Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan

Bagaimana cara memanfaatkan waktu luang untuk meningkatkan derajat kesehatan _Kesehatan menjadi hal utama yang paling berharga dan mahal bagi hidup manusia. Karena apabila manusia sakit, maka akan memerlukan tindakan dan biaya perawatan agar manusia bisa kembali pulih. Untuk itulah mengapa keadaan sehat dianggap sangat mahal. Menjaga kesehatan merupakan hal wajib yang dilakukan oleh umat manusia. Meski tidak semuanya menyadari arti penting kesehatan tersebut.

Sehat adalah kondisi dimana jiwa dan raga manusia dalam keadaan baik, mampu bekerja dengan semestinya, serta terhindar dari penyakit yang dapat merugikan jiwa dan raga manusia. Seringkali kesehatan manusia terganggu karena gaya hidup seperti terlalu sibuk bekerja dan melakukan kegiatan rutinitas setiap hari, padahal tubuh manusia memiliki batas kemampuan dalam bekerja.

Sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan di waktu senggang atau waktu ketika tidak bekerja. Misalnya pada sore hari sepulang kerja, di akhir pekan yang merupakan waktu berlibur dan bersantai bagi para pekerja, bahkan bisa juga dilakukan dimalam hari ketika akan beristirahat. Berikut rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan waktu luang.
Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan
Kegiatan kecil nan bermanfaat yang dapat dilakukan di waktu senjang untuk meningkatkan kualitas kesehatan

1. Olahraga ringan
Olahraga ringan sebenarnya merupakan hal wajib yang dilakukan setidaknya minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu. Olahraga memiliki banyak fungsi bagi kesehatan rohani dan jasmani manusia. Kurang olah raga akan berdampak jangka panjang pada kesehatan, bahkan dapat menjadi pemicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya yang dapat menurunkan derajat kesehatan manusia.

Jenis olah raga ringan yang dapat dilakukan yakni jogging, jalan sehat atau bersepeda. Yang menjadi kendala adalah bagaimana melakukan  olahraga ringan disela-sela waktu bekerja. Padatnya jadwal pekerjaan memang menjadi kendala utama olahraga ringan tidak bisa dilakukan. Akan tetapi ada tips yang menjadi pedoman dalam memanfaatkan sedikit saja waktu luang disela-sela kegiatan bekerja.

Jalan santai dapat dilakukan pada pagi hari sebelum berangkat bekerja. Bagi Anda yang ingin tetap memiliki waktu untuk melakukan aktivitas olahraga ringan di pagi hari, sebaiknya jangan menggunakan kendaraan pribadi. Usahakan bangun lebih pagi dan berjalan kaki menuju halte bis terdekat. Berjalan pada pagi hari tidak akan membuat Anda terlambat bekerja jika Anda bisa bangun lebih pagi.

Berjalan dari rumah menuju halte bis merupakan waktu luang disela-sela waktu kesibukan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan berjalan santai. Apabila Anda khawatir jika berjalan dapat merusak penampilan karena keluar keringat dan sebagainya, Anda bisa membawa peralatan berupa handuk kecil atau menggunakan baju dalam yang dapat menyerap keringat.

Jogging bisa dilakukan pada sore hari selepas pulang bekerja jika memang keadaan memungkinkan, artinya Anda tidak terlalu letih selepas bekerja. Anda bisa membawa peralatan jogging sebelum berangkat kerja. Nanti selepas bekerja Anda bisa langsung menuju taman atau area jogging yang sudah disediakan. Tetapi ingat jangan terlalu memaksakan diri karena akan berdampak buruk pada kesehatan.

Bersepada dapat pula dilakukan pada bagi dan sore hari. jika lokasi tempat bekerja dengan kediaman tidak terlalu jauh maka sebaiknya menggunakan sepeda sebagai alternatif. Selain lebih ekonomis, bersepeda pada pagi hari memanfaatkan waktu disela-sela waktu berangkat bekerja juga mampu meningkatkan kualitas kesehatan jantung dan paru-paru karena pagi hari jantung menghirup udara segar

Olah raga ringan tidak mesti dilakukan pada hari-hari kerja. Bisa juga memaksimalkan olahraga pada hari libur atau akhir pekan. Banyak yang memilih olah raga hanya sekali seminggu kemudian langsung melakukan olahraga berat yang justru membahayakan. Seperti mengangkat barbel dan lainnya, padahal sebelumnya mereka belum pernah melakukan pemanasan setiap harinya berupa olahraga ringan.

