Pengertian dan Fungsi Software, Hardware, Brainware Beserta Contohnya

Pengertian dan Fungsi Software, Hardware, Brainware Beserta Contohnya_Dalam mengoperasikan sebuah komputer atau Personal Computer, pastinya terdapat beberapa komponen yang wajib ada supaya komputer tersebut bisa berjalan. Untuk memudahkan mengidentifikasi dan mengenali komponen tersebut, para ahli IT membagi menjadi 3 bagian berdasarkan karakteristik dan wujud komponen tersebut yakni software, Hardware dan Brainware. Ketiga komponen tersebut tentunya memiliki sub bagian lainnya dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Dari ketiga komponen tersebut ada yang merupakan komponen inti dan ada pula yang merupakan komponen tambahan.  Meski termasuk ke dalam komponen tambahan namun komponen tersebut tentu memiliki fungsi yang bilamana suatu saat dibutuhkan sebagai pelengkap.

Pembagian 3 komponen tersebut sangat memudahkan pengguna komputer terutama bagi pemula yang baru belajar tentang komponen komputer. Ketiga komponen tersebut saling melengkapi satu sama lain. Apabila salah satunya tidak ada maka sebuah komputer dipastikan tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Pengertian dan Fungsi Software, Hardware, Brainware Beserta Contohnya
Pengertian dan Fungsi Software, Hardware, Brainware Beserta Contohnya

A. Pengertian dan Fungsi Software, Hardware, dan Brainware

1. Pengertian Software dan Fungsinya
Software atau dalam bahasa Indonesia disebut perangkat lunak adalah yang tidak dapat rasakan artinya wujudnya hanya berupa file saja namun bisa dilihat dan dijalankan.

Software merupakan sebuah perangkat akan tetapi sifatnya visual dan selalu berada di dalam perangkat keras.

Software seringkali disebut perangkat yang bersifat maya, semu, ada namun hanya bisa dirasakan oleh beberapa indera.

Software ada yang merupakan perangkat bawaan dari sistem operasi yang sudah diinstal namun ada juga yang bisa diinstal sendiri di luar sistem operasi.

Sekarang sudah sangat banyak software yang bisa didapatkan dengan cara gratis dan sangat mudah di install.

Keberagaman software tersebut menjadi pendukung kreatifitas manusia dalam menghasilkan karya-karya inovatif yang tak terbatas.

Fungsi dari software yakni mengolah atau memproses data, perintah, instruksi, suruhan, arahan,  yang dilakukan manusia, si pengguna ke pada komputer hingga menghasilkan sesuatu yang diinginkan oleh si penggunanya.

Fungsi lain software yakni menjamin terlaksananya suatu perintah dan pelengkap berjalannya komponen lain seperti  hardware dan brainware.

2. Pengertian Hardware dan Fungsinya
Hardware atau disebut perangkat keras merupakan salah satu komponen pendukung berjalannya sistem komputer dimana hardware merupakan komponen yang memiliki wujud, berbentuk, dan dapat diidentifikasi oleh seluruh indera manusia baik dilihat maupun diraba.

Hardware merupakan perangkat yang sangat mudah diidentifikasi karena sifat tersebuut, oleh karenanya hardware cukup mudah dikenali.

Fungsi dari Hardware yaitu sebagai pendukung terlaksananya proses komputerisasi. Hardware menjadi pelengkap atau penyempurna dari kegiatan maupun perintah manusia, si pengguna terhadap komputer.

Selain itu, hardware juga mempermudah pengguna komputer dalam menjalankan fungsi komputer misalnya dalam fungsi audio, penyimpanan, dan sebagainya.

3. Pengertian Brainware dan Fungsinya
Barinware merupakan si pengguna komputer atau ide, akal, pikiran, dari si pengguna dalam menjalankan komputer sehingga komputer bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

Brainware merupakan setiap orang yang terlibat dalam  mengoperasikan dan memanfaatkansebuah komputer.

Setiap orang yang mampu mengopersikan komputer bisa disebut sebagai Brainware.
Brainware menjadi komponen yang paling penting dikarenakan tanpa adanya pemikiran manusia yang menjalankan dan menciptakan komputer maka komputer tersebut tidak akan pernah berjalan sebagaimana mestinya bahkan tidak akan pernah ada.

Fungsi dari Brainware yaitu mengendalikan, mengontrol, menjalankan, mengolah, memastikan, dan menjamin suatu komputer bisa di gunakan.

