Cara Membeli dan Konfirmasi Pembayaran Domain .com untuk Blog

Cara Membeli/Order/Sewa Domain .com untuk Mengganti Domain Blogspot_Jika saat ini blog baru Anda masih beralamat atau nama domainnya masih ( contoh: alamatblogAnda blogspot.com) dan Anda ingin mempunyai blog dengan domain dot com, maka tanpa mengeluarkan biaya banyak pun Anda bisa memiliki blog berdomain .com, yakni dengan cara membeli/menyewa domain .com secara online di website penjual/penyedia domain. Tidak hanya domain .com yang bisa Anda miliki, namun Top Level Domain (TLD) seperti domain .net, .id, .web.id, .xyz, dan domain lainnya juga bisa Anda sewa selama minimal 1 tahun.

Cara Mudah Membeli Domain .com untuk Blog

A. Cara Beli Domain .com untuk Blog
Sebenarnya banyak website yang menjual/menyewakan domain .com, net, id, dan TLD lainnya, namun pada halaman ini saya ambil contoh untuk cara pembelian domain dot com di Niaga Hoster yang langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Kunjungi www.niagahoster.co.id 

2. Ketikkan Nama Domain dan Klik "Cek Domain"
Ketikkan Nama Domain dan Klik "Cek Domain"
Pada kolom nama domain, silakan Anda masukkan domain yang Anda inginkan. Tampilan utama, di sebelah kanan kolom nama domain tercantum .com, jika Anda ingin membeli domain selain .com, silakan klik segitiga kecil, di sana ada pilihan beberapa TLD seperti net, org, id, web.id, top, xyz, dan lain-lain.

Setelah Anda mengetikkan domain (contoh: puisimasyhuri), silakan klik "Cek Domain", tunggu proses sampai ada keterangan tentang tersedia atau tidaknya domain yang akan Anda beli. Jika domain tidak tersedia, silakan masukkan naman domain lain sampai tersedia.

2.  Domain Tersedia
Domain Tersedia
Jika nama domain yang Anda inginkan tersedia ( contoh: puisimasyhuri.com Tersedia), silakan tentukan tentang berapa tahun Anda akan menyewanya. Pada tampilan utama sudah tercantum 1 tahun, jika Anda ingin menyewa dengan durasi selama 2 tahun atau lebih, silakan rubah angkanya.

Setelah Anda menentukan lamanya masa sewa domain, silakan klik "Selanjutnya"
Berapa pun durasi Anda membeli/menyewa domain, nantinya setelah masa sewa habis, Anda bisa memperpanjangnya kembali, jadi santai saja bagi Anda yang menyewa domain selama 1 tahun.
3. Klik "Order Tanpa Hosting"
Order Domain Tanpa Hosting
Karena Anda hanya ingin membeli domain .com, maka yang harus Anda lakukan adalah mengeklik "Order Tanpa Hosting". Jika Anda belum tahu apa itu hosting?,,,he he,,,abaikan saja dulu, nah kan di sini Anda hanya butuh membeli domain. Nah seperti inilah Cara Order Domain Tanpa Hosting

4. Klik "Selanjutnya"
Tawaran Paket Starter Website Builder Weebly

Dari pihak Niaga Hoster menawarkan Paket Starter Website Builder Weebly 1 bulan Rp ...., nah ini terserah Anda mau sekalian beli atau tidak, jika akan beli silakan centang/kasih item pada kotak yang tersedia, namun jika tidak,,,silakan langsung saja klik "Selanjutnya"

5. Total Pembayaran Nama Domain .com
Total Pembayaran Nama Domain .com
Weebly Gratis
Langkah order domain selanjutnya
Silakan tambahkan Weebly Gratis dengan cara klik segitiga kecil dan klik Weebly Gratis, maka total pembayaran nama domain dalam durasi tertentu, akan ditampilkan, sebagai contoh:
  • Nama Domain: puisimasyhuri.com
  • Durasi Order Domain: 1 tahun = Rp 65.000
  • Order Tambahan: weebly gratis selama 1 bulan
  • PPN: Rp 6.500
  • Total: Rp 71.500
Jika Anda akan menambah order Whois Protection silakan tambahkan saja, namun jika tidak,,,silakan langsung klik "Selanjutnya"

6. Pengguna Baru
calon Member baru niaga hoster

Jika Anda Pengguna Baru, maksudnya belum menjadi member dan/atau belum pernah order domain, silakan klik "Lanjutkan"

7. Lengkapi Biodata
Biodata Calon member niaga hoster
Checkout
Silakan isi biodata Anda:
  • masukkan email aktif
  • buat password
  • kosongkan nama perusahaan jika Anda tidak memilikinya
  • isi nama lengkap sesuai KTP
  • isikan alamat lengkap, kota, kode pos, dan nomor HP
  • jika Anda akan melakukan pembayaran sewa domain .com menggunakan transfer bank, biarkan item tetap pada manual aktivasi 
Setelah biodata lengkap dan Anda telah menentukan metode transfernya lewat bank, silakan klik "Checkout Sekarang"

8. Order domain .com berhasil
Order domain .com berhasil

Setelah Anda sukses dalam melakukan order domain .com di Niaga Hoster, silakan klik "Klik di SINI untuk cara dan konfirmasi pembayaran". Hal ini penting karena setelah Anda ngeklik, maka ditampilkan rincian order yang meliputi harga domain, PPN, kode unik, dan total nominal uang yang wajib Anda bayarkan ke rekening Niaga Hoster.

