Manfaat Ilmu Kimia

Apa manfaat ilmu kimia?_Bisa dibilang, ilmu kimia ibarat sebuah koin. Ada dua sisi yang tidak bisa dipisahkan. Ada sisi baik dan ada juga sisi buruk. Ilmu kimia merupakan ilmu yang memberi manfaat namun juga bisa merugikan jika tidak diterapkan dengan benar.
Manfaat Ilmu Kimia
Definisi Ilmu Kimia
Ilmu kimia dikenal sebagai cabang ilmu pengetahuan alam. Di dalam ilmu ini, kita belajar mengenai senyawa kimia, komposisi, struktur, sifat-sifat, perubahan energi beserta perubahan materi yang menyertainya.

Meskipun tidak nampak, kehidupan sehari-hari tidak lepas dari ilmu kimia. Tanpa kita sadari, kita selalu bersentuhan dengan hal-hal kimiawi.

Ilmu kimia sendiri bercabang-cabang dan memiliki fokus berbeda, serta memberikan manfaat ilmu kimia yang berbeda-beda pula. Contohnya adalah kimia inti atau radiokimia yang lebih fokus mempelajari zat-zat radioaktif. Cabang kimia yang ini sangatlah bermanfaat untuk teknologi pertanian serta ilmu dan teknologi medis.

Apa Saja Manfaat Ilmu Kimia?
Sebenarnya ada begitu banyak manfaat nyata yang bisa didapat dari penerapan ilmu kimia. Berikut ini adalah sebagian dari sekian banyak manfaat ilmu kimia yang diterapkan di bidang-bidang tertentu:

1. Membantu Perawatan Medis
Dunia medis sebenarnya sangat bergantung pada ilmu kimia. Terdapat begitu banyak obat yang merupakan produk kimia farmasi. Obat-obatan yang beredar diproduksi melalui proses kimia yang rinci. Selain obat-obatan dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk dan cairan, ada juga terapi kesehatan yang menerapkan ilmu kimia.

2. Membantu Berbagai Industri untuk Berkembang dan Maju
Manfaat ilmu kimia sangat bisa dirasakan jika kita mengamati perkembangan industri. Ini tidak hanya mencakup industri obat-obatan namun juga ragam industri lain. Produk-produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun mandi, pasta gigi, deterjen bubuk, pemutih serta pelembut pakaian dan lain-lain merupakan produk kimia.

Industri otomotif, industri pangan, industri kosmetik dan industri-industri lain sangatlah bergantung pada ilmu kimia. Cobalah lihat lagi beragam produk yang kita gunakan sehari-hari. Hampir seluruhnya sudah tersentuh proses kimia. Dunia industri bisa berkembang sepesat ini karena adanya ilmu kimia.

3. Membantu Tim Penegak Hukum Mencari Barang Bukti
Divisi forensik kepolisian menikmati manfaat ilmu kimia. Di saat mencari barang bukti dari sebuah tindakan kriminal, tim forensik mengandalkan zat-zat kimia tertentu. Tes urin, tes DNA dan lain-lain perlu diproses secara kimia.

4. Membantu Petani Memerangi Hama dan Memelihara Tanaman
Dunia pertanian juga tidak bisa dilepaskan dari ilmu kimia. Banyak pupuk yang digunakan oleh petani merupakan produk kimia. Pestisida juga merupakan zat-zat kimia yang digunakan oleh petani untuk mengusir hama yang merusak tanaman. Meskipun ada petani organik yang menggunakan bahan-bahan alami, zat-zat kimia tetap menjadi salah satu pilihan utama.

Ilmu kimia sudah melekat dengan kehidupan sehari-hari dan sangat sulit untuk dilepaskan. Tanpa kita sadari, begitu banyak manfaat dari penerapan ilmu kimia telah kita nikmati.

Kegiatan sehari-hari seperti mencuci pakaian, berkendara atau bahkan menikmati hidangan lezat sebetulnya tidak lepas dari peran ilmu kimia.

Memang benar, ilmu kimia bisa menjadi berbahaya. Meskipun ada sisi berbahaya, ilmu kimia juga sangatlah berguna. Jika ilmu kimia adalah ilmu yang hanya bisa merusak, kita pasti tidak akan bisa menikmati manfaat ilmu kimia melalui ragam produk berguna seperti sekarang ini.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Info Pendidikan dan Dapodik

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top