Manfaat Komputer dalam Dunia Pendidikan

Manfaat Komputer dalam Pendidikan_Di era globalisasi ini, peran teknologi menjadi cukup vital dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dari sekian banyak bidang yang mendapatkan keuntungan dari majunya teknologi, dunia pendidikan merupakan salah satu bidang yang paling diuntungkan. Munculnya alat-alat canggih seperti komputer/PC/laptop, tentu saja dapat memberikan dampak positif dalam dunia Pendidikan.

Sayangnya, hingga kini tak sedikit yang masih menutup mata mengenai perkembangan teknologi dan menganggap teknologi sebagai penghambat pembelajaran. Padahal, apabila digunakan dengan cara dan porsi yang tepat, teknologi komputer ini malah bisa sangat bermanfaat dalam proses belajar mengajar siswa agar lebih efektif dan efisien.
Manfaat Komputer dalam Pendidikan
Beberapa manfaat komputer dalam dunia pendidikan
1. Lebih mudah dan luas dalam mencari informasi
Salah satu prinsip dari pendidikan adalah memperoleh pelajaran (informasi) baru. Dengan adanya teknologi komputer, Anda dapat memperoleh segala informasi secara bebas dan luas melalui internet. Belum lagi adanya beberapa situs yang menyediakan kolom tanya-jawab yang diisi langsung oleh seorang yang benar-benar mahir di bidangnya.

2. Meminimalisir penggunaan buku cetak
Buku adalah sarana pendidikan yang paling utama dalam berpuluh-puluh atau bahkan beratus-ratus tahun terakhir. Walaupun terbukti ampuh dalam kegiatan belajar mengajar, ternyata buku mempunyai kekurangan yaitu dibuat menggunakan batang pohon sehingga apabila diproduksi secara besar dapat merusak ekosistem. Kebijakan penggunaan kertas daur ulang juga dirasa belum maksimal karena harga yang cukup mahal.

Dengan seiring berkembangnya teknologi komputer, saat ini sudah banyak para penerbit buku-buku pelajaran atau pengetahuan yang menerbitkan bukunya dalam bentuk digital. Selain lebih efisien, buku online atau yang biasa disebut ebook ini tentu saja sangat ramah lingkungan karena tidak membutuhkan batang pohon.

3. Adanya kelas online
Apakah Anda pernah susah menemukan kelas di universitas yang cocok dengan jadwal Anda? Hal ini sudah bukan masalah lagi di era teknologi komputer ini. Dengan adanya internet dan komputer Anda dengan mudah dapat mengikuti suatu kelas dengan jam dan waktu yang dapat anda waktu sesuka anda.

4. Memberikan variasi baru dalam kegiatan belajar
Salah satu kelemahan sistem pembelajaran lama adalah cara penyampaian materi yang dirasa membosankan untuk murid-murid yang hidup di zaman modern ini. Namun, hal ini bisa diatasi dengan semakin majunya perkembangan teknologi. Metode pembelajaran yang tadinya monoton dan hanya terbatas itu itu saja kini bisa lebih dikembangkan lagi.

Sebut saja pembelajaran menggunakan gambar-gambar yang ditampilkan di depan kelas, belum lagi penggunaan video yang tentu bisa sangat membantu pemahaman dari siswa mengenai materi yang diajarkan.

5. Adanya aplikasi-aplikasi pendidikan
Aplikasi atau software merupakan suatu yang tak bisa dipisahkan dari sebuah komputer (hardware). Dengan semakin majunya teknologi aplikasi-aplikasi yang dulunya hanya sekedar aplikasi pembantu seperti Microsoft Office dan games saja kini bisa dibuat sebagai alternatif baru dalam pendidikan. Lihat saja dari aplikasi-aplikasi edukasi yang banyak sekali tersebar di Internet.

Selain itu saat ini juga banyak sekali lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang sekarang menyediakan layanan online gratis maupun yang berbayar. Dengan adanya layanan ini, seperti layaknya kelas Online Anda dapat belajar bertatap muka dengan pengajar. Perbedaannya, di sini tidak secara online atau langsung dan hanya dalam bentuk video saja.

Jika melihat fakta di atas, tampaknya tak mengherankan komputer menjadi alat wajib yang harus dimiliki para pendidik dan peserta didik, khususnya siswa tingkat SMP/SMA dan perguruan tinggi.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top