Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD/MI 2019

Download Gratis Prediksi Soal US Bahasa Indonesia SD/MI- Cuplikan beberapa soal latihan Ujian Sekolah mata pelajaran bahasa Indonesia, sebagai berikut :

Untuk menjawab soal nomor 1 sampai 5 bacalah wacana berikut!

PERTEMPURAN 10 NOVEMBER 1945 DI SURABAYA

Pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya. Meskipun telah merdeka, masih terjadi peperangan di beberapa daerah, salah satunya di Surabaya. Pertempuran terjadi antara rakyat Indonesia melawan bangsa Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia. Bangsa Belanda datang kembali ke Indonesia dengan membonceng pasukan Sekutu. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran hebat di Surabaya. Pertempuran itu diawali oleh pendaratan pasukan Inggris di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945. Pasukan Inggris dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Kedatangan pasukan Inggris untuk melucuti senjata tentara Jepang. Ternyata kedatangan pasukan Inggris diboncengi oleh tentara Belanda.

Orang-orang Belanda mengibarkan bendera merah, putih, biru di atas Hotel Yamato. Tindakan bangsa Belanda tersebut membuat marah rakyat Surabaya. Rakyat Surabaya kemudian menyerbu Hotel Yamato. Mereka merobek warna biru bendera Belanda, dan berkibarlah bendera merah putih. Pasukan Inggris memerintahkan kepada rakyat Surabaya untuk menghentikan tembak menembak dan menyerahkan semua senjata. Perintah tersebut tidak dihiraukan oleh rakyat Surabaya dan terjadilah pertempuran melawan pasukan Inggris. Pertempuran tersebut menewaskan Brigadir Jenderal Mallaby.

Tewasnya Brigjen Mallaby membuat marah pasukan Inggris. Pada tanggal 9 November 1945, pasukan Inggris memerintahkan rakyat Surabaya untuk menyerah tanpa syarat. Perintah pasukan Inggris tidak dihiraukan oleh rakyat Surabaya. Pada tanggal 10 November 1945 terjadilah pertempuran besar antara rakyat Surabaya melawan pasukan Inggris. Surabaya diserang dari darat, laut maupun udara. Tokoh pahlawan yang terkenal dari Surabaya adalah Bung Tomo.

Dalam pertempuran 10 November 1945, Bung Tomo memberikan semangat kepada rakyat Surabaya agar maju terus pantang mundur. Pertempuran antara rakyat Surabaya melawan pasukan Inggris tidak seimbang. Tidak sedikit rakyat Surabaya yang gugur dalam pertempuran itu. Untuk mengenang dan menghormati kepahlawanan rakyat Surabaya, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.

(Dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas 5, karangan Samidi, dkk)

1. Mengapa rakyat Surabaya menyerbu Hotel Yamato?

A. Untuk memperingati Hari Pahlawan
B. Untuk merobek warna biru bendera Belanda
C. Untuk berperang melawan tentara Belanda
D. Untuk menghentikan serangan Belanda

2. Siapakah tokoh yang tewas dalam pertempuran melawan pasukan Inggris?

A. Bung Tomo
B. Supriadi
C. Brigjen Mallaby
D. Bung Karno

3. Kalimat Tanya yang sesuai dengan paragraf ketiga adalah ….

A. Kapan Bung Tomo memberikan semangat kepada rakyat Surabaya?
B. Di manakah bendera merah, putih, biru dikibarkan?
C. Bagaimana awal mulanya kedatangan bangsa Belanda di Indonesia?
D. Apa yang menyebabkan pasukan Inggris marah terhadap rakyat Surabaya?

4. Ide pokok paragraf kedua bacaan di atas adalah ….

A. Bung Tomo memberikan semangat kepada rakyat Surabaya pada tanggal 10 November 1945.
B. Rakyat Surabaya menyerbu Hotel Yamato untuk merobek bendera Belanda.
C. Tewasnya Brigjen Mallaby membuat pasukan Inggris menyerbu rakyat Surabaya.
D. Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang perjuangan rakyat Surabaya.

5. Kalimat di bawah ini yang sesuai dengan paragraf keempat adalah ….

A. Tewasnya Brigjen Mallaby membuat marah pasukan Inggris. Pada tanggal 9 November 1945, pasukan Inggris memerintahkan rakyat Surabaya untuk menyerah tanpa syarat
B. Pasukan Inggris memerintahkan kepada rakyat Surabaya untuk menghentikan tembak menembak dan menyerahkan semua senjata
C. Untuk mengenang dan menghormati kepahlawanan rakyat Surabaya, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.
D. Bangsa Belanda datang kembali ke Indonesia dengan membonceng pasukan Sekutu dan mengambil alih kekuasaan Jepang di Indonesia

Download Gratis Prediksi Soal US Bahasa Indonesia SD/MI

Sumber : Soal Latihan US Bahasa Indonesia SD/MI yang disusun oleh Bapak Usman Jayadi, S. Pd

Untuk link downloadnya silahkan klik Download 16 Paket Soal Prediksi US SD/MI 

Demikian link download prediksi soal us bahasa Indonesia SD/MI. Semoga bermanfaat