Cara Belajar Komputer/Laptop untuk Pemula

Cara  Belajar PC/Laptop untuk Pemula_Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin  maju, peranan komputer semakin  besar dalam kehidupan kita sehari-hari.  Hal itu menyebabkan setiap orang dituntut dapat menggunakan/mengoperasikan komputer. Nah,  kali kami akan membagikan beberapa cara mudah belajar komputer untuk pemula.

Tips Belajar Komputer untuk Pemula
Belajar Komputer

Ulasan ini akan menjelaskan beberapa hal dasar yang perlu Anda kuasai agar cerdas menggunakan komputer. Hal-hal mendasar seperti kemampuan dasar dalam penggunaan komputer, cara menghidupkan dan mematikan komputer juga cara pemasangan periperal komputer akan  kami sajikan dalam ulasan ini.

1. Mengenal Komputer
Komputer merupakan perangkat yang dapat melakukan pemrosesan data.  Komputer terdiri dari perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) dan perangkat otak (brainware). Secara logika sederhana komputer bekerja secara input an output. Bagian input komputer ialah saat kita melakukan pengetikan berupa kalimat yang tampil pada layar monitor sedangkan proses penyimpanan berupa file dalam bentuk flashdisk adalah bagian outputnya.

2. Mengenal  Beragam Hardware dan Periperal Komputer 
Hardware merupakan perangkat keras komputer yang terbuat dari komponen mekanik dan elektronik.  Berikut ini  beragam hardware yang terdapat dalam sebuah komputer dilengkapi dengan keterangan dan fungsinya:

a. Power Supply merupakan perangkat  yang berfungsi sebagai penyedia tegangan supply di setiap bagian komputer.

b. Mainboard merupakan perangkat yang berfungsi sebagai bagian utama komputer yang berisi Chipset, CMOS dan seluruh soket yang dapat menghubungkan ke seluruh bagin komputer.

c. Prosesor merupakan bagian otak komputer yang bertugas mengerjakan setiap perintah komputer

d. RAM ialah memori sementara yang berfungsi membantu kinerja prosesor

e. Harddisk ialah perangkat yang berfungsi menyimpan data dalam komputer.

f. CD/DVD ROM  adalah perangkat komputer yang berfungsi membaca disk dalam media DVD atau CD.

g. Mouse adalah perangkat yang berfungsi mengendalikan pointer dalam layar.

h. Keybord adalah papan ketik yang berfungsi untuk memasukkan angka, karakter-karakter dan huruf pada komputer.

i. Monitor adalah perangkat yang berfungsi menampilkan teks atau gambar dari komputer.

j. Printer adalah perangkat komputer yang berfungsi mencetak dokumen pada kertas.

3. Menghubungkan dan Memasang Periperal Komputer
Tiap-tiap periperal pada komputer dekstop harus melalui proses penghubungan terlebih dahulu sebelum digunakan. Berikut ini beberapa langkah mudah untuk menghubungkan periperal komputer:

a. Mouse dengan steker/colokan berwarna hijau bulat dipasang pada colokan hijau yang terletak di belakang CPU

b. Keyboard dengan colokan berwarna merah bulat dapadang  dibagian belakang CPU  pada colokan merah.

c. Kabel dari monitor dipasang dibelakang CPU tepatnya pada colokan VGA 15 pin. Biasanya colokan tersebut berwarna biru.

d. Untuk monitor dengan colokan HDMI colokkan di secebal colokan VGA

4. Menghidupkan  dan Mematikan Komputer
Kita dapat menekan  tombol ON yang berada di depan panel saat akan menghidupkan komputer. Komputer akan melakukan beberapa pemrosesan data sebelum muncul tampilan di desktop. Untuk mematikan komputer, Anda cukup menekan tombol ON lagi. Proses shut down secara otomatis akan berlangsung. Selanjutnya proses akan diikuti dengan daya pada kompiuter yang mati.

5. Menjalankan Sebuah Program 
Hal terpenting dalam penggunaan komputer  adalah pada program aplikasi. Kita dapat melakukan klik Shortcut Program yang berada pada klik icon atau start menu desktop saat akan menjalankan program pada komputer. Kita harus belajar terlebih dahulu untuk bisa menjalankan  program tersebut. Misalnya Microsoft Excel dan Microsoft Word. Keduanya ialah program komputer yang cukup mudah kita pelajari dan jalankan. Beberapa program game atau multimedia player juga sangat menarik dijalankan dengan cara yang cukup mudah.

Nah, demikianlah ulasan tentang cara belajar komputer untuk pemula. Belajar komputer ternyata sangat mudah dan menyenangkan bukan? Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top