Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran

Dalam istilah pendidikan, dikenal beberapa istilah yang terkait dengan pembelajaran. Istilah-istilah tersebut antara lain: pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Sekilas, enam istilah tersebut seperti memiliki makna yang sama. Padahal, apabila dikaji lebih lanjut, memiliki maksud dan tujuan berbeda. Apa perbedaan antara pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran?, silakan simak pengertiannya masing-masing.

Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran
Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran
1. Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran merupakan suatu sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Sudut pandang ini bisa merujuk pada proses terjadinya suatu peristiwa umum yang dapat mewadahi, mengispirasi, menguatkan, serta melatari metode pembelajaran menggunakan cakupan teoritis tertentu.

Dilihat dari pendekatannya, sistem pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu:
a. Pendekatan yang berorientasi pada siswa (student centered approach).
b. Pendekatan yang berorientasi pada guru (student centered approach).

2. Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah upaya yang dilakukan oleh pendidik agar siswa dapat mencapai tujuan dari konsep pembelajaran dan pendidikan yang dibentuk. Strategi pembelajaran dapat berupa penggunaan metode dan pendekatan sistem belajar. Hal ini dikarenakan strategi pembelajan masih bersifat konseptual.

Untuk menetapkan strategi pembelajaran, ada 4 unsur yang perlu dilakukan, seperti:

a. Mengidentifikasi serta mengkualifikasi sasaran, hasil, dan tujuan dari pembelajaran dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat.

b. Mempertimbangkan lalu memilih jalan pendekatan yang paling dasar atau utama guna mencapai sasaran dengan efektif.

c. Mempertimbangkan lalu menetapkan langkah-langkah yang akan digunakan dari titik awal hingga mencapai sasaran.

d. Mempertimbangkan lalu menetapkan kriteria (tolok ukur) dan standar (patokan) yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari siswa.

3. Pengertian Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran yang telah dibentuk agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.

Beberapa contoh metode pembelajaran yang paling sering digunakan pada sistem pembelajaran di Indonesia, yaitu:

a. Metode Ceramah
Metode yang menggunakan penjelasan materi secara lisan oleh pengajar.

b. Metode Demonstrasi
Metode yang menggunakan penyajian peragaan dari materi yang diajarkan.

c. Metode Diskusi
Metode yang menghadapkan siswa pada suatu situasi masalah agar dapat mencari solusinya sendiri.

d. Metode Simulasi
Metode yang menyajikan situasi tiruan agar siswa dapat memahami konsep dan materi yang disampaikan dengan proses simulasi.

e. Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab bisa dilakukan dengan multi-cara, seperti: tanya jawab guru dengan siswa dan tanya jawab siswa dengan siswa.

4. Pengertian Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang dilakukan untuk mengimplemantasikan metode pembelajaran secara spesifik. Teknik yang digunakan pada setiap metode pembelajaran tentunya berbeda. Misalnya, untuk menggunakan metode ceramah dibutuhkan teknik khusus seperti suara yang lantang dan penyusunan bahasa yang baik.

Contoh lain, untuk metode diskusi dibutuhkan teknik khusus agar topik diskusi menarik, tidak meluas hingga keluar dari topik, serta tidak menimbulkan kontroversi saat jajak pendapat.

5. Pengertian Taktik Pembelajaran
Pengertian taktik pembelajaran ialah sebuah gaya atau ciri khas dari seorang individu dalam melaksanakan metode dan teknik pembelajaran. Karena taktik erat kaitannya dengan karakter, maka taktik pengajar satu dengan pengajar lain akan berbeda.

Misalnya, dalam penggunaan metode ceramah terdapat dua pengajar yang memiliki karakter dan taktik berbeda. Pengajar satu adalah tipe humoris yang sering menyelipkan humor di tengah penjelasan materi agar siswa tidak bosan. Sedangkan, pengajar dua bukanlah tipe humoris namun memiliki kemampuan pada bidang IT. Jadi, pada saat menjelaskan materi, pengajar dua akan menarik perhatian siswa dengan keberadaan media elektronik yang digunakan.

6. Pengertian Model Pembelajaran
Model pembelajaran merupakan sistem pembelajaran yang terbentuk dari awal hinggal akhir kemudian disajikan oleh pengajar di dalam kelas. Model pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi 4, yaitu:

a. Model interaksi sosial
b. Model pengolahan informasi
c. Model personal-humanistik
d. Model modifikasi tingkah laku
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top