Pengertian dan Macam-Macam Metode Mengajar

Pengertian dan Jenis-Jenis Metode Mengajar_Dalam dunia pendidikan, Anda sebagai pendidik tentunya sangat paham dengan metode mengajar. Bagaimana cara guru menyampaikan pelajaran kepada murid dapat dilakukan dengan teknik atau metode mengajar tersebut.

A. Pengertian Metode Mengajar
Metode menurut Djamaludn dan Adbullah Ali dalam Kapita Selekta Pendidikan Islam (1999) ialah jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan menurut WJS. Poerwadarminta dalam KBBI metode mempunyai arti : cara yang telah diatur untuk mencapai suatu maksud.

Sedangkan kata Mengajar adalah suatu usaha/kegiatan yang dilakukan oleh guru, dengan sedemikian rupa sehigga tingkah laku siswa berubah menuju ke arah yang lebih baik. Sedangkan menurut Gagne, Briggs, dan Wagner dalam Winataputra (2008) pembelajaran adalah serangkaian  kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada diri siswa. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional juga menjabarkan definisi tentang pembelajaran yaitu proses interaksi peserta didik dengan pendididik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar tertentu.

Pembelajaran bisa diartikan sebagai suatu bantuan yang diberikan oleh pendidik (dalam hal ini guru) kepada peserta didik, agar peserta didik atau siswa tersebut dapat menyerap atau memperoleh ilmu pengetahuan.

Jadi, pengertian metode mengajar ialah suatu cara atau jalan yang ditempuh oleh seorang tenaga pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan bisa dicapai dengan baik. Metode mengajar atau metode pembelajaran juga dapat diartikan sebagai sebuah strategi yang digunakan oleh guru sebagai media guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan ini kemudian mendorong seorang guru atau pengajar untuk mencari metode yang tepat dan efektif agar penyampainnya dapat diserap dengan baik oleh para siswa.
Pengertian dan Macam-Macam Metode Mengajar
B. Macam-Macam Metode Mengajar
Dalam dunia pendidikan, metode mengajar bukan hanya terdiri dari satu jenis saja. tapi, guru bisa menerapkan berbagai jenis metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan jenis materi yang disajikan. Ada beberapa jenis metode mengajar yang selama ini telah umum digunakan dalam dunia pendidikan, yaitu :

1. Metode Ceramah
Metode mengajar ceramah adalah salah satu metode yang paling umum, paling lama, dan paling banyak dijumpai dalam proses belajar mengajar. Metode ceramah adalah penutuan materi pelajaran secara lisan dari guru kepada siswa.

Menurut Ibrahim (2003), metode ceramah adalah cara mengajar yang digunakan untuk menyampaikan keterangan ataupun informasi maupun uraian tentang suatu pkok bahasan serta masalah secara lisan.

Guru yang menerapkan metode ceramah dalam proses belajar mengajarnya harus benar-benar mengusai materi pembelajaran. Tapi metode ceramah ini juga memiliki banyak kelemahan seperti siswa yang pasif dan hanya guru yang aktif, membosankan, serta sukar mengukur tingkat pemahaman siswa.

2. Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab ini memungkinkan komunikasi antara guru dengan siswa. Biasanya guru akan memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa, kemudian siswa bertugas menjawab ataupun sebaliknya.

Metode ini memiliki beberapa kelebihan misalnya saja bisa membuat siswa lebih aktif, lebih konsentrasi, berani, dan berfikir kreatif serta kritis. Tapi metode ini juga memiliki beberapa kelemahan seperti timbulnya suasana tegang di kelas jika guru tidak bisa mengelola atmosfer santai tapi serius, terkaadang susah membuat pertanyaan yang bisa dipahami oleh siswa, membuang banyak waktu, dan kadang pertanyaan tidak bisa mencakup seluruh kelas.

3. Metode Diskusi
Dalam metode diskusi ini siswa didorong aktif untuk menemukan pengetahuannya sendiri, sedangkan guru hanya menjadi pembimbing. Siswa bisa membentuk kelompok diskusi dan menemukan jawaban atas permasalahan yang tengah dipelajarinya.

Metode diskusi ini bisa melatih keberanian, sikap kritis, kreatifitas, saling menghargai, dan sikap musyawarah pada diri siswa. Tapi metode diskusi juga memiliki kelemahan biasanya dari sisi waktu yang panjang, tidak efektif untuk kelompk besar, informasi yang didapatkan terbatas, serta hanya dikuasai oleh siswa yang berani bicara.

4. Metode Eksperimen (Percobaan)
Metode eksperimen adalah cara menyajikan materi pembelajaran yang mengutamakan  siswa untuk menemukan sendiri inti materi melalui percobaan.

5. Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara menyajikan materi pelajaran dengan memperagakan langsung kepada siswa tentang suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari.

Selain metode mengajar yang umum di atas, ada juga metode bermain peran, problem solving, proyek, karya wisata, latihan, dan pemberian tugas

Itulah pengertian metode mengajar dan beberapa contohnya. Sebenarnya masih banyak lagi contoh lain terkait metode mengajar, karena hingga saat ini masih terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top