Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khusus Bekicot dan Fungsinya serta Manfaatnya bagi Kesehatan

Ciri Khusus Bekicot dan Fungsinya serta Manfaat Bekicot bagi Kesehatan- Sobat Pembaca, tentunya sobat sudah tidak asing lagi dengan bekicot/siput/keong racun. Menurut wikipedia bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae.

A. Ciri Khusus Bekicot dan Fungsinya

1. Memilki penutup tubuh yang keras ( cangkang )
Fungsi cangkang adalah untuk melindungi tubuh dari panas dan sebagainya serta melindungi diri dari musuh

2. Memilki 2 pasang tentakel
Fungsi tentakel adalah sebagai alat pendeteksi atau alat raba bekicot dalam mencari makanan. Pada 1 pasang tentakel panjang/antena bekicot ada mata yang berfungsi untuk mengetahui gelap dan terang

3. Memiliki lendir
Fungsi lendir yaitu memudahkan bekicot bergerak keluar dan masuk dari cangkangnya serta meudahkan bekicot berjalan.

4. Memiliki sepasang statokis yang terletak di bawah kaki
Sepasang statokis yang terdapat di bawah kaki bekicot  berfungsi untuk keseimbangan tubuh bekicot.

B. Manfaat Bekicot bagi Kesehatan
Ciri Khusus Bekicot dan Fungsinya serta Manfaatnya bagi Kesehatan
Sobat, pernahkah sobat mengobati suatu penyakit dengan obat yang terbuat dari bekicot?, tahukah sobat bahwa bekicot dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gatal seperti panu,  kadas, kudis, kurap, dan jenis penyakit gatal yang lain?

Terlepas dari pernah atau belumnya sobat menyembuhkan penyakit dengan bekicot dan tahu atau belumnya sobat tentang bekicot ternyata dapat sebagai obat gatal, di halaman ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang Manfaat Bekicot bagi Kesehatan, dalam hal ini saya akan menceritakan cara mengobati gatal-gatal pada kulit dengan memanfaatkan atau mengonsumsi bekicot.

Bekicot Obat Gatal
Manfaat Bekicot untuk Mengobati Gatal

Begini sob, dulu pada tahun 1997 saya terkena penyakit kurap. Pada waktu itu sudah saya obati dengan berbagai obat akan tetapi belum juga sembuh. Nah dulu saya dengar info dari teman bahwa bekicot dapat dimanfaatkan sebagai obat gatal. Saya merasa antara percaya dan tidak karena belum membuktikannya sendiri. Selain itu rasa-rasanya kok jijik juga jika mengonsumsi bekicot, hih melihat lendirnya saja jadi pengin meludah. he he

Karena penasaran dan yang jelas ingin agar penyakit gatal saya sembuh, akhirnya saya pun mencoba untuk mencari bekicot dan sekedar untuk mencoba saya hanya mencari dan mendapatkan satu. Bekicot itu saya pecah cangkangnya, kemudian saya bersihkan kotorannya dan lendirnya.

Setelah bekicot bersih, saya minta tolong ke simbok untuk menggoreng bekicot tersebut. Kemudian daging bekicot yang sudah matang, saya jadikan lauk seperti halnya daging sapi. hi hi, jijik banget sebenarnya sob.

Sebenarnya rasa bekicot itu kayak rasanya ampela ayam, tapi kalau sedang makan kok sulit untuk menghilangkan rasa jijiknya. he he. Singkat cerita, habis juga akhirnya bekicot itu walaupun saya terpaksa memakannya.

Sobat Pembaca, selama 2 minggu saya setiap hari makan dengan lauk bekicot. Setelah dua minggu berlalu ternyata kurap saya sudah sembuh walaupun belum total. Karena saya ingin benar-benar sembuh total, saya pun masih rajin mengobati dengan bekicot sampai genap 1 bulan. Alhamdulillaah setelah saya dengan rajin dan sabar mengonsumsi bekicot, he he...kurapku sembuh total.

Demikian sekilas info tentang Ciri Khusus Bekicot dan Fungsinya serta Manfaatnya bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat