Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

Manfaat Mempelajari IPS Bagi Siswa

Apa manfaat belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)?_Salah satu pelajaran yang harus dipelajari oleh peserta didik adalah pelajaran IPS. Pendidikan IPS merupakan salah satu pelajaran yang memberikan kontribusi cukup penting dalam mengatasi permasalahan sosial. Mengapa? Karena pelajaran IPS memiliki peran yang signifikan dalam membentuk dan meningkatkan sumber daya manusia.
Manfaat Mempelajari IPS Bagi Siswa
Manusia yang merupakan makhluk sosial membutuhkan bekal pengetahuan mengenai harkat dan martabat serta tata cara berinteraksi antar sesama makhluk sosial lainnya. Maka dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan mengenai tata cara bersosial berdasarkan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial secara umum diartikan sebagai ilmu yang membahas mengenai hubungan kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Ilmu ini juga membahas mengenai tata cara bagaimana hubungan manusia dengan lingkungan masyarakat yang luas dan mempelajari aspek-aspek sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Komisi Studi Sosial dari National Educaion Association di Amerika memberikan defines IPS sebagai mata pelajaran yang berkiatan dengan perkembangan masyarakat dan manusia sebagai anggotanya (Poerwito, 1992:3).

Menurut Numan Soemantri IPS adalah gabungan unsur sejarah, geografi, hukum , ekonomi, politik, kewarganegaraan, sosiologi bahkan humaniora, agama dan pendidikan. Sedangkan Edgar W. Wesley mengatakan bahwa IPS merupakan kumpulan ilmu-ilmu sosial yang sudah diadapsi dan disesuaikan dengan kebutuhan dan standar persekolahan.

Manfaat Pelajaran IPS Bagi Siswa
Ada beberapa versi manfaat mempelajari IPS bagi siswa, baik secara umum maupun menurut KTSP. Berikut beberapa manfaat siswa mempelajari IPS:

Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) tahun 2016:
  1. Mengenalkan siswa mengenai konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat dan lingkungan sekitarnya.
  2. Membantu siswa memiliki kemampuan dasar untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, berfikir kritis namun logis, inkuiri, dapat memecahkan masalah sendiri dan memiliki keterampilan serta dapat membawa diri dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
  3. Meningkatkan komitmen dan kesadaran mengenai nilai-nilai sosial kemanusiaan.
  4. Melatih keterampilan komunikasi siswa, semangat kerjasama dan berkompetisi secara sehat dalam masyarakat baik di tingkat lokal, nasional maupun global.
Manfaat Pelajaran IPS Secara Umum:
  • Pelajaran IPS membekali siswa pengetahuan sosial yang nantinya bisa diterapkan langsung dalam kehidupan bermasayarakat kelak.
  • Membekai siswa kemampuan menganalisis, mengidentifikasi serta menyusul alternatif dalam memecahkan masalah sosial yang dihadapinya dalam kehidupan masayarakat.
  • Membekali siswa kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat untuk berbagi ilmu  dan keahlian mereka.
  • Membekali siswa mengenai kesadaran sikap mental yang positif dan keterampilan untuk berkontribusi di masyarakat kelak.
  • Memberikan bekal kepada siswa kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan sesuai perkembangan kehidupan masyarakat, ilmu pnegtahuan dan teknologi.
  • Mempelajari IPS membantu siswa untuk mengetahui cara berinteraksi dengan orang di sekitarnya, baik itu interaksi dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.
  • Dengan mempelajari IPS, memudahkan siswa untuk terjun dan hidup dalam satu kelompok baru karena meraka sudah dibekali pengetahuan mengenai tradisi yang ada dalam kelompok tersebut.
  • Melatih dan membentuk jiwa sosial kepada siswa.
  • Melatih sifat teliti dan ekonomis
  • Mengajari siswa untuk mensyukuri kehidupan yang dimilikinya karena apa yang sedang mereka jalani saat ini merupakan bagian dari proses-proses sosial yang harus dilewati.
  • Dengan mempelajari IPS diharapkan siswa mampu mengembangkan aspek pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding) serta aspek keterampilan (skill).
Itulah penjelasan singkat mengenai definisi dan manfaat mempelajari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa atau pelajar.
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Custom Search
Back To Top