Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Ilmu Ekonomi yang Begitu Nyata Dirasakan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apa manfaat ilmu ekonomi?_Kita sering kali mendengar kata ekonomi beserta variasi katanya. Namun saat ditanya lebih lanjut mengenai ilmu perekonomian, pastinya tak sedikit yang menggelengkan kepala tanda belum begitu tahu. Tidak ada salahnya mempelajari ilmu perekonomian. Ini bukan berarti Anda harus kuliah di jurusan ekonomi. Cukup mengerti definisi ekonomi serta penerapannya di kehidupan sehari-hari.
manfaat ilmu ekonomi
Apa yang Dimaksud dengan Ilmu Ekonomi?
Sebelum menilik lebih jauh manfaat ilmu ekonomi, ada baiknya kita mengerti definisi ilmu ekonomi terlebih dahulu. Kata ekonomi berasal dari kata oikonomia. Kata oikonomia berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari oikos dan noimos.

Jika diartikan, oikonomia berarti aturan rumah tangga. Tidak masuk akal? Coba bayangkan sejenak cara Anda mengatur kebutuhan hidup. Bagaimana Anda mencukupi kebutuhan hidup dengan bekerja demi agar bisa mendapatkan hal-hal yang Anda butuhkan. Hal inilah yang dimaksud dengan aturan domestik alias aturan rumah tangga.

Sekarang, bayangkanlah upaya Anda mencukupi kebutuhan hidup dalam skala lebih besar. Bayangkan miliaran manusia juga berusaha mencukupi hidup seperti Anda. Hal inilah yang disebut ekonomi. Dengan kata lain, ilmu ekonomi mempelajari upaya manusia mencukupi kebutuhan hidup dengan mengelola sumber daya yang jumlahnya terbatas demi terciptanya kemakmuran.

Mencermati Penerapan Ilmu Ekonomi
Sebetulnya, kehidupan sehari-hari tidaklah lepas dari kegiatan perekonomian. Contoh sederhananya adalah Anda yang berusaha mencukupi kebutuhan sehari-hari. Anda memiliki sumber daya yakni tenaga yang Anda gunakan untuk bekerja. Anda akan memperoleh uang yang merupakan bentuk lain dari sumber daya. Uang hasil jerih payah Anda tadi akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan Anda.

Setiap individu menerapkan beragam prinsip ekonomi di setiap hari. Contohnya, sebelum Anda membeli sesuatu, Anda membanding-bandingkan harganya terlebih dahulu. Ini adalah contoh penerapan prinsip ekonomi dan kita telah menerapkannya secara alami.

Manfaat yang Diberikan Ilmu Ekonomi
Setelah mengerti definisi ekonomi dan penerapannya di dalam kehidupan, mari kembali ke pertanyaan awal. Apakah manfaat ilmu ekonomi? Ada tiga manfaat utama dari ilmu ekonomi untuk kehidupan. Sebagai berikut:

1. Membantu umat manusia untuk menemukan cara paling tepat dan efisien dalam memanfaatkan beragam sumber daya. Manusia memiliki banyak sekali kebutuhan dan sumber daya yang ada cukup terbatas. Tidaklah mudah untuk bisa memenuhi kebutuhan semua orang. Namun dengan adanya ilmu ekonomi, semua bisa diatur.

2. Membantu umat manusia menggunakan barang-barang pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas dengan baik. Setiap individu membutuhkan hal-hal tertentu dalam jumlah serta kombinasi tertentu. Prinsip-prinsip di dalam ilmu ekonomi menjadi acuan untuk menciptakan kombinasi dan jumlah yang bisa memuaskan kebutuhan setiap individu.

3. Membantu setiap individu untuk menentukan prioritas dari sekian banyak kebutuhan yang ada. Beberapa kebutuhan penting seperti pangan mendapatkan prioritas utama dan akan selalu didahulukan.

Mengapa Ilmu Ekonomi Begitu Penting untuk Dipelajari?
Pada dasarnya, ada dua alasan penting mengapa ilmu ekonomi perlu dipelajari. Yang pertama berkaitan dengan kebutuhan manusia yang tidak kunjung habis. Agar bisa menetapkan prioritas, ilmu ekonomi harus dipelajari. Alasan kedua berkaitan dengan terbatasnya sumber daya. Ilmu ekonomi membantu untuk menentukan beragam alternatif dari sumber daya yang terbatas. Manfaat ilmu ekonomi sangatlah banyak dan tanpa kita sadari, kita sudah menikmatinya.