5 Faktor yang Memengaruhi Cepat Lambatnya Penyembuhan pada Luka

Faktor yang Mempengaruhi Cepat Lambatnya Penyembuhan Pada Luka_Saat orang mengalami luka pada bagian tubuh kita, atau ada seseorang yang mengalami kecelakaan seperti jatuh dan lain-lain yang mengakibatkan  terjadinya luka, maka berbagai usaha P3K dan pengobatan kemudian kita lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka tersebut. Namun, penting untuk kita ketahui bahwa cepat lambatnya penyembuhan luka juga ditentukan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor tersebut?. Kita akan bersama menyimaknya di artikel ini. Selamat membaca.

Berikut 5 faktor yang memengaruhi cepat lambatnya penyembuhan pada luka :

1. Infeksi
Infeksi yang terjadi pada luka dapat menyebabkan lamanya proses penyembuhan luka. Selain itu, jika tidak ditangani dengan baik, maka infeksi pada luka juga dapat menambah ukuran luka, baik panjang area luka maupun kedalamannya. 

2. Usia
Semakin tua usia seseorang, maka kemampuan pemulihan jaringan di dalam tubuhnya akan semakin lemah, sehingga membutuhkan waktu lebih lama dalam proses penyembuhan luka dibandingkan dengan orang yang masih relatif muda.

Faktor yang Memengaruhi Cepat Lambatnya Penyembuhan Pada Luka

3. Benda asing
Benda asing seperti pasir atau mikroorganisme dapat menyebabkan terbentuknya suatu abses sebelum benda tersebut diangkat. Abses tersebut timbul dari serum, fibrin, jaringan sel mati dan lekosit (sel darah merah), yang membentuk suatu cairan kental berbau tak sedap yang disebut nanah.

4. Diabetes
Saat penderita diabetes menderita luka, maka akan sangat lama sekali proses penyembuhan pada luka nya. Jika ia mengalami luka kecil saja, luka tersebut bisa bertahan hingga 1 bulan bahkan ada yang hingga berbulan-bulan. Ini disebabkan karena terjadinya hambatan pada sekresi insulin yang menyebabkan adanya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh dan nutrisi tidak dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh. Akibatnya, terjadi penurunan protein-kalori tubuh.yang berperan dalam proses penyembuhan luka. 

5. Hipovolemia
Hipovolemia adalah suatu kondisi kurangnya volume darah yang dapat mengakibatkan terjadinya vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah dan menurunnya ketersediaan oksigen serta nutrisi yang diperlukan untuk penyembuhan luka.

Demikian artikel tentang 5 faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya penyembuhan pada luka. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top