Metode Mengajar yang Menyenangkan

Metode Mengajar yang Menyenangkan_Mengajar merupakan suatu kegiatan yang sederhana, karena mengajar tidak untuk memberi pemahaman sendiri tapi orang lain. Sebagai seorang guru/pendidik pastinya sudah tidak asing lagi dengan kegiatan mengajar, apalagi sudah bertahun-tahun menggeluti dunia ini. Selama mengajar, pernahkah terlintas pikiran apakah pelajaran yang telah disampaikan kepada siswa mudah diterima? Nah, ini termasuk kegalauan yang dialami beberapa guru. Kembali ke pernyataan awal tadi bahwa mengajar itu kegiatan yang simple tapi tidak semua orang bisa melakukannya.

Seorang guru mau tidak mau harus melakukan inovasi dalam metode mengajar supaya tercipta suasana yang menyenangkan. Ada beberapa metode mengajar yang menyenangkan yang bisa diterapkan oleh pendidik. Langsung saja simak ulasan berikut ini.
Metode Mengajar yang Menyenangkan

1. Memilih media pembelajaran yang tepat
Saat mengajar pastinya anda butuh suatu media untuk membantu penyampaian. Media pembelajaran biasanya disesuaikan dengan pelajaran yang disampaikan. Contohnya saja bagi guru mengampu mata pelajaran matematika dan sedang membahas bab tentang macam-macam bangun, guru bisa menggunakan metode mengajar yang menyenangkan dengan alat peraga bentuk beberapa bangun, seperti balok, limas, dan sebagainya, yang bisa dibuat dari besi yang di las dan/atau dengan bahan lain yang mudah didapatkan. Atau jika guru mengajar pelajaran bahasa Inggris, media pembelajaran yang dipakai bisa berupa audio atau film edukasi berbahasa Inggris, sehingga bisa mengasah kemampuan pendengaran peserta didik. Dengan menggunakan media atau alat peraga, murid akan terbantu untuk memahami materi yang sedang diajarkan oleh guru.

2. Buat suasana dekat antara guru dan murid
Salah satu yang membuat murid tidak suka saat sekolah, yaitu karena guru yang mengampu suatu mata pelajaran cenderung galak dan tidak memberi kesempatan kepada murid untuk bertanya dan mengutarakan pendapat.

Untuk menciptakan metode mengajar yang menyenangkan, saatnya guru perlu menciptakan hubungan yang akrab dengan murid. Guru tidak selamanya harus terlihat lebih pintar di kelas, guru juga perlu mengajak diskusi dan mendengarkan pendapat murid saat membahas suatu topik pelajaran.

Jadikan murid sebagai teman belajar, karena sebagai guru pastinya juga masih harus belajar. Dengan tercipta suasana yang dekat antara guru dan murid, mengajar akan terasa lebih menyenangkan.

3. Melakukan pembelajaran di luar kelas
Tidak selamanya belajar itu di dalam kelas, murid juga punya daya bosan ketika menghadapi suasana yang sama. Untuk mengatasi hal itu, guru bisa mengajak murid untuk belajar di luar kelas.  Jika memungkinkan guru bisa membuat jadwal untuk mengadakan pembelajaran di lapangan. Contohnya saja pelajaran IPA yang sangat berhubungan dengan lingkungan alam sekitar, belajar sejarah dengan mengunjungi suatu museum yang membahas materi pembelajaran, bahasa Inggris dengan mencari turis asing dan mengarahkan peserta didik untuk melakukan percakapan walaupun kemampuannya masih terbatas, atau masih banyak yang lainnya. Metode seperti ini bisa dibilang sebagai praktik dari apa yang telah dipelajari selama di kelas. Dengan mengatur jadwal, pastinya bisa menyempatkan metode mengajar ini.

Itulah beberapa metode mengajar yang menyenangkan. Pastinya masih banyak metode mengajar yang menyenangkan lainnya bisa digali lebih dalam lagi. Semoga ulasan artikel yang tidak terlalu panjang ini bisa membantu para pendidik untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top