Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Pendidikan Dasar; Pengertian SD, MI, SMP, dan MTs

Apa pengertian dan contoh Pendidikan Dasar?_Apa itu SD, MI, SMP, dan MTs?. Sebagian banyak masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui pengertian dan contoh pendidikan dasar. Sebagian besar penduduk Indonesia juga tentu tahu apa itu SD dan SMP/MTs, namun sebagian kecil dari kita ternyata masih ada yang merasa asing dengan MI, karena MI memang tidak tentu ada pada desa tertentu di Indonesia.
Pengertian dan Contoh Pendidikan Dasar; Pengertian SD, MI, SMP, dan MTs
A. Pengertian dan Contoh Pendidikan Dasar

1. Pengertian Pendidikan Dasar
Pendidikan Dasar adalah jenjang pendidikan pada jalur pendidikan formal yang melandasi jenjang pendidikan menengah yang diselenggarakan pada satuan pendidikan yang berbentuk sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah atau bentuk lain yang sederajat serta menjadi satu kesatuan kelanjutan pendidikan pada satuan pendidikan yang berbentuk sekolah menengah pertama dan madrasah tsanawiyah, atau bentuk lain yang sederajat.

2. Contoh Pendidikan Dasar
Contoh pendidikan dasar, seperti: Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs).

B. Pengertian SD, MI, SMP, dan MTs

1. Pengertian Sekolah Dasar/SD
Sekolah Dasar yang selanjutnya disingkat SD adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang Pendidikan Dasar.

2. Pengertian Madrasah Ibtidaiyah/MI
Madrasah Ibtidaiyah yang selanjutnya disingkat MI adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang Pendidikan Dasar.

3. Pengertian Sekolah Menengah Pertama/SMP
Sekolah Menengah Pertama yang selanjutnya disingkat SMP adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang Pendidikan Dasar sebagai lanjutan dari SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SD atau MI.

4. Pengertian Madrasah Tsanawiyah/MTs
Madrasah Tsanawiyah yang selanjutnya disingkat MTs adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang Pendidikan Dasar sebagai lanjutan dari SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SD atau MI.