27+ Contoh Tumbuhan Bertulang Daun Menyirip dan Foto/Gambarnya

Berbagai Contoh Daun Tumbuhan yang Memiliki Tulang Daun Menyirip Lengkap dengan Foto/Gambar Daunnya. Sahabat Pembaca, daun tumbuhan memiliki tulang daun yang berbeda-beda dan dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis yakni tumbuhan bertulang daun menyirip, menjari, sejajar, dan melengkung. Kali ini kami akan berbagi khusus tentang tumbuhan bertulang daun menyirip. Daun dikatakan bertulang daun menyirip apabila daun tersebut bentuk tulang daunnya menyerupai sirip ikan.
Contoh Tumbuhan Bertulang Daun Menyirip

Di lingkungan kita banyak tumbuhan yang bentuk tulangnya menyirip, khususnya di daerah pedesaan. Apabila di kota mungkin sudah begitu sulit untuk mendapatkannya. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi/foto-gambar daun tumbuhan yang bentuk tulang daunnya menyirip, silakan lihat pada halaman ini.

Nah di bawah ini berbagai contoh daun bertulang daun menyirip lengkap dengan foto daun tersebut. Insya Allah jumlah jenis daun menyirip yang dibagikan di halaman ini akan selalu terupdate sesuai dengan hasil jepretan kamera. Untuk sementara silakan lihat foto/gambar tulang daun menyirip dari berbagai jenis tumbuhan yang sudah adaa fotonya di bawah ini :

1. Daun nangka tulang daunnya menyirip
tulang daun nangka menyirip

2. Daun mangga bertulang daun menyirip
tulang daun mangga menyirip
3. Daun duren
tulang daun duren menyirip
Sahabat pasti sudah tidak merasa asing lagi dengan daun duren yang permukaannya begitu mengkilap ini. Daun duren cukup cakep loh, dilihat daunnya saja jadi ingat sama buahnya yang kulitnya  berduri tapi  daging buahnya enak loh, baunnya harum lagi, nikmat deh

4. Daun belimbing
Nah ini dia daun belimbing yang tentunya sahabat sudah pernah lihat aslinya kan?
tulang daun belimbing menyirip

5. Daun sirsak/nangka sabrang
Wah daun sirsak juga mengkilap nih, jadi tidak mau kalah dengan mengkilapnya daun duren. Jika daun sirsak diremas, wah baunya sedap dan harum. Bau daunnya sama dengan bau buah sirsak yang sudah matang. Jadi ingat es buah sirsak loh.
tulang daun sirsak menyirip

6. Daun duku
tulang daunduku menyirip
Sahabat Pembaca, ngomong-ngomong sahabat sudah pernah lihat daun buah duku apa belum nih?, kalau belum, silakan lihat sepuasnya ya?he he. Daun duku mirip banget daun nangka loh. Coba perhatikan foto daun duku di atas. Yah menyiripnya tulang daun duku juga persis daun nangka/ketewel.

7. Daun apokat/alpukat
Wah lagi-lagi mirip daun nangka juga nih daun apukatnya. Namun kalau daun alpukat itu lebih panjang. Nih daunnya tak foto tanpa dipetik dulu loh
tulang daun alpukat menyirip

8. Daun jambu biji
tulang daun jambu biji menyirip

9. Daun jambu air/jambu wer
tulang daun jambu air menyirip
Selain daun jambu air wer, daun kerabat jambu air jenis lainnya juga daunnya bertulang daun menyirip, seperti: daun jambu air jenis jambu bol/darsana/tokal, jambu citra, madu deli hijau, bajang leang, cincalo, dalhari, jambu mete, dan jambu air king rose

10. Daun afrika
Hi, namanya kok Daun Afrika?, ya benar ini adalah daun afrika yang bisa sebagai obat berbagai jenis penyakit. Rasanya pahit loh daun Afrika Selatan ini
tulang daun afrika menyirip
11. Daun salam
tulang daun salam menyirip
Namanya juga daun salam, tentunya karena dikasih ucapatan salam/selamat ya jadi tetap harum dong sehingga kaum Ibu suka banget loh masak dengan bumbu daun salam sebagai penyedap dan pewangi makanan yang dimasaknya.

12. Daun melinjo bertulang daun menyirip
Daun tumbuhan melinjo disebut juga daun so
tulang daun so menyirip

13. Daun cabai


14. Daun kakao/coklat
tulang daun kakao menyirip

15. Daun kopi
Tulang daun kopi menyirip

16. Daun ketapang
tulang daun ketapang menyirip

17. Daun kemuning
tulang daun kemuning menyirip

18. Daun jati
tulang daun jati menyirip

19. Daun jabon (jati kebon)
tulang daun jabon menyirip

20. Daun beringin
tulang daun beringin menyirip

21. Daun teh-tehan
tulang daun teh-tehan menyirip

22. Daun Amplas
Sahabat, silakan perhatikan gambar daun amplas di bawah ini. Hmm lucu juga ya namanya amplas? ya daun ini disebut daun amplas karena bagian bawah permukaan daun ini sangat kasar seperti amplas. Coba cari daun amplas di lingkungan sahabat ( kalau ada ), dan pegang permukaan daun bagian bawahnya.
tulang daun amplas menyirip
23. Daun mahoni
tulang daun mahoni menyirip
24. Daun laban
tulang daun laban menyirip

25. Daun sawo
Daun sawo bertulang daun menyirip

26. Daun manggis
Daun manggis bertulang daun menyirip


27. Daun bakau
tulang daun bakau menyirip

28. Daun buah rambutan
tulang daun rambutan menyirip
29. Daun jeruk
Tulang daun jeruk menyirip

30. Daun kemangi
Tulang daun kemangi menyirip

31. Daun bayam
Tulang daun bayam menyirip
Baca juga:


Demikian tentang berbagai contoh tumbuhan yang daunnya memiliki bentuk tulang daun menyirip. Semoga bermanfaat
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top