Rincian Order Domain
Contoh:
  • Subtotal harga domain puisimasyhuri.com: 65.000
  • PPN: 6.500
  • Kode Unik: 754
  • Total: Rp 72.254
Nah, setelah Anda mengetahui jumlah total yang harus dibayarkan ke Niaga Hoster, usahakan Anda transfer uangnya sesuai dengan total nominal tersebut agar memudahkan niaga hoster dalam mengecek uang transferan dari Anda. Dengan demikian proses pengaktifan domain yang Anda beli pun semakin cepat.

Ok, silakan transfer uang ke Niaga Hoster yakni ke salah satu nomor rekening niaga hoster di bawah ini.

Daftar Nomor Rekening Niaga Hoster
  • BCA: 0283116490 a/n PT. WEB MEDIA TECHNOLOGY INDONESIA
  • MANDIRI: 1030006055954  a/n PT. WEB MEDIA TECHNOLOGY INDONESIA
  • BNI: 3300030034  a/n PT. WEB MEDIA TECHNOLOGY INDONESIA
  • BRI: 040901000395302  a/n PT. WEB MEDIA TECHNOLOGY INDONESIA
Setelah Anda melakukan transfer, silakan foto bukti transfer pembayaran domainnya yang nantinya sebagai lampiran ketika Anda melakukan konfirmasi pembayaran.

B. Cara Konfirmasi Pembayaran Domain com
Adapun cara konfirmasi pembayaran di Niaga Hoster, sebagai berikut:

1. Login di Niaga Hoster
2. Klik "Konfirmasi"
Cari dan klik menu "Tagihan", kemudian klik "Konfirmasi"
3. Isi kolom yang tersedia, setelah selesai silakan klik "Kirim"
Cara Konfirmasi Pembayaran di Niaga Hoster

Konfirmasi Pembayaran Pembelian Domain

Isi kolom konfirmasi:
  • pilih bank tujuan yang sesuai 
  • isi nama bank pengirim
  • isi nomor rekening pengirim
  • isi nama pengirim
  • isi tanggal transfer (jika belum sesuai, silakan ubah)
  • jumlah transfer sudah otomatis sama dengan total nominal yang wajib dibayar
  • upload foto bukti pembayaran (file jpg/png/gif/pdf ukuran maksimal 500 kb)
  • untuk kolom catatan boleh diisi dan boleh dikosongkan
  • klik "Kirim"
Bagaimana jika Anda sudah membayar domain ke niaga hoster, namun saat akan melakukan konfirmasi ternyata tombol konfirmasi pembayaran tidak ditemukan di dasbor login niaga hoster?, nah jawabannya cukup mudah, silakan Anda konfirmasi lewat "Live Chat" yang tombolnya bisa Anda temukan di kanan bawah halaman dasbor niaga hoster, silakan Anda login terlebih dahulu.

Setelah Anda melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara mana pun, silakan Anda menunggu domain yang Anda beli sampai benar-benar sudah diaktifkan oleh Admin Niaga Hoster. Silakan cek email Anda secara berkala, karena pihak Niaga Hoster akan memberikan informasi tentang status domain Anda lewat email. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengecek status domain Anda sudah aktif atau masih pending dengan cara login di Niaga Hoster.

Untuk mengetahui status keaktifan domain, silakan login di niaga hoster, kemudian klik "hosting&domain", silakan cek pada kolom menu "Status Order"

Contoh domain berstatus belum aktif 
Contoh domain berstatus belum aktif
Jika domain Anda, status ordernya masih "Pending Setup" berarti domain Anda belum aktif, ini artinya domain yang Anda beli belum bisa dikelola untuk digunakan.

Contoh domain berstatus aktif
Contoh domain berstatus aktif


Nah, jika pada kolom status order Anda sudah ada keterangan "Active", berarti domain yang Anda beli sudah benar-benar aktif dan bisa digunakan/diterapkan untuk domain blog Anda, misalnya untuk menggantikan domain blogspot blog Anda,,,ya ini sih bagi Anda yang bermaksud membeli domain .com untuk keperluan mengganti domain blogspot dengan domain .com. Ok, itu saja penjelasan Admin tentang Cara Beli/Order Domain Tanpa Hosting. Silakan terapkan domain baru Anda denga cara mengelolanya, klik "Kelola". Semoga blog berdomain .com Anda semakin berkualitas bagus.

Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top