Cara Merawat Komputer/Laptop agar Awet atau Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat PC/Komputer/Laptop agar Tidak Cepat Rusak_Betapapun tingginya spesifikasi komputer/laptop yang Anda miliki, tetap Anda harus merawatnya dengan baik supaya komputer/laptop Anda tersebut tidak rusak. Ini adalah suatu hal mutlak yang harus Anda lakukan jika Anda ingin salah satu benda kesayangan Anda tersebut berumur panjang.  Cara merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak ini sangat mudah kok, tetapi jika Anda belum tahu, Anda bisa memperhatikan yang di bawah ini:

A. Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dari Sisi Hardware

1. Jangan Membanting Laptop atau Komputer
Jika Anda sangat sayang dengan perangkat Anda, entah itu laptop ataupun komputer, jangan coba-coba untuk membantingnya sekalipun Anda sedang emosi,he he. Siapa saja pasti tahu bahwa kegiatan membanting laptop dan komputer bisa menyebabkan terjadinya malfungsi pada hardware-nya. Lalu bagaimana jika tidak sengaja, terjatuh misalnya? dan/atau terkena benturan?. Kalau memang tidak sengaja, tetap Anda harus bersiap dengan berbagai kemungkinan kerusakannya.

2. Jangan Tempatkan Laptop di Atas Kasur Ketika Sedang Dipakai
Ketika Anda mengoperasikan laptop, sebaiknya jangan letakkan di atas kasur supaya sirkulasi udara laptop bisa berjalan dengan baik. Jika Anda melakukan hal yang sebaliknya, sudah pasti udara ini akan jadi sulit untuk keluar karena tertahan oleh kasur. Akibatnya, udara tersebut akan kembali dan membuat komponen laptop jadi tambah panas.

3. Jangan Langsung Menutup Laptop Setelah Digunakan
Begitu Anda selesai bekerja dengan laptop, sebaiknya jangan langsung menutup laptop tersebut, terutama jika kondisinya masih hangat ataupun panas. Kenapa? Karena tindakan ini bisa merusak LCD.

4. Jangan Gunakan Laptop Secara Berlebihan
Berlebihan yang dimaksudkan di sini adalah dari segi waktunya. Jika Anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama, otomatis laptop ini akan terkena overheat atau panas yang berlebihan. Ini bisa merusak komponen-komponen di dalam laptop tersebut. Berbeda halnya dengan komputer yang bahkan bisa Anda nyalakan selama yang Anda inginkan, bahkan 24 jam sekalipun.

5. Rutin Bersihkan Laptop
Selalu sediakan waktu Anda untuk membersihkan laptop secara rutin. Debu-debu yang menempel pada laptop bisa meningkatkan resiko terjadinya gangguan kinerja laptop serta membuatnya jadi lekas panas.

6. Bersihkan CPU
Sama dengan laptop, Anda juga harus membersihkan CPU secara rutin. Hal ini harus Anda lakukan paling tidak 6 bulan sekali. Debu-debu yang ada pada CPU bisa membuat berbagai komponen di dalamnya jadi lekas rusak.

Kalau memang Anda tidak bisa membersihkan CPU sendiri, jangan lakukan. Sebaliknya, panggil orang-orang yang ahli dalam hal membersihkan CPU ini.

7. Jangan Gunakan Laptop Ketika sedang Dicharge
Ini adalah sesuatu yang sangat disarankan jika Anda ingin laptop Anda berusia panjang. Kenapa demikian? Padahal ada banyak orang yang justru menggunakan laptopnya ketika tengah dicharge?

Nah, inilah yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya laptop itu sama dengan smartphone. Smartphone yang dipakai ketika dicharge, baterainya akan melemah. Hal yang sama juga akan terjadi pada laptop dan biasanya dikenal dengan istilah baterai bocor. Jadi, supaya baterai laptop Anda tidak lekas bocor, perhatikan cara merawat yang satu ini ya.

8. Jauhkan Komputer/Laptop dari Hal-Hal yang Sifatnya Basah
Selanjutnya, jangan tempatkan hal-hal yang sifatnya basah di dekat komputer ataupun laptop. Anda pasti tahu bahwa kedua perangkat ini sangat anti dengan air bukan? Terutama air yang terdapat kandungan mineral di dalamnya. Mineral ini bisa menyebabkan korosi pada bagian-bagian komputer/laptop tertentu.

