Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Ilmu Geografi

Apa manfaat ilmu geografi dalam kehidupan sehari-hari?_Saat melihat peta dan mengamati dunia di atas secarik kertas, manfaat ilmu geografi bisa sedikit terlihat. Coba bayangkan jika ilmu geografi tidak pernah disentuh dan dipelajari? Teknologi canggih seperti GPS tidak mungkin bisa ada seperti dewasa ini.
Manfaat Ilmu Geografi
Jika belum ada ilmu geografi, sangat mungkin saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi penjelajah yang memetakan bagian dunia tertentu. Namun bersyukur, sekarang ini kita sudah berada pada masa di mana ilmu geografi telah ada dan menjadi rujukan yang bermanfaat. Dan walau, seluruh dunia memang sudah terpetakan dengan baik. Namun ilmu geografi masih terus berkembang sampai detik ini.

Memahami Ilmu Geografi
Ilmu geografi merupakan suatu keilmuan yang utamanya mempelajari bumi. Tidak hanya berkenaan dengan mempelajari peta dunia, ilmu geografi juga berkaitan dengan segala fenomena yang terjadi di bumi.

Iklim, pergerakan lempeng bumi dan fenomena lainnya akan dipelajari di dalam geografi. Geografi merupakan ilmu yang tidak hanya menuntut pemahaman teori. Saat mempelajari geografi, kita juga dituntut untuk bisa menerapkan teori yang ada.

Pada tahap lanjut, menguasai software untuk pemetaan serta penginderaan jarak jauh sangatlah diperlukan.

Manfaat Luas Geografi
Dalam ilmu geografi, memiliki lima fokus utama yaitu tanah atau lempeng bumi, udara, perairan, flora, dan fauna serta kependudukan. Dari kelima fokus ini, bisa ditemukan beragam manfaat ilmu geografi yang bisa terus dirasakan.

1. Membantu Pemetaan untuk Berbagai Keperluan
Pemetaan merupakan aspek ilmu geografi yang paling sering digunakan. Di dalam penerapannya, pemetaan sangatlah berguna untuk beragam tujuan, antara lain:
  • untuk mengetahui potensi pertanian di suatu wilayah.
  • untuk mengetahui potensi alam yang ada di suatu wilayah.
  • untuk mengetahui potyensi perekonomia di suatu daerah.
  • untuk mengetahui wilayah yang rawan bencana alam seperti tanah longsor.
  • untuk mengumpulkan informasi penggunaan lahan terkini.
2. Memberikan Gambaran Kepadatan Penduduk
Kependudukan serta teori migrasi merupakan bagian dari ilmu geografi. Maka dari itu, ilmu geografi sering digunakan untuk memberikan gambaran kepadatan penduduk di berbagai wilayah.

Pemetaan kepadatan penduduk bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk serta untuk pengelompokkan penduduk berdasarkan usia lanjut dan usia produktif.

Informasi mengenai penduduk berusia produktif bisa memberikan gambaran potensi tenaga kerja. Dan informasi penduduk usia lanjut akan memberikan gambaran akan besarnya beban tenaga produktif yang dimliki oleh suatu daerah.

3. Menentukan Arah Pembangunan
Negara Indonesia adalah negara berkembang yang masih terus dan terus membangun. Pembangunan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Harus ada rencana dan arah pembangunan yang baik. Di sini, manfaat ilmu geografi bisa ditemukan.

Dengan menggunakan informasi dari pemetaan lahan, akan didapat kawasan-kawasan ideal untuk pembangunan.

Contohnya, satu kawasan memiliki tanah yang kondisi dan letaknya ideal untuk pertanian. Maka pembangunan kawasan pemukiman dan lain-lain bisa dipindahkan ke kawasan lain.

4. Menggali Informasi Cuaca dan Iklim
Salah satu manfaat ilmu geografi yang sangat bisa dirasakan adalah memperoleh informasi cuaca serta iklim. Data-data mengenai cuaca serta iklim sangatlah berguna untuk menentukan potensi pertanian satu wilayah (jenis tanaman apa yang bisa dikembangkan dan lain-lain).

Ilmu geografi merupakan ilmu yang sangat menarik dan bermanfaat. Arah pembangunan serta pengembangan wilayah bisa menjadi lebih baik dengan memanfaatkan ilmu geografi. Manfaat ilmu geografi akan terus dicari karena ilmu ini sudah menjadi bagian dalam hidup banyak orang.