Cara Membuat Label Artikel Blog di Dasbor Blogger/Blogspot

Cara Membuat Label Blogspot-Label ( bahasa Inggris : Tag ) adalah penanda. Dalam sistem online komputer, label (tag) adalah kata kunci non hierarki atau tidak bertingkat yang tugasnya adalah menunjukkan potongan-otongan informasi ( seperti petunjuk internet, gambar digital, atau file komputer ). Label merupakan metadata yang membantu untuk menjelaskan suatu hal dan memungkinkan hal tersebut ditemukan ketika melakukan pencarian ( browsing ). Demikian sekilas definisi/pengertian dan fungsi label yang Admin kutip dari  http://id.wikipedia.org/wiki/Label.

Lebih khusus lagi mengenai Label, dalam hal ini pemberian label pada artikel/postingan blog di platform blogger/blogspot merupakan hal yang sangat penting karena label dapat mewakili / menggambarkan isi sebuah artikel di mata mesin pencari maupun di hadapan pengunjung blog, walaupun fungsi ini tidak mutlak karena hal utama mesin pencari dalam menelusuri sebuah artikel adalah faktor isinya, judulnya, dan label sebagai salah satu alternatif lainnya. Jadi sebaiknya dalam membuat label, pilhlah kata kunci yang relevan atau sesuai dengan judul dan isi artikel.

Bolehkah membuat label yang tidak sesuai dengan isi artikel ?, jawabannya boleh-boleh saja, akan tetapi usahakan kita jangan sampai membuat label yang tidak sesuai dengan topik, mungkin saja mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke blog dengan penelusuran berdasarkan label ( kemungkinan kecil ) akan tetapi apakah pengunjung tidak kecewa ketika mengunjungi sebuah blog  karena hanya tertipu dengan label? dan sok pasti pengunjung hanya mampir beberapa detik dan langsung kabur.

Berapa jumlah label yang kita buat di sebuah artikel ?. Batasan membuat label itu bebas, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak, kalau menurut saya ya maksimal 5 label saja, karena kalau terlalu banyak label, bisa-bisa dianggap spam oleh mbah google.

Sobat, setelah kita paham akan pengertian dan fungsi label blog, kembali ke topik kita yaitu cara membuat label artikel di blogspot ( pemberian label dapat dilakukan sebelum kita membuat artikel, sesudah membuat artikel, atau bahkan setelah artikel dipublikasikan ), yang langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Membuat Label Artikel Blog di Dasbor Blogger/Blogspot:

1. Klik Label
2. Ketik label yang sesuai dengan isi artikel
Sebagai contoh, pada artikel ini Admin memberi label : Panduan Ngeblog dan Label. Jika label artikel blog lebih dari satu, maka kita wajib memisahkannya dengan tanda koma.
Cara Membuat Label Artikel Blog di Dasbor Blogger-Blogspot


3. Klik Selesai. Sekarang artikel sobat sudah berlabel.

Demikian Cara Mudah Memberi Label pada Artikel Blog di Blogspot. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top