Mengenal Mesin Jahit Portable dan Cara Kerjanya

Apa itu mesin jahit portable?_Mesin jahit potable adalah inovasi alat penjahit yang ukurannya sangat kecil dari mesin jahit umumnya, sehingga bisa dipindahkan dengan mudah. Selain bentuknya yang sangat efisien, mesin jahit portable memilki banyak fungsi. Jika Anda sangat suka menjahit sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar karena kantong Anda belum mencukupi untuk membeli mesin jahit yang besar, mesin jahit potable bisa Anda jadikan pilihan untuk menjalankan hobi Anda.

Mesin jahit potable sekarang ini banyak sekali pilihannya. Beberapa produsen mesin jahit mulai tertarik untuk mengeluarkan mesin jahit portable karena dianggap ekonomis bagi semua kalangan masyarakat. Beberapa produsen mesin jahit, seperti Singer, Butterfly, Juki, Elna, Yamata, dan sebagainya, menawarkan banyak pilihan bagi Anda yang sedang mencari mesin jahit portable.

Model mesin jahit portable juga didesain secara menarik. Untuk memakainya juga cukup mudah dibandingkan mesin jahit manual atau mesin yang ukurannya relative besar. Meskipun lebih kecil, mesin jahit portable sudah dibekali kemampuan yang tidak kalah dengan mesin jahit besar, seperti menjahit semi obras, membuat bordir manual, menjahit zig-zag, dan membuat lubang kancing.
Mesin Jahit Portable
Cara kerja mesin jahit portable terbilang sangat mudah, tidak banyak bedanya dengan mesin jahit besar yang standar. Hanya saja mesin jahit ini menggunakan listrik untuk menghidupkannya. Karena tidak banyak perbedaan dengan mesin jahit biasanya, hasil jahitan dari mesim jahit portable tergolong sama dengan mesin jahit standar yang ada.

Kelebihan Mesin Jahit Portable
Selain itu, masih banyak kelebihan/keunggulan yang bisa Anda dapat dari mesin jahit portable ini. Antara lain :
  • Harganya sangat murah dibandingkan mesin jahit stAndar biasanya. Banyak produsen mesin jahit portable yang meberikan harga pada produknya dengan kisaran  Rp. 200.000 sampai Rp. 500.000. Tak sampai jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan mesin jahit portable yang dapat dipakai untuk keperluan sendiri atau membuka sebuah usaha jahitan pada skala kecil.
  • Bentuk mesin jahit potable umumnya sangat kecil dan ringan, berbeda dengan mesin jahit stAndart biasanya yang terbuat dari kayu dan besi sehingga sangat berat dan susah untuk dipindahkan. 
  • Desain yang ditawarkan biasanya sangat menarik. Banyak bentuk dengan warna dan model sesuai selera pada produk mesin jahit portable.
Tapi, perlu diingat, karena mesin jahit potable juga bagian dari hasil buatan manusia yang pasti punya banyak kekurangan, maka selain berbagai kelebihan diatas, mesin jahit portable juga memiliki kekurangan yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya.

Kekurangan Mesin Jahit Portable
Beberapa kekurangan mesin jahit portable yang perlu Anda tahu:

  • Mesin jahit portable umumnya terbuat dari bahan yang tidak sepenuhnya dari kerangka besi. Kebanyakan produk mesin jahit portable dibuat dengan bahan yang dominan dengan plastic, sehingga sangat mudah rusak apabila Anda tidak hati-hati saat memakainya, apalagi jika mesin jahit ini jatuh bisa mengganggu kerjanya. Hal ini memang perlu dimaklumi karena sesuai dengan harganya yang relative sangat murah. 
  • Mesin jahit portable sangat tergantung dengan listrik. Jika listrik sedang padam, tanpa berat hati Anda harus menghentikan kegiatan menjahit Anda sampai listrik kembali menyala.
  • Mesin jahit portable memiliki kekurangan lain, yaitu tidak bisa dipakai untuk menjahit beberapa jenis kain. Sehingga Anda harus pilih-pilih kain dulu jika akan membuat pakaian dengan mesin jahit portable.

Nah itu tadi ulasan tentang mesin jahit portable yang bisa kami sampaikan. Jika Anda ingin membeli mesin jahit, mulai sekarang pikirkan jenis mesin jahit sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mesin jahit yang handal, lebih baik sekalian beli mesin jahit besar yang standar, tetapi jika untuk keperluan yang simple pakai saja mesin jahit portable.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top