5 Cara Paling Efektif untuk Mempererat Persaudaraan dan Pertemanan

Gimana ya caranya supaya kita bisa mempunyai banyak saudara dan teman?. Apalagi bagi kita yang merupakan pendatang di sebuah kota atau daerah di mana hanya sedikit saja orang yang kita kenal. Sebagai makhluk sosial, kita pasti membutuhkan orang lain. Semakin banyak saudara dan teman yang kita miliki, akan semakin baik untuk hidup kita.

Teman bisa menjadi jalan rezeki. Banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dari pertemanan dan persaudaraan. Sebab itulah kita harus selalu mempertahankan setiap saudara dan teman yang kita miliki. Mereka merupakan salah satu dari hal terpenting dalam hidup kita.

Banyak hubungan pertemanan yang kemudian berkembang menjadi ikatan persaudaraan, bahkan seringkali ada yang lebih baik hubungannya di banding dengan saudara kandung. Jadi untuk bisa memiliki banyak saudara tak harus dari saudara kandung bukan? nah, bagaimana caranya supaya kita bisa memiliki lebih banyak saudara dan teman? yuk kita baca tips berikut ini.
5 Cara Paling Efektif untuk Mempererat Persaudaraan dan Pertemanan

5 cara paling efektif untuk mempererat persaudaraan dan pertemanan

Berikut adalah 5 cara untuk mempererat persaudaraan dan pertemanan :

1.  Selalu bersikap ramah
Orang yang ramah disukai semua orang, sebaliknya orang yang jutek atau judes cenderung dijauhi orang.  Sikap ramah selalu membuat kita tampak lebih baik di hadapan orang lain. Sikap ramah akan membuat kita mudah diterima oleh siapapun.

2. Membantu secara tulus
Ketulusan memang tidak bisa dilihat, tapi bisa dirasakan. Ketulusan selalu terasa hangat seperti seduhan teh di pagi hari. Ketulusan akan dirasakan oleh orang lain dan mendekatkan kita kepadanya. 

Tuhan selalu membesarkan hal kecil yang dilakukan secara tulus dan mengecilkan hal besar yang dilakukan dengan niat atau motif tertentu. Biarlah ketulusan bekerja secara alami dengan izin Tuhan.

3. Berkirim hadiah
Nabi Muhammad yang mulia (Nabi dan Rasul dalam agama Islam) mengatakan bahwa berkirim hadiah dapat memperat jalinan persaudaraan dan pertemanan. Hal ini memang sungguh benar adanya. Tentunya dilakukan dengan niat tulus untuk mempererat persaudaraan, bukan untuk kepentingan bisnis apalagi suap. 

4. Saling berkunjung
Jika kita ingin selalu diingat oleh orang lain, maka seringlah berkunjung ke rumah orang lain. Orang akan ingat dan sayang kepada kita jika kita sering berkunjung ke rumahnya. 

Kebiasaan saling berkunjung akan membuat jalinan persaudaraan dan pertemanan menjadi semakin erat. Hal yang perlu kita perhatikan adalah waktu yang tepat untuk berkunjung dan pandai melihat situasi, Jika tuan rumah sedang sibuk, sebaiknya kita tidak berlama-lama sehingga ia tidak terganggu dengan kedatangan kita.

5. Jangan banyak berkeluh kesah
Sesungguhnya setiap orang memiliki masalah hidupnya sendiri-sendiri. Jika kita terlalu sering mengumbar keluh dan kesah kita, maka orang lain tak akan menyukai kita dan secara perlahan menjauhi kita.

Sebaik-baik tempat berkeluh kesah adalah Tuhan Yang Maha Kuasa. Biarlah Tuhan menjaga dan meringankan setiap masalah kita dengan cara yang sempurna, tanpa membuat orang-orang di sekitar kita menjauhi kita. 

Dengan 5 tips di atas semoga dapat mempererat jalinan persaudaraan dan pertemanan kita. Aamiin
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top