Jika hal tersebut sampai terjadi, terutama jika air yang masuk cukup banyak dan tingkat korosinya juga tinggi, maka tukang service yang sehebat apapun rasanya akan angkat tangan.

9. Jangan Menempatkan Barang Berat di Atas Laptop
Baik itu tengah digunakan maupun sedang tidak digunakan, jangan sekali-kali menempatkan barang yang cukup berat di atas laptop. Kenapa? Karena ini sangat berpotensi merusak layar. Bukankah layar yang rusak ini masih bisa diperbaiki? Memang, tetapi siapkan saja uang yang cukup besar, karena biaya memperbaikinya tidak murah.

10. Jangan Pindahkan Laptop Ketika Menyala
Ini juga yang banyak dilakukan oleh orang-orang, yaitu memindahkan laptop ketika kondisinya sedang menyala. Kegiatan ini bisa menyebabkan terjadinya goresan pada hardisk. Goresan ini bisa mengakibatkan terjadinya bad sector pada hardisk tersebut yang sekaligus juga mengakibatkan lambatnya kinerja laptop.

Jika hal ini terus Anda lakukan secara rutin, maka juga bisa meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada laptop.
Cara Merawat Komputer-Laptop agar Awet atau Tidak Cepat Rusak

B. Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dari Sisi Software

1. Segera Buang Program yang tidak Bermanfaat
Jika ruang penyimpanan komputer/laptop Anda sudah hampir penuh, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ulang program-program apa saja yang sering digunakan dan yang tidak digunakan. Jika Anda menemukan adanya program yang tidak terlalu bermanfaat, sebaiknya segera uninstall saja supaya kinerja komputer/laptop jadi tidak lemot.

2. Install Software yang Benar-Benar Diperlukan Saja
Masih berkenaan dengan cara yang pertama, sebaiknya Anda hanya menginstall software yang penting-penting saja. Jangan tergoda untuk menginstall berbagai software yang sifatnya tidak begitu diperlukan supaya komputer/laptop tidak terlalu terbebani sehingga kinerjanya tetap stabil.

3. Jangan Browsing dan Mengunduh Software dari Internet secara Sembarangan
Anda pasti tidak suka jika komputer/laptop Anda terkena virus bukan? Jika jawabannya adalah iya, sebaiknya jangan browsing ataupun mengunduh software dari internet secara sembarangan. Karena itulah, ada baiknya Anda memastikan kondisi antivirus sedang on ketika Anda tengah melakukan ‘penelusuran’ di internet.

4. Install Antivirus
Sebenarnya ini sudah disinggung di poin yang sebelumnya ya. Supaya komputer/laptop Anda tidak mudah terkena virus, sebaiknya Anda menginstall antivirus. Tidak hanya menginstallnya saja, tetapi pastikan bahwa kondisinya juga siaga. Tidak perlu antivirus yang mahal, cukup gunakan yang murah saja, asalkan kinerjanya cukup baik.

Antivirus kan ada bermacam-macam ya, Anda tidak perlu menginstall semuanya, karena satu saja sudah cukup. Dan sebenarnya Microsoft sendiri sudah membekali para pengguna Windows dengan Windows Defender, dan Windows Defender ini sudah lumayan ampuh kok dalam mengatasi virus.

5. Pasang Software Cleaner
Ada cukup banyak orang yang berpendapat bahwa software cleaner ini tidak terlalu bermanfaat. Tetapi hal itu tidaklah benar. Memang software cleaner ini tidak bisa memperpanjang usia komputer/laptop, tetapi ini bisa memperbaiki kinerja kedua perangkat tersebut, karena software ini bisa membersihkan aneka file yang tak terpakai.

Selain itu, software cleaner ini juga bisa membersihkan data-data yang sudah tak terpakai seperti virus dan registry. Kita tahu bahwa kedua data ini tidak membawa keuntungan bagi komputer/laptop. Justru sebaliknya, jika dipelihara, bisa membuat kinerja laptop jadi terhambat. Jadi, jangan ragu lagi untuk memasang software cleaner ya.

6. Gunakan Sistem Operasi Original
Sistem operasi yang original akan membantu mengatasi berbagai file-file berbahaya. Karenanya, ketika pertama kali Anda membeli komputer/laptop, pastikan bahwa sistem operasinya itu asli. Kalaupun sudah terlanjur dipasang yang bajakan, segera ganti supaya Anda tidak perlu khawatir dengan file-file berbahaya yang cukup mengganggu itu.

Demikian tentang Tips Merawat PC/Laptop agar Awet. Semoga bermanfaat

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top