Jenis-Jenis Sastra ( Genre ); Pengertian Prosa, Puisi, dan Drama

Jenis-Jenis Sastra ( Genre )- Jenis-jenis sastra disebut jenre/genre sastra. Sastra digolongkan/dikelompokkan menjadi dua kelompok yakni sastra imajinatif dan sastra non imajinatif. Selain itu sastra juga dikelompokkan menjadi dua kelompok sesuai dengan maksud atau tujuan penulis, yakni sastra anak dan sastra dewasa. Maksudnya ada penulis yang membuat karya sastra untuk orang dewasa, dan ada yang menulis karya sastra khusus untuk anak-anak.
Jenis-Jenis Sastra ( Genre ); Pengertian Prosa, Puisi, dan Drama
Jenis-Jenis Sastra ( Genre )

1. Sastra Imajinatif
Imajinasi berasal dai kata imagination yang artinya angan-angan atau khayal. Jadi, karaya sastra imajinatif adalah karya sastra yang ditulis dengan menggunakan daya khayalnya penulis/pengarang, sehingga cerita dalam karya sastra imajinatif bukanlah suatu kejadian yang sebenarnya.

Karya sastra imajinatif terdiri atas 3 jenis yakni prosa, puisi, dan drama.

a. Pengertian Prosa
Prosa adalah karya sastra yang ditulis dengan menggunakan kalimat-kalimat yang disusun susul menyusul. Kalimat yang disusun membentuk kesatuan pikiran menjadi paragraf, paragraf membentuk bab atau bagian-bagian, dan seterusnya.

b. Pengertian Puisi
Puisi adalah karya sastra yang ditulis dengan bentuk larik-larik dan bait-bait.

c. Pengertian Drama
Drama adalah karya sastra yang ditulis dengan bahasa dalam bentuk dialog. Perbedaan drama dengan puisi dan prosa adalah terletak pada tujuan penulisan naskah. Naskah drama ditulis dengan tujuan utamanya untuk dipertunjukkan, bukan untuk dibaca dan dihayati seperti pada prosa dan puisi.

2. Sastra non imajinatif
Sastra non imajinatif adalah karya sastra yang ditulis tanpa menggunakan sifat khayalnya pengarang, sehingga cerita dalam karya sastra non imajinatif merupakan cerita yang ditulis berdasarkan cerita nyata/sebenarnya. Sebagian para ahli sastra berpendapat bahwa sastra non imajinatif bukan termasuk karya sastra.

Demikian tentang Genre Sastra. Semoga bermanfaat

Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top