B. Contoh Sofware, Hardware, dan Brainware dan Fungsinya 

1. Contoh Sofware dan Fungsinya
Software terdiri dari 4 bagian yakni sistem operasi, program aplikasi, utility, dan bahasa pemrogaman.

a. Sistem Operasi
Sistem operasi meruapakan perangkat lunak yang mengatur, memanage, mengontrol sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak termasuk menjalankan aplikasi lainnya seperti program pengolah data yang berfungsi untuk mempermudah kegiatan manusia. Contohnya : Windows, Macintosh, Linux, dan UNIX. Pada smartphone kita mengenal Android dan iOS.

b. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan sub kelas atau bagian dari perangkat lunak yang dibuat untuk melakukan tugas yang lebih spesifik yang diperintahnya si pengguna.

Program aplikasi adalah sebuah program yang dituliskan dalam bahasa pemrograman guna diterapkan pada suatu perintah. Contohnya : Microsoft Word, Microsoft Excel, dan banyak lagi.

c. Utility
Utility merupakan program bantuan di luar program aplikasi bawaan sistem operasi. Utility berperan dalam menyempurnakan kegiatan manusia dalam menjalankan komputer.

Utililty seringkali menjadi aplikasi yang menghubungkan ke suatu jaringan atau suatu tindakan dalam komputer.

Contoh dari utility yakni : Mozilla Firefox, Winamp, Antivirus, Google Chrome, Opera Browser, aplikasi dari perusahaan Adobe, dan masih banyak lagi program utility yang bisa didapatkan baik dengan cara gratis maupun berbayar.

Program utility biasanya merupakan aplikasi di luar aplikasi bawaan sistem operasi seperti Microsoft office, windows media player dan sebagainya.

d. Bahasa Pemrograman 
Bahasa pemograman adalah sebuah bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer merupakan suatu instruksi dasar atau standar untuk memerintahkan komputer.

Bahasa pemrograma berisi kumpulan dari aturan semantik dan sintaks yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah program komputer. Contohnya : Java Script, PHP, Pascal, Visual basic dan lainnya.

2. Contoh Hardware dan Fungsinya
Hardware terbagi menjadi 3 dasar tergantung sifat dan karakteristik serta kegunaan perangkat, yakni processor, input device, dan output device.

a. Processor
Processor merupakan perangkat keras pengolah data yang berfungsi dalam mengolah data yang diperoleh dari perangkat lunak.

Processor merupakan perangkat keras yang selalu terhubung dengan monitor dan merupakan pusat dari segala pengolahan data komputer.

Contoh processor yaitu: CPU (Central Unit Processor) dengan sub bagian di dalamnya terdiri dari MotherBoad, Cip Processor, VGA card, dan sebagainya

b. Input Device
Input device merupakan perangkat keras masukan yang berfungsi dalam memasukkan dan mengubah data baik berupa data teks,  gambar, audio, dan video ke dalam komputer.

Contoh dari Input device yakni Keyboard, Scanner, Mouse, Webcam, joystick, trackball, Barcode reader, Light pen, CD-ROM, Flash disk, Hard disk, modem, Compact disk, microphone, touchpad, dan lainnya.

c. Output Device
Output device merupakan perangkat keras keluaran yang berfungsi dalam menampilkan hasil atau file yang sudah diolah oleh perangkat lainnya.

Contoh dari output device yakni : Printer, Monitor, Speaker,  LCD Proyektor,   Eearphone, plotter dan sebagainya.

3. Contoh Barinware
Brainware sendiri di klasifikasikan menjadi 3 bagian yakni operator, administrator, dan progammer.

a. Operator
Operator adalah seseorang yang bertugas melayani dan menjalankan atau pengoperasikan peralatan komputer muupun sistem komputer.

Operator menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perangkat komputer dan sudah paham mengenai segala sesuatu tentang komputer sehingga apabila terjadi masalah maka operator mengetahui jalan keluar masalah tersebut.

b. Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas dalam mengelola, mengolah, memanage,dan menata sedemikian rupa suatu program dan sistem operasi sehingga baik sistem maupun program tersebut berjalan sesuai dengan fungsinya pada jaringan komputer atau pada sistem komputer.

c. Programmer
Progammer adalah seorang yang telah ahli dan menguasai bahasa pemrograman. Programmer biasanya terdiri dari para ahli IT yang bertugas dalam membuat dan memepersiapkan program-program yang dibutuhkan pada sebuah sistem komputerisasi yang akan ditata.

Demikian tentang Pengertian dan Fungsi Software, Hardware, Brainware Beserta Contohnya. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top