, proses rekayasa genetik dan pengembangan sel induk (klonning). Hal-hal tersebut tidak lepas dari peran Ilmu Biologi dalam bidang Bioteknologi.

6. Manfaat Ilmu Biologi dalam Pengembangan Energi
Peranan ilmu biologi dalam pengembangan energi terbukti dengan hadirnya biogas dengan pemanfaatan kotoran hewan. Ini  merupakan bukti nyata bahwa limbah hewan dapat dijadikan energi alternatif yang dapat kita manfaatkan. Bahkan, biogas juga dapat membantu proses memasak di wilayah pedesaan-pedesaan.

7. Manfaat Ilmu Biologi di Bidang Peternakan 
Peranan ilmu biologi dalam bidang peternakan  ditandai dengan munculnya beragam varietas unggul seperti ayam pedaging, ayam petelor, domba pedaging dan sapi penghasil susu. Kemajuan bidang peternakan terkait dengan Ilmu Biologi juga dapat dilihat dari penemuan inseminasi buatan  dalam ternak sapi dan teknologi kawin silang.

8. Manfaat Ilmu Biologi dalam Bidang Kesehatan Makanan 
Terdapat cabang ilmu biologi yang menangani  berbagai masalah tentang pemeliharaan makanan untuk kesehatan manusia. Cabang ilmu biologi tersebut dikenal dengan nama hygen. Ilmu ini berperan dalam mengkaji berapa banyak asupan makanan yang sebaiknya diberikan pada tubuh sesuai dengan kondisi kesehatan setiap orang.

9. Manfaat Ilmu Biologi dalam Riset Ilmiah 
Perangkat Biologi berperan dalam banyak riset ilmiah untuk kemajuan keilmuan. Misalnya, riset binatang kecoa dengan perangkat biologi untuk mencari korban bencana alam.  Riset tersebut berperan penting bagi keberlangsungan hidup manusia dan kemajuan teknologi.

Demikian diatas sedikit ulasan tentang  berbagai manfaat ilmu biologi dalam kehidupan kita. Berdasarkan ulasan di  atas dapat disimpulkan bahwa perkembangan ilmu biologi membawa pengaruh yang positif bagi kemajuan berbagai bidang dalam kehidupan kita. Temuan-temuan dalam Ilmu Biologi akan selalu dibutuhkan bagi kesejahteraan manusia.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Info Pendidikan dan Dapodik

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top