7 Cara Mudah Menghilangkan Kebencian pada Orang Lain

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Benci Terhadap Orang Lain?_Sahabat, pernahkah Anda merasa disakiti oleh orang lain? atau pernah diperlakukan dengan tidak adil oleh seseorang? atau mendapati seseorang yang berkata kasar kepada diri sahabat?. Sangat mungkin kemudian dalam hati sahabat ada setitik rasa benci yang muncul. Dan hal ini adalah sesuatu yang wajar sebagai seorang manusia biasa. Namun demikian kita harus tahu bahwa kebencian adalah hal negatif yang bisa merusak kebahagiaan hidup kita. Untuk itu semaksimal mungkin kita harus berusaha menghilangkan atau menghapus kebencian kita kepada seseorang yang menyakiti hati kita. Lalu bagaimana cara menghilangkan kebencian kepada orang lain?
Cara Menghilangkan Kebencian pada Orang Lain

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kebencian kepada orang lain :

1. Yakin bahwa apa yang terjadi adalah dengan izin Tuhan
Baik orang lain melakukan hal positif maupun negatif kepada kita, semuanya terjadi dengan izin Tuhan. Dan saat seseorang berbuat hal yang kurang atau tidak menyenangkan kepada kita, kita juga harus yakin bahwa hal itu terjadi hanya dengan izin Tuhan. Dengan demikian kita bisa lebih mengambil hikmah atau pelajaran positif dari hal yang terjadi. 

2. Memaafkan
Sikap memaafkan akan membuat kita merasa lebih ringan dalam menjalani hidup. Maafkan saja dan semua akan terasa lebih baik. Memaafkan seseorang tidak perlu harus menunggu orang lain minta maaf, jadi maafkanlah sebelum mereka memintanya.

3. Mengingat segala kebaikan dan hal positif orang yang menyakiti kita
Ingatlah segala kebaikan yang pernah dilakukan orang yang menyakiti kita dan ingat juga hal positif apa saja yang ada padanya. Mungkin bahkan kita belum bisa membalas budi baiknya waktu dulu. Ingat juga bahwa jangan sekali-kali kita terlalu membenci orang lain karena bisa jadi suatu saat mereka menjadi orang yang kita sukai dan/atau mereka sebagai orang yang kita butuhkan bantuannya.

4. Menyadari bahwa tak semua manusia itu baik dan tak semua manusia itu jahat
Seperti hal nya diri kita sendiri yang tak pernah bisa luput dari lalai, lupa dan salah, maka begitu juga hal nya dengan orang lain. Berhentilah berharap bahwa semua orang akan berlaku baik kepada kita karena mereka bisa lalai, lupa dan salah. Berharaplah kebaikan hanya kepada Tuhan yang akan memberikannya dengan cara-Nya yang sempurna. Ingat juga bahwa sebaik-baik manusia pasti ada buruknya dan seburuk-buruk manusia pasti ada kebaikannya.

5. Introspeksi 
Sangat mungkin perbuatan tidak menyenangkan yang datang dari orang lain kepada kita, salah satu penyebabnya adalah sikap dan tindakan yang pernah kita lakukan. Maka saat hal tak menyenangkan itu datang, di situ lah saat yang tepat untuk kita melakukan introspeksi.

6. Lupakan kesalahan orang lain
Saat seseorang berbuat salah kepada kita, maka tulis lah kesalahannya di atas pasir, sehingga angin maaf akan segera menerbangkannya. Sebaliknya, saat seseorang berbuat kebaikan kepada kita, maka tulis lah di atas batu, sehingga ia tetap terukir di hati kita untuk dikenang.

7. Berdo'a
Mohon perlindungan kepada Tuhan agar hati, jiwa dan pikiran kita dibersihkan selalu dari hal-hal yang negatif, termasuk rasa benci kepada orang lain. Selain itu do'a kan lah kebaikan bagi orang yang telah menyakiti kita. Do'a kebaikan akan membuat hati kita diliputi cinta kasih dan kebahagiaan

Hidup akan lebih indah saat kita jalani dengan penuh suka cita, rasa maaf, dan kasih sayang. Demikian artikel cara menghilangkan kebencian kepada orang lain. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top