4 Tahap Perkembangan Anak Menurut Jean Jacques Rousseau

Teori Perkembangan Anak Menurut Jean Jacques Rousseau_Jean Jacques Rousseau adalah ahli pendidikan beraliran liberal yang menjadi pendorong pembelajaran discovery. Jean Jacques Rousseau mulai melakukan kajian pada 1800an. Menurut Jean Jacques Rousseau, perkembangan anak terbagi menjadi 4 tahap/masa, yaitu tahap bayi, anak, remaja awal, dan remaja.
Teori Perkembangan Anak Menurut Jean Jacques Rousseau
Adapun penjelasan mengenai empat tahap perkembangan anak menurut Jean Jacques Rousseau sebagai berikut:

1. Masa bayi/infancy (usia 0-2 tahun)
Menurut Jean Jacques Rousseau, usia antara 0-2 tahun adalah masa perkembangan fisik. Kecepatan pertumbuhan fisik lebih dominan dibandingkan perkembangan aspek lain, sehingga anak disebut sebagai binatang yang sehat.

2. Masa anak / childhood (usia 2-12 tahun)
Masa antara 2-12 tahun disebut masa perkembangan sebagai manusia primitive. Kecuali masih terjadi pertumbuhan fisik secara pesat, aspek lain sebagai manusia juga mulai berkembang, misalnya kemampuan berbicara, berfikir, intelektual, moral, dll.

3. Masa remaja awal / pubescence (usia 12-15 tahun)
Masa usia 12-15, disebut masa remaja awal / pubescence, ditandai dengan perkembangan pesat intelektual dan kemampuan bernalar juga disebut masa bertualang.

4. Masa remaja / adolescence (usia 15-25 tahun)
Usia 15-25 tahun disebut maswa remaja / adolescence. Pada masa ini tejadi perkembangan pesat aspek seksual, social, moral, dan nurani, juga disebut masa hidup sebagai manusia beradab.

Demikian tentang 4 Tahap Perkembangan Anak Menurut Rousseau. Semoga bermanfaat
Artikel Pilihan:
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Pendidikan ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap 1- Sitemap 2- Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top