Manfaat Ilmu Pengetahuan bagi Kehidupan Manusia

Ilmu pengetahuan merupakan suatu pemahaman yang didapatkan manusia melalui penelitian atau penemuan yang tersusun secara sistematis dan dapat diuji melalui metode-metode tertentu. Ilmu merupakan kunci utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari, secara sadar atau tidak semua hal yang kita lakukan sehari-hari tidak pernah lepas dari ilmu. Dalam melakukan setiap tindakan atau perbuatan kita selalu membutuhkan pemahaman dalam melakukannya.
Manfaat Ilmu Pengetahuan bagi Kehidupan Manusia
Dengan memiliki ilmu, seseorang mampu melakukan hal-hal yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Ilmu pengetahuan memiliki banyak manfaat  dalam kehidupan manusia. Tidak hanya dirasakan secara perorangan saja, ilmu pengetahuan juga mampu memberi dampak positif berupa manfaat yang besar bagi lingkungan sekitar kita bahkan masyarakat secara luas.

Beberapa Manfaat Ilmu Pengetahuan bagi Kehidupan Manusia 

Untuk lebih memahami bagaimana manfaat ilmu pengetahuan bagi kehidupan kita sehari-hari, berikut ini kami uraikan beberapa manfaat ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia:

1. Dapat Membedakan Benar-Salah
Dengan memiliki ilmu pengetahuan, seseorang tidak akan terjebak dalam tindakan atau perbuatan yang salah. Seseorang yang memiliki ilmu tidak akan mudah melakukan tindakan salah  yang disebabkan pengaruh orang lain. Biasanya orang berilmu memiliki prinsip hidup yang kuat dan selalu berupaya menempatkan diri pada posisi yang tepat.

2. Ilmu Bermanfaat Hingga Wafat
Hal-hal yang bersifat duniawi secara alami akan terputus saat seseorang sudah wafat.  Hal ini disebabkan karena pada dasarnya manusia akan meninggalkan semua bentuk urusan yang terjalin semasa hidup saat sudah wafat. Dengan ilmu yang dibagikan semasa hidup, seseorang akan terkenang sampai kapanpun bahkan setelah wafat.  Misalnya, bagaimana ilmu dibagikan dalam bentuk tulisan yang dapat terus dibaca dan bermanfaat bahkan hingga penulisnya wafat.

3. Langkah Menuju Surga
Pada kehidupan berikutnya, manusia hakikatnya akan menempati surga. Ilmu merupakan sumber pengetahuan akan kebenaran  yang dipercaya mampu membantu setiap manusia menuju surga.  Dengan memiliki pengetahuan akan kebenaran, manusia akan semaksimal mungkin mungkin melakukan tindakan yang benar dan berusaha menjauhi perbuatan atau tindakan yang dianggap salah. Kebenaran tersebut yang akan membimbing seseorang menuju surga.

4. Menaikkan Derajat Manusia
Tingkatan atau derajat manusia akan semakin terangkat dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Baik di mata Tuham maupun sesama, orang yang memiliki ilmu senantiasa dihargai dan memperoleh penghormatan yang baik. Bahkan ketika seseorang sedang dalam tahapan menuntut ilmu biasanya lingkungan sosial masyarakat sudah memberikan tanggapan atau pandangan yang positif.

5. Ilmu adalah Hal yang Lebih Berharga daripada Harta
Dalam kehidupan sosial ditengah-tengah masyarakat, banyak orang beranggapan bahwa kekayaan dan harta merupakan dua hal yang paling berharga dalam kehidupan manusia.  Namun, terdapat hal lain yang mempunyai nilai lebih tinggi dibanding kekayaan maupun harta yaitu ilmu pengetahuan. Kekayan dan harta yang melimpah akan mendorong seseorang untuk berupaya menjaga harta kekayaannya agar tidak hilang.  Berbeda dengan ilmu pengetahuan yang justru akan selalu menjaga diri  manusia  dan bahkan mampu mendatangkan harta kekayaan.

Kekayaan tidak akan mampu membuat orang bertahan dari kondisi melimpah yang senantiasa ia jaga. Namun, dengan memiliki ilmu pengetahuan, seseorang mampu  berupaya untuk mendatangkan harta kekayaan secara berkesinambungan dalam jangka waktu  yang lama.

Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan juga akan semakin berkembang demi mendukung kualitas hidup dan pola pikir masyarakat yang semakin modern.  Tentunya proses belajar kita dalam upaya terus menuntut ilmu tidak akan pernah berhenti bukan?
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top