Fungsi Menu Setelan Preferensi Penelusuran Tag Meta Deskripsi Blogger dan Cara Mengaktifkannya

Fungsi Menu Setelan Preferensi Penelusuran Tag Meta Deskripsi Blog di Dasbor Blogger dan Cara Mengaktifkannya_Salah satu penyebab artikel di blog Anda jarang dibaca oleh orang lain adalah karena Anda belum menyetting "Menu Setelan Preferensi Penelusuran Tag Meta Deskripsi Blogger".

Apa Fungsi Menu Setelan Preferensi Penelusuran Tag Meta Deskripsi Blogger?, Bagaimana Cara mengaktifkan meta deskripsi di postingan blogger?, Seperti apa contoh deskripsi pada deskripsi penelusuran laman postingan blog???. Itulah beberapa pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh para Blogger Pemula.

Sahabat Blogger pemula, ketika Anda masuk ke dasbor blogger yakni di www.blogger.com , tentu Anda penasaran dengan fungsi dari berbagai menu yang ada di dasbor blogger.com tersebut. Nah, lewat halaman blog ini mari kita mengenal bersama tentang salah satu menu yang ada tersebut, dalam pembahasan kali ini yuk kita memahami tentang fungsi menu setelan preferensi penelusuran tag meta deskripsi blogger dan cara menggunakan/mengaktifkannya.

A. Fungsi Menu Setelan Preferensi Penelusuran Tag Meta Deskripsi Blog di Dasbor Blogger

1. Blog kita lebih cepat dan mudah terdeteksi oleh mesin pencari Google karena kata/kalimat kunci yang kita jadikan deskripsi penelusuran akan tampil di hasil pencarian Google
Fungsi Menu Setelan Preferensi Penelusuran Tag Meta Deskripsi Blogger dan Cara Mengaktifkannya
Contohnya deskripsi penelusuran blog websitependidikan.com ini adalah "Artikel Pendidikan ...", maka deskripsi tersebut menguatkan blog untuk tampil di halaman Google ketika kata kunci pencariannya terkait dengan pendidikan dan deskripsi lainnya.

2. Dengan aktifnta Tag Meta Deskripsi blog, maka secara otomatis di laman posting artikel akan muncul menu "Deskripsi Penelusuran", sehingga jika deskripsi penelusuran artikel tersebut kita isi dengan kalimat deskripsi yang tepat maka judul artikel blog lebih berpotensi tampil di halaman pertama Google paling atas

3. Dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog

4. Ranking blog semakin baik

B. Cara Mengaktifkan Tag Meta Deskripsi Blog di Dasbor Blogger Blogspot

1. Login di www.blogger.com kemudian klik menu "Setelan".
Mengenal Fungsi Menu Setelan Preferensi Penelusuran Tag Meta Deskripsi Blog di Dasbor Blogger dan Cara Pengaturannya


2. Klik menu "Preferensi Penelusuran"
Cara Mengaktifkan Tag Meta Deskripsi Blog di Dasbor Blogger Blogspot

3. Klik "Edit" Tag Meta Deskripsi

Cara Edit Tag Meta Deskripsi Blog

Jika Anda butuh bantuan penjelasan langsung dari pusat bantuan Google, silakan Anda bisa mengeklik tanda tanya ( ? )
Bantuan dari Google tentang Deskripsi Penelusuran Blog
Tetapkan deskripsi penelusuran blog
Bantu pengguna untuk memutuskan mengeklik blog Anda pada hasil penelusuran dengan menulis ringkasan yang menarik mengenai blog Anda. Silakan pelajari lebih lanjut di https://support.google.com/webmasters/answer/35624?hl=id
OK, setelah Anda mempelajari tentang Deskripsi Penelusuran di pusat bantuan Google, coba Anda cek di salah satu halaman posting artikel blog Anda untuk mengecek apakah menu "Deskripsi Penelusuran" sudah muncul di sana. Ahaa, sembari Anda mengeceknya, saya juga ngecek ah. Singkat kata, hasil pengecekan di halaman posting blog yang setelan preferensi penelusuran tag meta deskripsinya belum diaktifkan ( posisi nonaktif ) ternyata belum ada menu "Deskripsi Penelusuran" di laman postingan blog.

Ini dia tampilan di laman posting artikel jika Tag Meta Deskripsi Blog Non Aktif:
tampilan di laman posting artikel jika Tag Meta Deskripsi Blog Non Aktif
Ya seperti tampilan di atas, ternyata pada menu setelan entri belum terlihat menu "Deskripsi Penelusuran", kalau tag meta deskripsi sudah diaktifkan maka menu deskripsi penelusuran akan muncul di bawahnya menu "Lokasi".

4. Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran

Untuk mengaktifkan deskripsi penelusuran blog, kita bisa melakukannya dengan mengeklik/memberi tanda item pada pilihan "Ya", kemudian mengisi kolom deskripsi penelusuran yang ketentuannya maksimum terdiri atas 150 karakter, dan langkah terakhir yakni mengeklik menu "Simpan perubahan".

Oh ya sob, sebaiknya kalimat deskripsi penelusuran yang kita masukkan sebaiknya sinkron dengan judul dan deskripsi blog kita. Baca Cara Membuat Deskripsi Blog

Sebagai contoh nih sob, judul blognya "Sumber Link Download", deskripsi blognya " Tempat Download Gratis", dan deskripsi penelusurannya " Blog tentang kumpulan link download gratis".

Setelah Anda berhasil mengaktifkan tag meta deskripsi blog, coba Anda cek di laman entri artikel untuk memastikan apakah menu "Deskripsi Penelusuran" sudah muncul di sana. Saya ngecek juga nih, dan hasilnya seperti tampilan di bawah ini.

Cara memunculkan menu deskripsi penelusuran di laman posting artikel blog

Sobat Blogger, dengan cara di atas berarti kita sudah berhasil mengaktifkan tag meta deskripsi blog di dasbor blogger. Nah karena sudah aktif, mari kita coba untuk memanfaatkan menu deskripsi penelusuran di halaman entri postingan blog yaitu dengan cara mengisi kolom deskripsi penelusuran dengan kalimat yang kiranya bisa mewakili isi keseluruhan dari artikel tertentu. Dalam artian, kata/kalimat yang kita masukkan sebagai deskripsi penelusuran setidaknya mengandung kata/kalimat kunci ataupun keyword dari artikel yang kita buat. Adapun contoh penggunaan menu "Deskripsi Penelusuran" pada halaman entri posting artikel, bisa Anda lihat pada tampilan di bawah ini.

Cara mengisi menu deskripsi penelusuran blog

Ya, hanya dengan cara mengeklik "Deskripsi Penelusuran", mengisi kolom deskripsi penelusuran (Meta Tag Description Blogger_Cara Mengaktifkan Meta Deskripsi di Postingan Blogger_Contoh Keyword di Deskripsi Penelusuran) , dan mengeklik " Selesai", saya sudah berhasil membuat kalimat kunci artikel yang saya buat ini.

Demikian tentang Cara Mengaktifkan Meta Tag Description Blogger dan Fungsi Menu Setelan Preferensi Penelusuran Tag Meta Deskripsi Blogger. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top