Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Menurut Whittaker

Klasifikasi Lima Kingdom- Klasifikasi Makhluk Hidup 5 (Lima)  Kingdom Menurut Whittaker- Dalam biologi, kingdom/kerajaan (latin:. Regnum, pl regna) adalah yang tertinggi kedua peringkat taksonomi bawah domain. Kingdom dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang disebut filum.Secara tradisional, buku pelajaran dari Amerika Serikat menggunakan sistem enam kerajaan (Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Archaea / Archaeabacteria, dan Bakteri / Eubacteria) sementara buku pelajaran di Inggris, India, Australia, Amerika Latin dan negara-negara lain yang digunakan lima kingdom ( Animalia, Plantae, Fungi, Protista dan Monera). Beberapa klasifikasi baru berdasarkan modern yang kladistika telah secara eksplisit ditinggalkan istilah "kerajaan", mencatat bahwa kingdom tradisional tidak monofiletik, yaitu, tidak terdiri dari semua keturunan nenek moyang yang sama. Sistem lima kingdom dapat dikombinasikan dengan sistem dua kerajaan:
Klasifikasi Lima Kingdom
Prokariot 
Prokariot adalah bersel tunggal organisme yang tidak memiliki membran -bound inti (karyon), mitokondria, atau lainnya yang terikat membran organel. Kata prokariota berasal dari bahasa Yunani πρό- (pro -) "sebelum" dan καρυόν (karyon) "kacang atau kernel". Prokariota dapat dibagi menjadi dua domain, Archaea dan Bakteri, dengan sisa spesies, disebut eukariota, dalam domain ketiga Eukaryota.

Dalam prokariota semua larut dalam air komponen intraseluler (protein, DNA dan metabolit) terletak bersama-sama dalam sitoplasma tertutup oleh membran sel, bukan di terpisah kompartemen selular. Bakteri, bagaimanapun, memiliki berbasis protein microcompartments bakteri, yang diduga bertindak sebagai organel primitif tertutup dalam cangkang protein. Beberapa prokariota, seperti cyanobacteria dapat membentuk besar koloni. Lainnya, seperti myxobacteria, memiliki multiseluler tahapan dalam mereka siklus hidup.

Studi molekuler telah memberikan wawasan ke dalam evolusi dan hubungan dari tiga domain dari spesies biologis. Eukariota adalah organisme, termasuk manusia, yang sel memiliki membran-terikat inti didefinisikan dengan baik (mengandung DNA kromosom) dan organel. Pembagian antara prokariota dan eukariota mencerminkan adanya dua tingkat yang sangat berbeda dari organisasi seluler. Jenis khas prokariota termasuk extremophiles dan metanogen; ini umum di beberapa lingkungan yang ekstrim.

Eukariota
Eukariota adalah setiap organisme yang sel mengandung nukleus dan lainnya organel tertutup dalam membran.

Eukariota milik takson Eukarya atau Eukaryota. Fitur mendefinisikan yang menetapkan sel eukariotik terpisah dari prokariotik sel (Bakteri dan Archaea) adalah bahwa mereka memiliki membran-terikat organel, terutama inti, yang berisi materi genetik, dan tertutup oleh amplop nuklir. Kehadiran inti memberikan eukariota nama mereka, yang berasal dari bahasa Yunani ευ (eu, "baik") dan κάρυον (karyon, "kacang" atau "kernel"). Sel eukariotik juga mengandung membran-terikat lainnya organel seperti mitokondria dan aparatus Golgi. Selain itu, tanaman dan alga mengandung kloroplas. Organisme eukariotik mungkin uniseluler, atau multiseluler. Hanya eukariota memiliki banyak jenis jaringan yang terdiri dari berbagai jenis sel.

Eukariota dapat mereproduksi baik oleh reproduksi aseksual melalui mitosis dan reproduksi seksual melalui meiosis. Dalam mitosis, satu sel membelah untuk menghasilkan dua sel yang identik secara genetik. Dalam meiosis, replikasi DNA diikuti oleh dua putaran pembelahan sel untuk menghasilkan empat sel anak masing-masing dengan setengah jumlah kromosom sebagai induk sel asli (sel haploid). Ini bertindak sebagai sel kelamin (gamet - masing gamet hanya memiliki satu pelengkap kromosom, masing-masing campuran unik dari yang sesuai sepasang orangtua kromosom) yang dihasilkan dari rekombinasi genetik selama meiosis.

