Cara Mudah Mencari Akar Kuadrat dengan Microsoft Office Excel

Cara Mudah dan Cepat Mencari/Menghitung Akar Kuadrat di Microsoft Office Excel- Sahabat, untuk menemukan akar kuadrat dapat dilakukan dengan manual, pohon faktor, kalkulator, dan cara lainnya. Namun kali ini saya akan menuliskan tentang cara mencari akar kuadrat dari bilangan pangkat 2 di komputer/laptop dengan menggunakan program MS Excel. Untuk menghitung akar kuadrat dengan excel dapat Anda lakukan dengan cepat dan mudah yakni dengan menggunakan rumus mencari akar kuadrat. Rumus menghitung akar kuadrat di excel yaitu =SQRT. Nah rumusnya sangat simple shingga mudah untuk diingat karena hanya terdiri dari 4 huruf. Selain mudah diingat, rumus tersebut juga sangat mudah untuk dipraktekkan oleh pengguna komputer, meskipun pengguna pemula.

Bagaimana menggunakan fungsi rumus SQRT untuk mencari/menghitung akar kuadrat di excel ?

Untuk mencari akar kuadrat suatu bilangan pangkat dua dapat Anda hitung di excel yakni dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Buka lembar kerja/halaman Excel
2. Ketik angka/lambang bilangan yang akan dicari akar kuadratnya
Cara Mudah Mencari Akar Kuadrat dengan Microsoft Office Excel
  • #1. ketik bilangan yang akan dicari akar kuadratnya seperti: 4, 9, 16, 25, 36, 49, 64, 81, 100, 121, dan sebagainya. Pada contoh, saya mengetik 16 di sel kolom A1
  • #2. ketik tanda sama dengan dan huruf S, lihat contoh ( =S )
  • #3. setelah muncul berbagai pilihan rumus di excel, silakan pilih/klik SQRT, maka akan tampil seperti tampilan pada langkah ke-3 di bawah ini.
3. Mulai menghitung akar kuadrat
rumus menghitung akar kuadrat dengan excel
  • #1.tampilan excel setelah mengeklik rumus SQRT
  • #2. ketik manual sel yang akan dicari akar kuadratnya, misalnya sel A1 ( yang di sel tersebut sudah ada angka 16 ), atau bisa juga dengan mengarahkan kursor ke sel A1, selanjutnya "Enter".
  • #3. Lihat hasilnya
Jika Anda akan mencari beberapa akar kuadrat, silakan copy saja sel yang sudah ada rumus SQRT, tarik ke bawah sesuai kebutuhan sampai muncul angka nolnya, kemudian masukkan beberapa angka yang akan Anda cari akar kuadratnya.
Cara Mencari Akar Kuadrat dengan Cepat
Demikian Cara Mudah Mencari Akar Kuadrat dengan Microsoft Office Excel. Semoga bermanfaat

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top