7 Setelan Dasbor Blogger yang Wajib Disetting oleh Admin Blog Setelah Selesai Membuat Blog Baru

Cara Setting Blog Baru di Dasbor Blogger-Blogspot_Tujuh (7) Pengaturan Dashboard Blogger yang Wajib Disetting oleh Admin Blog pada Blog Baru_Apa yang Harus Dilakukan oleh Blogger Setelah Selesai Membuat Blog Baru?_Jika Anda baru berhasil membuat blog baru dan belum ada artikel/kontennya "Tidak ada entri", maka tugas Anda adalah membuat dan memposting artikel bermanfaat di blog baru Anda. Namun, jangan terburu-buru pengin blog Anda ada isi artikelnya, karena Anda harus belajar dulu tentang persiapan yang dilakukan sebelum mulai membuat artikel perdana pada blog Anda. Dalam hal ini, Anda harus melakukan pengaturan pada menu SETELAN dasbor Blogger.

Pengaturan pada menu "Setelan Dasbor Blogger" sangat penting untuk dipraktikkan oleh para Blogger pemula (Ahaa, para Blogger yang sudah mahir pun pasti melakukan ini pada setiap blog barunya), karena tujuannya adalah agar nantinya semua artikel yang Anda buat bisa cepat ketahuan oleh mesin pencari Google sehingga artikel Anda sering terbaca oleh orang lain.

Adapun penjelasan tentang "Setelan Dasbor Blogger", bisa Anda simak pada penjelasan di bawah ini.

Menu "Setelan" pada Dasbor Blogger
Cara Setting Blog Baru di Dasbor Blogger-Blogspot

Pada menu "Setelan" di Dashboard Blogger.com ada 7 sub menu yang meliputi: setelan dasar, (pos, komentar, dan berbagi), email, bahasa dan pemformatan, preferensi penelusuran, setelan pengguna, dan lainnya.

Setelah Anda mengetahui tujuh setelan pada dasbor Blogger, silakan Anda login di Blogger.com dan klik menu "Setelan", selanjutnya mari kita mulai lakukan pengaturan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mengatur Setelan Dasar Blogger
Cara Setting Setelan Dasar Blogger

Cara Setting Setelan Dasar Blogger

Pastikan Anda telah mengeklik "Setelan Dasar", maka akan muncul tampilan setelan yang memuat pengaturan tentang judul blog, deskripsi, privasi, alamat blog, pengalihan https, pengarang blog, dan pembaca blog.

a. Judul
Menu edit "Judul" memungkinkan Anda untuk mengubah judul blog yang Anda buat saat proses pembuatan blog. Anda boleh mengganti judul blog dengan judul lain pada waktu kapan pun juga.

Namun, jika judul blog Anda sudah sama dengan nama domain/subdomain, contoh judul blog: Sumber Link Download, alamat blognya berupa nama subdomain: sumberlinkdownload.blogspot.com, maka sebaiknya Anda tidak perlu menggantinya.

b. Deskripsi
Deskripsi blog berfungsi untuk memberi gambaran atau memperjelas topik blog kita kepada pengunjung dan mesin pencari. Artikel terkait: Cara Membuat Deskripsi Blog

c. Alamat Blog
Menu edit "Alamat Blog" memungkinkan Anda untuk mengubah alamat blog.

Anda bisa mengganti alamat blog berdomain blogspot menjadi blogspot maupun menjadi domain TLD com, id, web.id, net, dan lain-lain.
Baca juga: Cara Mengganti Blog Berdomain Blogspot Menjadi dot Com
Contoh:
  • caradata.blogspot.com/caradata.blogspot.co.id diganti menjadi websitependidikan.com
Sebagai Blogger Pemula, sebaiknya Anda tetap pakai domain blogspot saja.

