Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik

Perbedaan antara Universitas, Institute, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik_Ketika Anda sudah lulus SMA, SMK, dan sederajatnya, mungkin Anda memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri atau swasta. Mungkin Anda akan merasa bingung dengan tawaran dari beragam perguruan tinggi. Ada universitas, institute, sekolah tinggi, akademi, dan politeknik. Banyak yang beranggapan bahwa kelima jenis perguruan tinggi sama saja. Tapi tahukah Anda jika berbagai jenis perguruan tinggi tersebut berbeda? Bagi Anda yang sudah lulus dan ingin melanjutkan kuliah, sangat perlu untuk mengetahui perbedaan universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, dan politeknik, supaya bisa memilih perguruan tinggi yang tepat.
Perbedaan Universitas Institut Sekolah Tinggi Akademi dan Politeknik
Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap mengenai perbedaan universitas, institute, sekolah tinggi, akademik, dan politeknik yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Universitas
Universitas menjadi jenis perguruan tinggi yang banyak Anda temui di berbagai wilayah. Setiap tahunnya universitas punya banyak peminat yang membludak. Lantas universitas itu seperti apa? Memang universitas banyak peminatnya, terutama bagi lulusan baru. Hal ini karena universitas menyelenggarakan banyak pendidikan akademik dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

Universitas punya cakupan ilmu yang paling luas dengan pemisahan cabang ilmu di beberapa fakultas. Contohnya saja di satu universitas punya banyak fakultas, seperti Fakultas Keguruan, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Budaya, dan sebagainya.

Nah, dengan banyaknya pilihan tersebut tidak heran jika universitas menjadi perguruan tinggi yang diburu oleh calon mahasiswa baru. Perguruan tinggi jenis ini bisa mengarahkan Anda menjadi tenaga professional yang siap kerja sebagai tenaga pendidik, peneliti, ataupun profesi lainnya.

2. Institut
Institut juga banyak jurusan tapi lebih sempit dibandingkan dengan universitas. Bidang ilmu yang ditawarkan di institut biasanya pada cabang ilmu yang lebih terkonsentrasi. Seperti Institut Pertanian, pastinya didalamnya lebih konsen pada cabang ilmu yang berhubungan dengan pertanian atau tumbuhan. Ada pula Institut Teknologi yang didalamnya lebih konsen pada cabang ilmu yang berhubungan dengan masalah teknologi ataupun teknik.

3. Sekolah Tinggi
Sekolah tinggi biasanya akan menampilkan pendidikan akademik dalam satu lingkup ilmu pengetahuan. Sekolah tinggi juga tidak menutup kemungkinan dapat menyelenggarakan program pendidikan profesi yang lebih terjurus. Ada banyak pilihan sekolah tinggi yang bisa Anda ikuti sesuai minat dan bakat, seperti Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), dan lainnya.

4. Akademi
Akademi sedikit berbeda dengan perguruan tinggi lainnya. Akademi lebih diarahkan pada keterampilan dalam praktik kerja. Biasanya lama pendidikan akademi terlaksana selama tiga tahun, dan porsi yang lebih banyak diajarkan yaitu persoalan praktik dibandingkan teori. Banyak sekali akademi yang statusnya kedinasan, sehingga setelah selesai masa pendidikan akan langsung diangkat menjadi pegawai negeri sipil. Beberapa perguruan tinggi jenjang akademi, antara lain Akademi Polisi (AKPOL), Akademi Militer (AKMIL), dan sebagainya.

5. Politeknik
Politeknik merupakan salah satu jenis perguruan tinggi yang menyiapkan mahasiswanya menjadi tenaga ahli dibidangnya karena diberi bekal kemampuan professional dalam hal penerapan, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu politeknik akan memberikan Anda bekal praktik dan latihan secara memadai. Seperti akademi, politeknik juga lebih besar porsinya dalam hal praktik dibandingkan teorinya.

Itulah perbedaan universitas, institute, sekolah tinggi, akademik, dan politeknik yang bisa memberi gambaran bagi Anda, terutama yang ingin melanjutkan jenjang kuliah. Dengan mengetahui perbedaan universitas, institute, sekolah tinggi, akademik, dan politeknik, diharapkan Anda bisa melanjutkan pendidikan sesuai dengan yang diharapkan. Semoga informasi yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi Anda.
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Custom Search
Back To Top