Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap

Ciri Khusus Beberapa Jenis Tumbuhan dan Fungsinya Paling Lengkap-Jenis tumbuhan yang ada di lingkungan kita sangat banyak dengan berbagai nama yang berbeda-beda dan dengan ciri dan manfaatnya masing-masing. Begitu besar kekuasaan Tuhan sehingga semua tumbuhan yang diciptakan/ditumbuhkan oleh Tuhan sangat banyak dan bervariasi sampai-sampai kadang kita menemui jenis tumbuhan yang belum kita ketahui namanya.
Ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Para pembaca blog ini, di bawah ini saya tuliskan beberapa ciri khusus berbagai jenis  tumbuhan dan fungsinya sebagai berikut :
  1. Pohon jati, mahoni, kapas/randu, dan kedondong setiap musim kemarau keempat pohon/tumbuhan tersebut menggugurkan daunnya yang fungsinya untuk mengurangi penguapan.
  2. Pohon Bakau memiliki akar tunjang yang berfungsi untuk melindungi dari hantaman ombak dan untuk menghirup oksigen ( bernafas )
  3. Pohon Nangka memiliki getah dalam kulitnya dan buahnya berduri yang fungsinya untuk melindungi diri
  4. Lidah Buaya memiliki daun yang tebal dan berair yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air
  5. Pohon salak, mawar, putri malu, bougenvile memiliki batang yang berduri yang fungsinya melindungi diri
  6. Pohon Beringin memiliki akar gantung yang kekar berfungsi untuk menghirup uap air dan gas
  7. Bunga Raflesia /Bunga Bangkai mempunyai cirikhas bau busuk yang berfungsi untuk menarik serangga sehingga serangga tersebut membantu penyerbukan
  8. Teratai daunnya lebar yang berfungsi mempercepat penguapan air, teratai memiliki batang berongga yang fungsinya untuk menyimpan oksigen untuk bernafas dan memudahkan teratai mengapung di air
  9. Kaktus : a.Akarnya panjang berfungsi dapat mencari air lebih banyak, b. Batangnya tebal dan berair fungsinya untuk menyimpan air, c. Kulit batangnya berlapis lilin yang fungsinya untuk mengurangi penguapan, d. Daun kecil dan berbentuk duri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan
  10. Venus : a. Daunnya berengsel dan berbulu yang berfungsi untuk menjebak serangga, b. Rambut peka yang berfungsi untuk mendeteksi mangsa, c. Menghasilkan cairan enzim yang berfungsi untuk mencerna serangga yang telah terjebak.