Download Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2018.b PDF

Panduan Penggunaan/Pengisian Aplikasi Dapodikdasmen Terbaru Versi 2018.b (Versi 2018b) Tahun Pelajaran 2017/2018 Semester 2_Buku ini memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi Dapodik Versi 2018.b mulai dari persiapan dan proses instalasi serta deskripsi dari setiap perbaikan dan perubahan. Buku ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada operator dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan aplikasi Dapodik Versi 2018.b secara mandiri di sekolah. Melalui buku ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi aplikasi Dapodik Versi 2018.b dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan kemudahan dalam memberikan informasi yang luas kepada operator tentang penggunaan aplikasi Dapodik Versi 2018.b dalam bentuk panduan.
Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018.b PDF

Silakan Download Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2018b (File PDF)

Adapun daftar isi panduan aplikasi dapodik versi 2018b seperti di bawah ini:

BAB I INFORMASI UMUM
1.1 Pendahuluan 
Sistem pendataan Dapodik pada tahun pelajaran 2017/2018 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2018.b. Pembaruan pada versi 2018.b hadir dengan tampilan warna pada menu login dan registrasi yang lebih segar. Secara sistem, pembaruan versi 2018.b disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran baru ini. Aplikasi Dapodik versi 2018.b dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu didahului oleh proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.

Pembaruan yang paling menonjol adalah di relasional entitas data substansi pendidikan, dimana dikembangkan menu baru yaitu, menu Jadwal dan Ekstrakurikuler. Pembaruan yang lainnya ada pada menu sekolah, peserta didik, dan sarana. Deskripsi pembaruan akan dijelaskan di bab pembaruan aplikasi versi 2018.b. Menu Jadwal dan Ekstrakurikuler akan dijelaskan pada bab terpisah, agar pengguna mendapatkan penjelasan yang detail.

1.2 Diagram Alir Penggunaan Aplikasi
Penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b memiliki karakteristik tersendiri. Guna memudahkan pengguna di satuan pendidikan serta mendorong terkumpulnya data dengan kualitas baik, maka telah disusun alur penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen

BAB II INSTALASI APLIKASI DAPODIKDASMEN 
2.1 Persiapan Instalasi
a. Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b, petugas pendataan harus memastikan telah memiliki kode registrasi dan akun Petugas Pendataan yang akan digunakan dalam proses instalasi.

b. Unduh Aplikasi Dapodik
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1) Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.


2) Klik menu "Unduh" dan klik Installer Dapodikdasmen Versi 2018.b seperti di bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop.

c. Generate Prefill Aplikasi Dapodik

2.2 Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik

BAB III DESKRIPSI PERUBAHAN
3.1 Daftar Perubahan
3.2 Deskripsi Perubahan

BAB IV NILAI
4.1 Target Pendataan Nilai Tahun 2018 
4.2 Kewenangan Input Data Nilai
4.3 Prosedur Input Data 
4.4 Persiapan Data 
4.5 Menu Nilai 

BAB V PENUTUP 

Demikian Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2018b. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top