Tujuan atau Niat Mencari Ilmu yang Benar

Apa Tujuan atau Niat Mencari Ilmu yang Benar?_Pernahkah muncul di benak Anda tentang apa tujuan kita mencari ilmu?. Pertanyaan ini merupakan sebuah perwujudan dari langkah-langkah yang diambil seseorang dalam upaya mencapai kebahagiaan. Terdapat beragam jawaban dari setiap orang tentang pertanyaan tersebut. Bagi sebagian orang, menuntut ilmu adalah kewajiban manusia dari lahir hingga meninggal yang tentunya sambil diamalkan.
Tujuan atau Niat Mencari Ilmu yang Benar

Tujuan atau Niat Mencari Ilmu 

Ketika kita bertanya tentang apa tujuan mencari ilmu  maka akan muncul  beragam jawaban dari pertanyaan tersebut. Berikut ini beberapa contoh jawaban yang sering terucap:
  • Untuk menjawab rasa penasaran tentang suatu hal sehingga menjadi paham dan lebih mengerti akan hal tersebut.
  • Untuk mengetahui tentang sesuatu yang belum diketahui
  • Mencari ilmu adalah bekal untuk mengumpulkan harta sebanyak mungkin demi masa depan yang cerah.
  • Untuk memperoleh status sosial yang tinggi di lingkungan masyarakat. Selain itu orang yang berilmu  akan memperoleh kehormatan di tengah-tengah lingkungan sosial.
  • Untuk memperoleh ijazah dengan nilai yang memuaskan sehingga lebih mudah melamar pekerjaan  sesuai dengan apa yang dicita-citakan.
  • Untuk memperoleh gelar pendidikan dan sosial sehingga lebih berwibawa dan dihargai ditengah-tengah lingkungan keluarga maupun masyarakat.
  • Mencari ilmu untuk memperoleh hikmat kebijaksanaan dalam membedakan mana yang baik dan buruk atau membedakan mana yang  benar dan salah.
  • Untuk  menuruti kemauan orangtua sehingga menyenangkan hati mereka. 
Beragam jawaban tersebut menandakan bahwa setiap orang memiliki pandangan yang beragam tentang tujuan atau niat mencari ilmu. Tak jarang, ditengah-tengan masyarakat saat ini kita menyaksikan  banyak orang saling berlomba  dalam menuntut ilmu dengan alasan agar memperoleh pekerjaan yang layak nantinya.

Namun jika hal tersebut tidak sesuai dengan harapan, tak jarang mereka akan berkata: “Untuk apa sekolah tinggi-tinggi tapi hasilnya hanya duduk diam saja di rumah?” Lalu, apa sebenarnya tujuan atau niat mencari ilmu yang benar?

Tujuan atau Niat Mencari Ilmu yang Benar (Menurut Islam)

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu merupakan pengetahuan tentang bidang tertentu yang disusun secara sistematis menurut metode tertentu. Ilmu berperan dalam menerangkan gejala pada suatu bidang tertentu.

Wikipedia Indonesia mengungkapkan bahwa ilmu adalah keseluruhan usaha yang dilakukan secara sadar dalam upaya menemukan, menyelidiki dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai bidang dan kenyataan di alam manusia.

Tujuan mencari ilmu yang benar merujuk pada dalil Al-Quran. Dari beberapa ayat Al-Quran dan juga dari hadis kita dapat menemukan alasan yang tepat dan sangat bermakna akan pentingnya menuntut ilmu. Niat menuntut ilmu adalah mendapatkan ridlo dari Allah SWT. Dengan menuntut ilmu, kita akan memperoleh derajat tinggi dari Allah, memperoleh amalan yang tidak akan putus, dan dimudahkan langkah kita menuju sorga.

Boleh saja niat cari ilmu adalah untuk mendapatkan kerja, namun sebaiknya  misalkan seseorang memperoleh pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapan, buanglah jauh-jauh pikiran dengan ungkapan “ percuma saja saya kuliah jika pada akhirnya hanya seperti ini (menjadi Ibu rumah tangga yang kerjanya hanya masak di dapur).” .

Ilmu tidak harus sebagai bekal mencari pekerjaan, namun ilmu itu bisa kita ajarkan pada orang-orang yang membutuhkan ilmu tersebut. Misalkan diajarkan kepada anak, teman, tetangga, dan siapa pun yang membutuhkannya.

Dengan senang berbagi ilmu, ilmu kita akan semakin bertambah, berkah dan pahala dari Allah juga akan semakin bertambah.  Jadi, rajinlah menuntut ilmu selagi kita ada di dunia ini! Dan bagikan ilmu yang kita miliki untuk banyak orang!

Nah, demikianlah ulasan tentang tujuan atau niat mencari ilmu yang benar. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda. Salam sukses.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Info Pendidikan dan Dapodik

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top