d. Pengalihan https
Jika Pengalihan HTTPS diaktifkan:Pengunjung blog Anda akan selalu menuju ke https://domainAnda.blogspot.com.
Jika Pengalihan HTTPS dinonaktifkan:Pengunjung ke http://domainAnda.blogspot.com akan dilayani melalui HTTP, sambungan yang tidak terenkripsi. Pengunjung ke https://domainAnda.blogspot.com akan dilayani melalui HTTPS, sambungan terenkripsi. 
Catatan:
  • bagi Anda yang ingin menggunakan domain blogspot selamanya, maka sebaiknya Anda mengaktifkan https
  • sebaliknya, jika saat ini Anda berencana di suatu saat akan mengganti domain blogspot menjadi domain khusus/TLD com, net, dll, maka Anda tidak perlu mengaktifkan https.
e. Pengarang Blog
Saat ini, pengarang blog baru Anda adalah Anda sendiri. Jika, suatu saat Anda membutuhkan dan menginginkan untuk menambahkan keluarga Anda, saudara, dan/atau teman Anda sebagai pengurus blog, maka Anda bisa mengundang mereka sebagai Admin maupun sekadar Pengarang.

f. Pembaca Blog
Setelan "Pembaca Blog" memungkinkan Anda untuk memilih salah satu dari 3 jenis pengaturan target pembaca blog Anda yang meliputi:

1). Umum
Jika tidak diubah, blog Anda terbuka untuk semua pembaca.

2). Pribadi - Khusus penulis blog
Blog Anda dibatasi sehingga hanya penulis blog yang dapat membacanya.
Pengunjung lain ke blog ini tidak dapat membaca pos apa pun; sebaliknya mereka akan mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa ini adalah blog pribadi.

3). Pribadi - Khusus pembaca ini
Anda dapat membatasi blog Anda hanya untuk pembaca yang Anda pilih. Namun, pembaca tersebut harus masuk sebelum membaca blog Anda, sehingga menimbulkan langkah tambahan.
Pihak Blogger.com akan menyimpan daftar pembaca untuk Anda, sehingga Anda dapat beralih kembali kapan saja.
Pilihan setelan pembaca blog tergantung tujuan Anda ngeblog. Jadi , silakan pilih yang sesuai. Namun mayoritas para Blogger memilih setelan "Umum".
2. Mengatur Setelan Pos, Komentar, dan Berbagi
Mengatur Setelan Pos, Komentar, dan Berbagi


Optimasi Blog

a. Pos
1). Tampilkan sebanyak mungkin
Tampilan default Blogger, jumlah postingan artikel Anda yang ditampilkan di laman utama/home/beranda sebanyak 7 postingan.

Anda bisa mengurangi maupun menambah jumlah artikel yang akan ditampilkan di halaman beranda dengan mengganti angka 7 dengan angka lain.

Misalkan Anda akan menampilkan 1/2/3/4/5/6/8/9/10/11/... artikel di laman home, silakan ganti saja angka tujuh tersebut dengan angka sesuai keinginan Anda.

Berapa jumlah maksimal artikel di halaman utama?, pihak Blogger akan menampilkan artikel Anda di laman beranda sebanyak mungkin dengan batas maksimal 500 postingan.

Bagaimana jika kita mengisinya dengan nol?, he he ,,bisa saja sih,,,namun lucu kelihatannya, masa sebuah blog kok tanpa ada 1 pun artikel yang muncul di laman beranda.

2). Template Entri
Template entri membuat pra-format editor pos dengan teks atau kode yang akan tampil setiap kali Anda membuat pos baru.

3). Tampilkan gambar dengan Lightbox
Saat diklik, gambar akan terbuka dalam hamparan di bagian atas blog. Jika pos Anda berisi beberapa gambar, gambar tersebut akan muncul sebagai gambar mini di sepanjang bagian bawah.

