Pengertian Metode Belajar dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Metode Belajar dan Jenis-Jenisnya_Guru dapat mencapai keberhasilan dalam peroses belajar mengajar di kelas  dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif. Oleh karena tidak semua metode pembelajaran cocok bagi semua peserta didik, guru sebaiknya bijaksana dalam memilih metode belajar yang tepat.
Pengertian Metode Belajar dan Jenis-Jenisnya

Berdasarkan pendapat para ahli, kata “metode” berasal dari bahasa Jerman yang terdiri dari kata meta yang memiliki arti  “melalui” dan hodos yang memiliki arti “jalan”, metode bermakna “jalan yang dilalui”. Kata metode dalam bahasa Arab diungkapkan dalam beragam kata yaitu al-tariqah, al-wasilah, manhaj dan al-tariqah  yang berarti jalan, perantara atau mediator.

Dengan demikian metode memiliki makna yaitu cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan. Metode juga dapat dipahami sebagai sebuah media  untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang dibutuhkan bagi pengembangan sebuah disiplin ilmu.

Pengertian metode belajar dipahami sebagai sebuah cara untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang dibutuhkan bagi kemajuan  ilmu pengetahuan. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian metode belajar adalah alat untuk mengembangkan dan mengolah suatu gagasan sehingga menghasilkan temuan atau teori

Jenis-Jenis Metode Belajar 

Untuk lebih memahami pengertian metode belajar berikut ini kami sajikan beberapa jenis metode belajar:

A. Metode Belajar SQ3R

Metode belajar SQ3R  ditemukan oleh seorang ilmuwan pendidikan dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat bernama Francis R. Metode ini dapat diaplikasikan pada beragam pendekatan belajar dan bersifat praktis.

Metode belajar SQ3R  terdiri dari beberapa tahap diantaranya:

1. Survey
Tahap ini dipahami sebagai peroses meneliti, memeriksa atau mengidentifikasi keseluruhan teks.

2. Question
Tahap question merupakan proses penyusunan daftar pernyataan yang relevan dengan keseluruhan teks.

3. Read 
Tahap read dimaknai sebagai proses secara aktif melakukan  pembacaan  teks untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah  tersusun.

4. Recite
Tahap ini ditandai dengan proses  menghafal setiap jawaban yang telah berhasil ditemukan.

5. Review
Review merupakan proses melakukan peninjuan ulang keseluruhan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah  tersusun pada langkah kedua maupun ketiga.

B. Metode Belajar PQ4R

Metode belajar PQ4R merupakan sebuah strategi pembelajaran yang berperan dalam meningkatkan kinerja memori otak untuk lebih memahami substansi teks.
Metode ini diciptakan oleh Thomas dan Robinson pada tahun 1972 di Amerika Serikat.

PQ4R adalah singkatan dari  Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review. Teknik PQ4R pada hakikatnya adalah pemicu munculnya  tanya-jawab yang dapat mendorong para pembaca teks untuk berupaya melakukan pengolahan materi secara lebih detail dan mendalam.

Teknik PQ4R terdiri dari tahap-tahap berikut ini:

1. Preview
Tahap ini siswa didorong untuk memahami materi dengan membaca secara    selintas cepat untuk membuka wawasan siswa tentang materi yang akan diajarkan.

2. Question
Tahap ini siswa diajak untuk menggali informasi tentang materi yang dibaca dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

3. Read
Tahap ini ditandai dengan reaksi siswa terhadap materi yang telah dibaca sehingga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.

4. Reflect
Pada tahap ini siswa diajak untuk memahami informasi-informasi dari materi yang telah dibaca tersebut.

5. Recite
Pada tahap ke lima ini, siswa   didorong untuk mengingat  kembali informasi dari materi yang telah dipelajari lalu menyaring hal-hal penting yang ada dalam materi tersebut.

6. Review
Pada tahap terakhir siswa diajak untuk membuat catatan singkat berupa intisari dari keseluruhan materi yang telah dibaca.
 
Dari ulasan  tentang pengertian metode belajar dan jenis-jenisnya di atas dapat disimpulkan bahwa metode belajar  merupakan alat untuk mengembangkan dan mengolah sebuah  gagasan mengenai ilmu pengetahuan sehingga mampu menghasilkan sebuah teori atau temuan.

Demikian tentang pengertian dan jenis metode belajar. Semoga bermanfaat
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top