Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme

Pengertian serta  Contoh Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, dan Komensalisme-Definisi atau Pengertian Simbiosis berdasarkan wikipedia yakni simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis.Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion. Di wikipedia disebutkan  ada 6 bentuk simbiosis yakni simbiosis mutualisme, parasitisme, komensalisme, amensalisme, kompetisi, dan netralisme.

Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, dan Komensalisme
  • bab: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
  • materi: Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem 
  • Indikator : Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
  • Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan
Definisi simbiosis yang termasyhur  diketahui oleh  siswa Sekolah Dasar yang merupakan ringkasan atau bentuk paling sederhana dari berbagai macam definisi  para ahli  yakni Simbiosis adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup.


Terkait macam-macam simbiosis yang mana di atas sudah disebutkan ada 6 bentuk simbiosis, akan tetapi sesuai standara kompetensi pada  kurikulum 2006 untuk pembelajaran IPA di SD cukup dikenalkan 3 saja yakni simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

Mengapa keenam bentuk simbiosis tersebut di atas saya tuliskan di sini? apakah tidak menimbulkan kerancuan jika ada siswa SD yang kebetulan membaca blog ini?, Saya rasa tidak akan menimbulkan kerancuan, justru akan menambah wawasan /pengetahuan sehingga akan lebih menyadari bahwa ilmu itu sangat banyak, yang akhirnya siswa akan semakin tertantang untung mencari ilmu online di internet.

Pembaca yang baik hati, kembali ke pembahasan 3 bentuk simbiosis yang paling populer di jenjang pendidikan  SD, di bawah ini dijelaskan pengertian dan contoh dari 3 macam simbiosis tersebut sebagai berikut :
  1. Pengertian Simbiosis Mutualisme-Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dan saling menguntungkan. Contohnya hubungan antara lebah dengan bunga, yang mana lebah diuntungkan mendapat nektar/madu dan bunga diuntungkan dalam proses penyerbukan, contoh lain yaitu hubungan antara kerbau dengan burung jalak yang mana kerbau diuntungkan hilangnya kutu yang ada pada tubuhnya dan burung jalak beruntung karena mendapat makanan berupa kutu yang ada pada kerbau tersebut. Selain kedua contoh tersebut masih banyak contoh yang lain. 
  2. Pengertian Simbiosis Parasitisme-Simbiosis Parasitisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup di mana yang satu mendapat keuntungan sedangkan yang satunya lagi dirugikan. Contohnya benalu dengan tmbuhan yang ditumpangi, yang mana benalu diuntungkan dengan menyerap sari makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya sedangkan tumbuhan yang ditumpangi dirugikan karena sari makanannya diserap oleh benalu. Artikel terkait: Berbagai Contoh Simbiosis Parasitisme
  3. Pengertian Simbiosis Komensalisme-Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup di mana yang satu diuntungkan sedangkan yang satunya lagi tidak diuntungkan dan tidak juga dirugikan. Contohnya ikan remora dengan ikan hiu di mana ikan remora dapat berlindung dari predator sehingga leluasa dalam mencari makanan, sedangkan ikan hiu tidak mendapat keuntungan ataupun kerugian dengan hadirnya ikan remora tersebut.
Demikian tentang Definisi dan Contoh Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme. Semoga bermanfaat.