The domain Eukaryota tampaknya monofiletik, dan membuat salah satu dari tiga domain kehidupan. Dua lainnya domain, Bakteri dan Archaea, yang prokariota dan memiliki tidak ada fitur di atas. Eukariota merupakan minoritas kecil dari semua makhluk hidup; . Bahkan sel-sel dalam tubuh manusia yang kalah jumlah 00:50 oleh bakteri dalam usus. Namun, karena ukuran mereka jauh lebih besar, di seluruh dunia kolektif eukariota 'biomassa diperkirakan sekitar setara dengan prokariota. Eukariota pertama kali dikembangkan sekitar 1,6-2100000000 tahun yang lalu.

Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Menurut Whittaker

1. Monera
Monera adalah kerajaan yang berisi organisme uniseluler dengan prokariotik sel organisasi (tidak memiliki membran inti), seperti bakteri. Takson Monera pertama kali diusulkan sebagai filum oleh Ernst Haeckel pada tahun 1866. Selanjutnya, filum diangkat ke peringkat kerajaan pada tahun 1925 oleh Édouard Chatton. The umum diterima mega-klasifikasi terakhir dengan takson Monera adalah lima kerajaan sistem klasifikasi yang ditetapkan oleh Robert Whittaker pada tahun 1969.

Di bawah sistem tiga domain dari taksonomi, diperkenalkan oleh Carl Woese pada tahun 1977, yang mencerminkan sejarah evolusi kehidupan, organisme yang ditemukan dalam kerajaan Monera telah dibagi menjadi dua domain, Archaea dan Bakteri (dengan Eukarya sebagai domain ketiga). Selanjutnya, takson Monera adalah paraphyletic (tidak termasuk semua keturunan nenek moyang mereka terbaru), sebagai Archaea dan Eukarya saat diyakini lebih erat terkait dari baik adalah untuk Bakteri. Istilah "moneran" adalah nama resmi dari anggota kelompok ini dan masih kadang-kadang digunakan (seperti istilah "prokariota") untuk menunjukkan anggota baik domain.

Kebanyakan bakteri yang diklasifikasikan dalam Monera; Namun, Cyanobacteria (sering disebut ganggang biru-hijau) awalnya diklasifikasikan dalam Plantae karena kemampuan mereka untuk berfotosintesis. 

2. Fungi
Fungi atau jamur adalah setiap anggota kelompok eukariotik organisme yang meliputi mikroorganisme uniseluler seperti ragi dan jamur, serta jamur multiseluler yang menghasilkan bentuk berbuah akrab dikenal sebagai jamur. Organisme ini diklasifikasikan sebagai kerajaan, Fungi, yang terpisah dari kerajaan kehidupan lain dari tanaman, hewan, protista, dan bakteri.

Salah satu perbedaan yang menempatkan jamur di sebuah kerajaan yang berbeda adalah bahwa dinding sel mengandung kitin, tidak seperti dinding sel tanaman, bakteri dan beberapa protista. Mirip dengan hewan, jamur adalah heterotrof, yaitu, mereka memperoleh makanan mereka dengan menyerap molekul terlarut, biasanya dengan mengeluarkan enzim pencernaan ke dalam lingkungan mereka. Pertumbuhan adalah cara mereka mobilitas, kecuali spora, yang mungkin perjalanan melalui udara atau air (beberapa dari yang flagellated). Jamur adalah pengurai utama dalam sistem ekologi. Dan perbedaan lainnya menempatkan jamur dalam kelompok tunggal organisme terkait, bernama Eumycota (jamur benar atau Eumycetes), yang berbagi nenek moyang yang sama (adalah monofiletik kelompok). Kelompok jamur ini berbeda dari struktural mirip myxomycetes (jamur lendir) dan Oomycetes (jamur air). Disiplin biologi dikhususkan untuk mempelajari jamur dikenal sebagai mikologi (dari Yunani μύκης, mukēs, yang berarti "jamur"). Di masa lalu, mikologi dianggap sebagai cabang botani; hari ini adalah sebuah kerajaan yang terpisah di biologi taksonomi. Jamur secara genetik lebih erat terkait dengan hewan daripada tumbuhan.

3. Protista
Dalam beberapa biologis taksonomi skema, protista  adalah sekelompok besar beragam eukariotik, terutama uniseluler mikroorganisme, yang tidak membentuk jaringan. Sebelumnya, ini ditugaskan untuk sekarang-usang kerajaan Protista. Namun, di zaman modern taksonomi Protista dipahami sebagai paraphyletic (tidak clade), sehingga istilah tetap digunakan hanya untuk kenyamanan, mirip dengan "invertebrata". Istilah setara Protoctista digunakan untuk organisme ini oleh berbagai organisasi dan lembaga.  Molekuler analisis di modern yang taksonomi telah digunakan untuk mendistribusikan mantan anggota kelompok ini ke beragam dan kadang-kadang jauh terkait filum. Ketika digunakan, istilah "protista" sekarang dianggap berarti filum yang sama-muncul tetapi beragam yang tidak berhubungan melalui nenek moyang eksklusif, dan yang memiliki berbagai siklus hidup, tingkat trofik, mode penggerak, dan struktur selular.  Selain tingkat yang relatif sederhana mereka organisasi, protista tidak memiliki banyak kesamaan.

