7 Fakta Tersembunyi dari Intan sebagai Batu Perhiasan

7 Fakta Tersembunyi dari Intan/Diamond sebagai Batu Perhiasan_Batu kristal yang biasa disebut intan ini merupakan satu diantara jenis dari batu mulia yang sering dijadikan sebagai bagain dari perhiasan. Intan dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan diamond. Dilihat dari unsur kimianya, intan terdiri dari elemen karbon atau yang dilambangkan huruf ‘C’.
7 Fakta Tersembunyi dari Intan sebagai Batu Perhiasan

Pembentukan Intan terjadi secara alamiah dan dalam waktu yang panjang. Benda mulia yang biasanya melekat pada emas atau perak ini terbentuk dari mineral alami.  Benda kristal ini juga memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap berbagai jenis pelapukan. Intan juga terkenal dengan sifatnya yang keras serta mampu membiaskan cahaya. Keunggulan inilah yang membuat batu mulia ini diguankan sebagai bahan perhiasan.

Berikut fakta tersembunyi dan menarik tentang intan yang patut untuk diketahui.

1. Fancy Diamonds
Bagus atau tidaknya sebuah berlian  dapat diketahui dari 4C, yaitu Carat (karat), Clarity (kejelasan), Colorless (warna), dan Cut Quality (kualitas pemotongan. Intan memiliki berbagai warna dari coklat, kuning, hingga jernih layaknya kristal. Semakin banyak warna yang terkandung dalam intan maka nilai batu mulia ini semakin tinggi. Intan alami memiliki warna khas dari putih, kuning hingga coklat. Sementara warna lainnya adalah rona warna pingk biru, unggu merah ataupun orange. Bagi pecinta intan, warna tersebut memiliki prestisi yang tinggi. Jenisintan dengan rona warna tersebut dinamakan intan mewah atau fancy diamonds.

2. Warna Intan
Intan memiliki warna yang beragam. Sama seperti permata lainnya, batu mulia krisatal ini memili varian warna dikarenakan ada unsur panas, pengotor hingga radiasi. Warna kuning dihasilkan dari nitrogen di bebatuan. Iradiasi atau proses pemaparan dari pemancaran energi daat menghasilkan warna hijau. Sementara proses tersebut digabungkan dengan pemanasan, maka akan menghasilkan hampir semua jenis warna.

3. Intan dari Luar Angkasa
Bukan hanya beasal dari tambang yang ada di Bumi, intan juga bisa dihasilkan dari luar angkasa. Benda kristal ini dapat ditemukan di beberapa meteorit (batu meteor yang bisa mencapai permukaan bumi). Intan yang dihasillkan dari proses ini diperkirakan berasal dari tumbukan kuat yang menghasilkan panas dengan tekanan tinggi. Proses ini mempu mengubah karbon yang berasal dari permukaan Bumi menjadi intan.

4. Harga Intan Termahal
Intan dengan harga termahal pernah dibeli seharga 35.300.000 dolar AS atau setara dengan Rp 459 miliyar. Diamond yang dijual tersebut masih berupa intan kasar. Rekor ini didapatkan oleh perusahaan perhiasan terbesar di Hong Kong bernama Chow Tai Fook yang membeli intan berjenis ‘Cullinan Heritage. Harga miliyaran tersebut mendapakan intan seberat 507 karat pada tahun 2010.

5. Permata Satu Eleman
Intan merupakan satu diantara permata yang dijadikan sebagai perhisan. Komposisi pembentukan intan sangatlah sederhana. Benda mulia ini hanya terbentuk dari satu senyawa karbon atau dalam unsur kimia dilambangkan dalam huruf ‘C’. Intan merupakan satu-satunya batu permata yang tersusun oleh hanya satu elemen. Sementara bila menemukan unsur lain dalam intan, itu merupakan pengotor yang mempu membantu intan memiliki warna tertentu.

6. Intan untuk Perhiasan
Kini sudah banyak pengerajin permata yang mampu menjadikan benda mulia ini sebagai intan sintetis yang digunakan dalam perhiasan. Hasilnya tentu potongan bahan yang mirip dengan intan alami. Karena kemiripannya, intan jenis ini sulit untuk di bedakan bahkan oleh ahli geomologist sekalipun. Satu-satunya cara untuk membedakannya adal dengan menidentifikasi melaui tes labolatorium.

7. Permata dari Panas dan Tekanan
Intan terbentuk dari suhu panas dan tekanan yang tinggi. Batu permata ini tidaklah terbentuk di kedalaman yang damgkal atau permukaan Bumi. Tempat terbentukknya intan berada pada mantel bumi. Lokasi tersebut berada di kedalaman 100 mil atau 160 kilometer dibawah permukaan Bumi.

Demikian tentang 7 Fakta Tersembunyi dari Intan sebagai Batu Perhiasan. Semoga bermanfaat.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top