Cara Membuat Url Artikel Blog Menjadi Panjang dengan Membuat Tautan Permanen Khusus

Cara Mengatur Url Judul Blog menjadi panjang dengan Membuat Tautan Permanen Khusus-Halo juragan, sebelum masuk pada pembahasan cara membuat url yang panjang terlebih dahulu sedikit kita bahas tentang Definisi/Pengertian URL. URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di internet.

URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah internet, URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dapat merujuk pranala ke Waring Wera Wanua atau World Wide Web. Sejak tahun 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier ( URI ) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian istilah URL masih tetap digunakan secara luas. ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/URL ).

Sobat Blogger, terkait dengan topik yang dibahas pada halaman ini, kita dapat membuat/mengatur URL judul artikel blog kita dengan dua cara yakni dengan menyetel Tautan Permanen Khusus dan Otomatis. Jadi antara dua pengaturan tautan tersebut itu tergantung selera atau kebutuhan kita. Jika kita menghendaki URL sesuai atau sama dengan judul maka biarkan saja ( tidak perlu mengatur tautan karena di blogger sudah distel tautan permanen otomatis ).

Berikut ini penjelasannya :

1. Cara Membuat URL Artikel Judul Blog Menjadi Panjang 
Cara Membuat Url Artikel Blog Menjadi Panjang dengan Membuat Tautan Permanen Khusus
  • Klik Tautan Permanen
  • Pilih dan klik Tautan Permanen Khusus
  • Ketik/buat URL yang panjang ( boleh sama dengan judul dan boleh juga sedikit berbeda ), syaratnya/caranya: ketik kata demi kata dan pisahkan antara kata yang satu dengan lainnya menggunakan tanda hubung ( - ).
  • Klik Selesai
  • Lihat hasilnya
Contoh  URL panjang : http://www.websitependidikan.com/2017/10/cara-membuat-url-artikel-judul-blog-menjadi-panjang-dengan-membuat-tautan-permanen-khusus.html

2. Cara Membuat URL Judul Blog menjadi pendek atau Cara Memperpendek URL Judul Artikel Blog, caranya sama dengan point nomor 1 di atas, kita hanya mengatur/mengetik/membuat URL yang pendek sesuai selera. Jadi tidak masalah kalau url dan judulnya tidak sama.

3. Cara Membuat URL Judul Blog apa adanya/sesuai judul ( jika judul panjang maka URL akan terpotong ).

Jika sobat menginginkan URL judul blog sesuai judulnya maka sobat tidak perlu mengatur apapun, biarlah berlaku Tautan Permanen Otomatis, seperti gambar di bawah ini :

Tautan Permanen Otomatis

Pada gambar di atas terlihat jelas bahwa jika pakai setelan permanen otomatis maka  URL terlihat terpotong sampai kata " menjadi".

Demikian Cara Membuat URL Judul Blog yang Panjang. Semoga bermanfaat.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top