The protista Istilah ini pertama kali digunakan oleh Ernst Haeckel pada tahun 1866. Protista secara tradisional dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan kesamaan dengan "lebih tinggi" kerajaan: yang uniseluler "hewan-seperti" protozoa, yang "tanaman-seperti" protophyta (kebanyakan uniseluler ganggang) , dan "jamur-seperti" jamur lendir dan jamur air. Ini subdivisi tradisional, sebagian besar didasarkan pada kesamaan dangkal, telah digantikan oleh klasifikasi berdasarkan filogenetik (evolusi keterkaitan antara organisme). Namun, istilah yang lebih tua masih digunakan sebagai nama informal untuk menggambarkan morfologi dan ekologi dari berbagai protista.

Protista hidup di hampir semua lingkungan yang mengandung air cair. Banyak protista, seperti algae, adalah fotosintetik dan sangat penting produsen utama dalam ekosistem, khususnya di laut sebagai bagian dari plankton. Protista lainnya termasuk spesies patogen seperti kinetoplastid Trypanosoma brucei, yang menyebabkan penyakit tidur dan spesies dari apicomplexan Plasmodium yang menyebabkan malaria.

4. Plantae
Tanaman, juga disebut tanaman hijau, adalah multiseluler eukariota dari kerajaan Plantae. Mereka membentuk unranked clade Viridiplantae (Latin untuk tanaman hijau) yang mencakup berbunga tanaman, konifer dan lainnya gymnosperma, pakis, clubmosses, hornworts, lumut hati, lumut dan ganggang hijau. Tanaman hijau tidak termasuk merah dan coklat ganggang, yang jamur, archaea, bakteri dan hewan.

Tanaman hijau memiliki dinding sel dengan selulosa dan memperoleh sebagian besar energi mereka dari sinar matahari melalui fotosintesis oleh primer kloroplas, berasal dari endosimbiosis dengan cyanobacteria. Kloroplas mereka mengandung klorofil a dan b, yang memberi warna hijau mereka. Beberapa tanaman parasit dan telah kehilangan kemampuan untuk memproduksi jumlah normal klorofil atau berfotosintesis. Tanaman juga ditandai dengan reproduksi seksual, modular [klarifikasi diperlukan] dan pertumbuhan tak tentu, dan silih bergantinya generasi, meskipun reproduksi aseksual juga umum.

Nomor yang tepat sulit untuk menentukan, tetapi sebagai tahun 2010 ada dianggap 300-315000 spesies tanaman, yang sebagian besar, beberapa 260-290000, yang tanaman biji (lihat tabel di bawah). Tanaman hijau menyediakan sebagian besar molekul oksigen di dunia dan merupakan dasar dari sebagian besar ekologi bumi, terutama di darat. Tanaman yang menghasilkan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran membentuk bahan makanan pokok manusia, dan telah dijinakkan selama ribuan tahun. Tanaman yang digunakan sebagai ornamen dan, sampai saat ini dan di berbagai besar, mereka telah melayani sebagai sumber paling obat dan obat-obatan. Studi ilmiah tanaman ini dikenal sebagai botani, cabang biologi.

5. Animalia
Hewan multiseluler, eukariotik organisme dari kerajaan Animalia (juga disebut Metazoa). Semua hewan motil, yang berarti mereka dapat bergerak secara spontan dan mandiri, di beberapa titik dalam hidup mereka. Mereka rencana tubuh akhirnya menjadi tetap karena mereka mengembangkan, meskipun beberapa mengalami suatu proses dari metamorfosis nanti di mereka hidup. Semua binatang heterotrof: mereka harus menelan organisme lain atau produk mereka untuk rezeki.

Kebanyakan dikenal hewan filum muncul dalam catatan fosil sebagai spesies laut selama ledakan Kambrium, sekitar 542 juta tahun yang lalu. Hewan terbagi dalam berbagai sub-kelompok, beberapa di antaranyaare: vertebrates ( birds , mammals , amphibians , reptiles , fish ); molluscs ( clams , oysters , octopuses , squid , snails ); arthropods ( millipedes , centipedes , insects , spiders , scorpions , crabs , lobsters , shrimp ); annelids ( earthworms , leeches ); sponges ; dan ubur-ubur.