b. Komentar
1). Lokasi Komentar
Ada 4 pilihan lokasi komentar yakni tersemat, halaman penuh, jendela munculan, dan sembunyikan. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, sebaiknya Anda memilih lokasi komentar tersemat.
Dengan Tersemat, pengguna dapat membalas dari pos, Halaman penuh dan Jendela munculan akan mengarahkan mereka ke laman baru. Perhatikan: Memilih Sembunyikan tidak akan menghapus komentar yang ada. Anda dapat menampilkannya kapan saja dengan memilih opsi yang lain.
2). Siapa yang dapat mengomentari?
Silakan pilih salah satu dari 4 opsi sebagai berikut:
➤Semua Orang - termasuk Pengguna Tanpa Nama
Pengguna Terdaftar - termasuk OpenID (sebaiknya Anda pilih yang ini)
➤Pengguna dengan Akun Google
➤Hanya anggota blog ini

3). Moderasi Komentar
Silakan pilih salah satu dari 3 jenis moderasi komentar:
➤Selalu
➤Kadang-kadang (sebaiknya pilih ini)
➤Tidak pernah
Tinjau komentar sebelum dipublikasikan. Tautan akan muncul di dasbor Anda bila ada komentar yang perlu ditinjau. 
4). Tampilkan verifikasi kata
Ini akan mewajibkan orang-orang yang meninggalkan komentar di blog Anda untuk menyelesaikan langkah verifikasi kata, yang akan membantu mengurangi spam komentar. Pengarang blog tidak akan melihat verifikasi kata untuk komentar.

5). Tampilkan Tautan Balik
Tautan balik memungkinkan Anda untuk melacak laman lain di web yang memiliki tautan ke pos Anda.

Catatan: Memilih Sembunyikan tidak menghapus tautan balik yang ada. Anda dapat menampilkannya kapan saja dengan memilih lagi Tampilkan.

6). Pesan Formulir Komentar
Silakan klik "Tambahkan" pesan formulir komentar, kemudian tulis kalimat yang Anda inginkan. Misalnya: Silakan tinggalkan komentar di blog ini.

7). Gunakan Google+ Komentar di blog ini (sebaiknya pilih TIDAK)
Gunakan sistem pemberian komentar tunggal terpadu antara Blogger dan Google+.

c. Berbagi
Bagikan ke Google+
1). Bagi Otomatis pos yang baru dipublikasikan ke profil Google+ Anda ?, pilih Ya

Pentingnya Mengatur Setelan Share G+ Otomatis 
Jika Anda mengatur di setelan Google Plus dengan pilihan "bagikan otomatis setelah mengeposkan", maka setiap kali Anda mempublikasikan artikel baru di blog Anda, akan terbagi secara otomatis di publik G+. Dengan cara ini, blog Anda akan semakin cepat banyak pengunjungnya.

2). Ingatkan untuk berbagi setelah mengeposkan?, pilih Tidak


3. Mengatur Setelan Email
Mengatur Setelan Email

Cara Setting Setelan Email pada Dasbor Blogger
a. Mempublikasikan entri menggunakan email
Silakan pilih salah satu dari:
  • Segera publikasikan email
  • Simpan email sebagai draf entri
  • Dinonaktifkan
b. Email Notifikasi Komentar
Isi dengan email Anda 

4. Mengatur Bahasa dan Pemformatan
Bahasa dan pemformatan


5. Setelan Preferensi Penulusuran
Setelan Preferensi Penulusuran

Mengaktifkan Meta Tag Deskripsi Blog
Adanya pengaturan meta tag deskripsi akan mempermudah mesin pencari menunjukkan artikel Anda ke para calon pengunjung. Artikel terkait, baca Cara Mengaktifkan Tag Meta Deskripsi Blog dan Fungsinya

6. Setelan Pengguna
Setelan Pengguna

7. Setelan Lainnya
Setelan Lainnya

  • fitur "Cadangkan Konten" bisa dimanfaatkan oleh Blogger untuk menyimpan konten Anda yakni untuk jaga-jaga jika blog Anda mengalami masalah.
  • fitur "Impor Konten" untuk mengimpor konten dari blog Anda yang lain dan/atau dari konten yang Anda unduh lewat menu "Cadangkan Konten".
Demikian Cara Setting Blog Baru di Dasbor Blogger-Blogspot. Semoga bermanfaat.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top