2. Berenang
Berenang merupakan kegiatan yang bukan hanya sebatas rekreasi semata. Berenang memiliki banyak kelebihan yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Ketika manusia berenang, seluruh otot baik otot besar, otot kecil dan otot perut turut serta bergerak. Itulah mengapa renang merupakan salah satu olahraga yang membakar banyak kalori yakni mencapai paling tidak 275 kalori per jamnya.

Berenang juga dapat menyehatkan dan menyegarkan otak dan melatih kerja pompa jantung. Tetapi sebaiknya sebelum berenang ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya kualitas air kolam renang. Pastikan bahwa air kolam yang akan digunakan untuk berenang memiliki tingkat keasaman atau pH yang normal, air yang cukup jernih dan tidak berbau sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Pastikan juga kondisi kesehatan Anda memungkinkan untuk berenang. Sebaiknya mengenali tubuh terlebih dahulu misalnya ada alergi dengan cuaca, pH air, atau temperatur air sebelum memutuskan untuk berenang. Berenang membutuhkan waktu yang cukup lama, artinya tidak bisa dilakukan secara mendadak dan membutuhkan persiapan, maka sebaiknya dilakukan pada akhir pekan atau hari libur.

Sebelum memulai berenang ada hal-hal yang harus diperhatikan selain tingkat keasaman air, temperatur, cuaca dan alergi. Sebaiknya sebelum berenang melakukan pemanasan ringan berupa gerakan kecil dan peregangan otot agar tidak keram ketika berada di dalam air. Kemudian beradaptasi dengan air. Hal tersebut berguna untuk menyesuaikan suhu tubuh dan meningkatkan detak jantung secara perlahan.

3. Memainkan hobi berupa olahraga permainan
Tentunya kita memiliki beberapa hobby yang berhubungan dengan olah raga seperti misalnya bermain voley ball, basket, bulu tangkis, tenis meja, sepak bola, bermain sepatu roda dan sebagainya. Hobby tersebut dapat dilakukan pada waktu senjang misalnya ketika liburan. Tidak hanya sebatas hobby, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan karena merupakan bagian dari  olahraga.

4. Meditasi
Tidak hanya olahraga atau kegiatan dengan gerakan saja yang dapat meningkatkan kesehatan manusia. Meditasi merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan manusia.

Meditasi atau semedi merupakan kegiatan relaksasi yang meliputi pelepasan pikiran dari hal-hal yang membebankan pikiran. Beban pikiran merupakan salah satu penyebab menurunnya tingkat kesehatan manusia.

Meditasi juga dapat membakar kalori dalam tubuh sehingga meditasi dapat dikatakan sebagai kegiatan yang dapat menurunkan berat badan jangka panjang. Sudah banyak tokoh Hollywood terkenal yang melakukan kegiatan meditasi untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Meski kegiatan yang dilakukan hanya duduk saja, tapi meditasi yang dilakukan selama 15 menit dapat membakar kurang lebih 18 kalori.

Meditasi bisa dilakukan pada malam hari ketika hendak beristirahat. Pada malam hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan meditasi karena suasana yang relatif sepi dan tenang. Melakukan meditasi sebelum tidur juga mampu meningkatkan kualitas tidur karena beban yang mengganggu pikiran pada siang hari dilepaskan dahulu sehingga akan memperbaiki kualitas tidur yang berefek pada kesehatan.

5. Istirahat yang cukup dan asupan makanan yang bergizi
Istirahat  dan asupan gizi dari makanan menjadi aspek pening yang harus diperhatikan. Olahraga yang disertai istirahat yang cukup serta asupan gizi yang seimbang menjadi faktor pendukung kesehatan manusia. Istirahat bisa dilakukan kapan sana Anda memiliki waktu luang karena istirahat tidak membutuhkan persiapan. Hanya perlu memperhatikan porsi istirahat dan makanan agar tidak berlebihan.

Baca juga : Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Kandungan Gizinya

Demikian tentang Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Meningkatkan Derajat Kualitas Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top