Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Contoh Pengaruh Suhu Terhadap Benda dalam Kehidupan Sehari-hari

Berbagai Contoh Pengaruh Suhu Terhadap Benda dalam Kehidupan Sehari-hariSuhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.(https://id.wikipedia.org/wiki/Suhu ).

Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor/panas.
Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin.

Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air. Contoh pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari antara lain :

1. Pemasangan kaca jendela 
Pernahkah Anda mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela?, atau mungkin Anda pernah melihat proses pemasangan kaca jendela yang dilakukan oleh tukang kayu, di mana tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus demikian?, hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas.
Pemuaian pada Kaca Jendela

Pemuaian pada Kaca Jendela

Jika desain bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu juga untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika ada petir, suara sound sistem dan bunyi keras lainnya.

2. Ban sepeda/motor/mobil dan balon
Contoh Pemuaian pada Balon
Pemuaian pada Balon

Jika ban sepeda, ban sepeda motor, ban mobil, dan balon diisi udara terlalu banyak sehingga keras, kemudian terkena panas secara terus menerus maka akan meletus karena udara yang ada di dalam ban dan balon tersebut memuai.

3. Kawat/kabel listrik dan telepon
Pegawai PLN / pegawai telepon selalu memasang kawat/kabelnya dengan keadaan kendur ( terlihat bergelombang ). Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat/kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalamai penyusutan. Selain itu juga bertujuan mengurangi potensi putusnya kabel/kawat jika tertimpa pohon.

4. Pemuaian yang terjadi pada gelas kaca
  • Apabila ada gelas atau piring yang terbuat dari kaca dituangi air panas maka akan terjadi pemuaian yang sangat cepat dan tidak merata sehingga gelas/piring tersebut berpotensi pecah. Hal ini sering terjadi jika piring/gelas dalam keadaan basah ( setelah dicuci ). Bagi Anda yang ingin membuat minuman kopi/teh, sebaiknya menggunakan gelas yang sudah kering, sehingga dapat mencegah pemuaian yang tidak merata.
Pemuaian yang terjadi pada gelas kaca

Pemuaian pada Gelas Kaca
  • Jika ada dua buah gelas yang menyatu dan sulit untuk dipisahkan, maka Anda dapat memisahkannya dengan cara menuangkan air hangat/panas ke gelas tersebut. Pemanasan menyebabkan gelas bagian luar memuai terlebih dahulu sehingga gelas yang bagian dalam akan mudah diambil/dilepaskan.
5. Pemuaian pada tutup botol minuman
Jika ada sebuah tutup botol minuman sulit untuk dibuka, maka dapat dipanaskan sehingga tutup botol tersebut memuai menjadi longgar sehingga mudah dibuka.

6. Pemuaian pada sambungan rel kereta api
Sambungan pada rel kereta api dibuat ada celah antara dua batang rel tersebut dengan tujuan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas rel tersebut tidak melengkung.

7. Penggunaan thermometer
Jika thermometer ditempelkan ke tubuh kita, maka cairan yang ada di dalamnya akan naik karena memuai terkena oleh panasnya tubuh kita, sebaliknya jika dilepas akan turun.

Demikian Contoh Pengaruh Suhu dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga bermanfaat