Metode Pembelajaran PAUD yang Efektif dan Mudah Diterapkan oleh Guru

Metode Pembelajaran PAUD yang Efektif dan Mudah Diterapkan oleh Guru_Banyak metode pembelajaran yang biasa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), tapi tak semua cocok dan sesuai untuk digunakan dalam berbagai jenjang pendidikan, utamanya bagi pendidikan pra sekolah hingga dasar. Sebagai guru PAUD misalnya, guru dituntut untuk mampu memilah mana-mana saja metode pembelajaran PAUD yang benar-benar efektif dan mudah diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Pengertian Metode Pembelajaran

Pembelajaran menurut UU no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran juga dapat diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh guru agar siswa bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan.

Metode pembelajaran adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh seorang guru untuk menyampaikan materi pembelajaran, sehingga materi tersebut beserta tujuan pembelajarannya bisa diterima dengan baik oleh siswa. Metode pembelajaran juga bisa diartikan sebagai strategi yang digunakan oleh seorang guru sebagai media agar tujuan pembelajaran yang teah ditetapkan bisa sampai dan mampu dicapai oleh siswa.

Secara umum ada berbagai metode pembelajaran yang diterapkan dalam dunia pendidikan, misalnya saja adalah :

1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Eksperimen
5. Demonstrasi
6. Latihan
7. Pemberian tugas
8. Karyawisata
9. Team teaching
10. Sosiodrama
11. Simulasi

Tidak semua metode pembelajaran yang telah disebutkan di atas bisa digunakan dalam semua kelas. Untuk menentukan jenis metode pembelajaran apa yang bisa dan cocok digunakan dalam sebuah kegiatan belajar mengajar, hendaknya seorang guru melihat berbagai aspek berikut ini, seperti :

1. Karakter Siswa
Hal yang paling utama harus Anda perhatikan sebagai seorang guru adalah karakter dan tingkat/jenjang pendidikan siswa Anda. Pertimbangan ini didasari oleh adanya perbedaan kemampuan berfikir peserta didik yang berbeda di setiap jenjang pendidikan.

2. Tujuan Pembelajaran yang Ingin Dicapai
Setiap kegiatan pembelajaran pastinya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tujuan ini biasanya diturunkan melalui sebuah silabus rencana pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. Tujuan ini biasanya banyak dan beragam. Oleh karena itu, diperlukan pula metode pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

3. Materi Pembelajaran
Tak semua materi bisa diterapkan dalam sebuah metode pembelajaran tertentu. Oleh karena itu, seoranng guru harus pandai mencocokkan kesesuaian antara materi dengan metode pembelajarannya.

4. Fasilitas KBM
Setiap sekolah pastinya memiliki fasilitas kegiatan belajar mengajar yang berbeda-beda. Fasilitas ini pula yang kadang menjadi nilai plus atau minus bagi sebuah metode pembelajaran.

5. Alokasi Waktu
Tidak semua metodepembelajaran bisa cocok dengan alokasi waktu yang tersedia. Misalnya saja metode ceramah yang membutuhkan waktu lebih sedikit dibandingkan dengan metode diskusi, eksperimen, dan lainnya.

Metode Pembelajaran PAUD yang Sesuai
Metode Pembelajaran PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan dengan jenjang di bawah Taman Kanak-Kanak (TK). Pada tingkat pendidikan ini siswa masih anak-anak ataupun balita yang kemampuan berfikirnya masih terbatas. Ole karena itu, seorang guru PAUD harus bisa memilih metode pembelajaran yang paling tepat yang sesuai dengan tingkat pengetahuan dan kemampuan berfikir anak usia dini.

1. Metode Pembelajaran Bermain untuk PAUD
Pada usia-usia PAUD, bermain adalah hal yang paling menyenangkan dan menarik. Siswa PAUD memang sedang berda pada tahap perkembangan usia dimana bermain dan bereksplorasi adalah kebutuhan utama anak.

Anak belum bisa diajak untuk konsentrasi belajar seperti pada tingkat sekolah dasar. Oleh karena itulah, metode pembelajaran dengan permainan adalah cara yang paling tepat untuk menyampaikan tujuan pembelajaran kepada anak PAUD.

Anak usia dini lebih cocok belajar dengan pengaaman langsung baik melalui teman, guru, orang tua, dan lingkungan sekitar dibandingkan dengan simbol-simbol tertulis (baca, tulis, hitung).

2. Manfaat Metode Pembelajaran Bermain pada PAUD
  • Mengembangkan otot-otot dengan permainan fisik.
  • Mengembangkan keterampilan intelektual. 
  • Mengembangkan keterampilan sosial anak. 
  • Mengembangkan kecerdasan emosional anak. 
Itulah sedikit penjelasan mengenai metode pembelajaran PAUD yang mudah dan cocok diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top