Ciri Khusus Hewan Reptil Kadal dan Fungsinya

Ciri Khusus Kadal dan Fungsinya-Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptil. Secara luas, pengertian kadal atau kerabat kadal (bahasa Inggris: lizards) juga mencakup kelompok cecak, tokek, bunglon, cecak terbang, biawak, iguana dan lain-lain. Sedangkan secara sempit, istilah kadal dalam bahasa Indonesia biasanya merujuk terbatas pada kelompok kadal yang umumnya bertubuh kecil, bersisik licin berkilau, dan hidup di atas tanah (Ingg.: skink, suku Scincidae, atau umumnya anggota infraordo Scincomorpha).
Ciri Khusus Kadal dan Fungsinya

Sobat Pembaca, sebenarnyaAdmin ingin mendokumentasikan 2 jenis kadal yang dulu sering Admin lihat di sekitar rumah, akan tetapi kebetulan baru menemukan kadal tanah yang warnanya juga coklat seperti tanah. Mudah-mudahan besok atau lusa saya bisa menemukan kadal hijau. Sebenarnya sih hanya beda tipis antara kadal tanah dengan kadal hijau. Kadal tanah kalau dilihat dari kejauhan mirip sekali dengan ular, baik bentuk kepala, tubuh, dan sisiknya.

Kadal hijau hidupnya di pohon, tapi tidak menutup kemungkinan kita jumpai juga di tanah. Seperti halnya kadal tanah, selain hidup di atas tanah, kadal coklat ini juga sering memanjat pohon jika di pohon terdeteksi ada calon mangsanya. 

Ciri khusus kadal sudah saya tulis di atas, tapi ciri khusus yang paling populer yaitu bahwa kadal merupak hewan yang dapat memutuskan ekornya ( autotomi ). Fungsi kadal memutuskan ekornya yakni untuk melindungi diri dari serangan musuhnya.
    Artikel Pilihan:
    Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

    Website Pendidikan

    Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

     
    Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
    Back To Top