Pengertian, Fungsi, dan Jenis Resistor

Resistor merupakan bagian dari komponen eletronika yang mempunyai fungsi sebagai penahan arus yang mengalir pada sebuah rangkaian. Resistor sendiri berupa terminal yang memiliki dua komponen elektronik yang nantinya akan mengasilkan suatu tegangan yang berbanding lurus dengan arus listrik. Kerja resistor sesuai dengan suatu hukum yang taka sing lagi didengar, yaitu hukum Ohm (V=I.R).

Resistor memiliki kharakteristik yang tidak memiliki kutub positif dan negatif, tetapi mempunyai beberapa komponen, seperti tegangan kerja maksimum, resistensi, toleransi, dan power rating. Selain itu, resistor masih memiliki karakteristik, seperti induktansi, kebisingan, koefisien, dan temperature.

Resistor banyak digunakan dalam rangkaian elektronika sebagai salah satu komponen dasar. Sehingga, apabila Anda ingin membuat sebuah rangkaian elektronika yang baik, maka harus mengetahui seluk beluk resistor yang merupakan salah satu komponen dasar elektronika. Untuk itu, pelajari secara seksama yang berkenaan dengan resistor.

Resistor memiliki banyak fungsi dalam elektronika, sehingga keberadaannya sangat diperlukan. Meskipun sangat penting, tapi harga resistor terbilang murah dibandingkan komponen elektronik lainnya.
Pengertian Resistor dan Fungsinya

Macam-Macam Resistor
Resistor pada dasarnya terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya :
  • Fixed Resistor, yaitu jenis resistor yang mempunyai nilai hambatan yang tetap.
  • Variable Resistor, yaitu jenis resistor yang mempunyai nilai hambatan yang selalu berubah.
  • Resistor Non-Linier, yaitu jenis resistor yang disebabkan karena adanya pengaruh dari lingkungan, seperti suhu ataupun cahaya, sehingga membuat nilai hambatan menjadi tidak linier.
Selain memiliki beragam jenis seperti yang telah dijelaskan di atas, resistor juga mempunyai banyak kegunaan. Resistor memiliki bentuk yang sangat kecil, tapi ternyata kegunaannya tidak sepele bagi penyusun elektronika.  Secara umum memang resistor berguna sebagai penghambat arus yang sedang melewati sebuah rangkaian, tapi beberpa kegunaan lain dari resistor juga perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Keunggulan Resistor
Berikut beberapa kegunaan resistor dalam dunia eletronika :
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk mengatur jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Dengan menggunakan resistor, arus listrik yang mengalir dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk dapat menahan sebagian arus listrik yang mengalir dalam rangkaian dan disesuaikan dengan kebutuhan rangkaian elektronika yang Anda buat.
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk menurunkan tegangan listrik pada rangkaian elektronika yang Anda buat sesuai kebutuhan. 
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk membagi tegangan listrik yang ada pada rangkaian elektronika Anda, sehingga rangkaian eletronika tidak terlalu terbebani dengan tegangan karena telah dinetralkan oleh resistor.
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk dapat membangkitkan frekuensi tinggi maupun frekuensi rendah yang dibantu oleh kinerja transistor dan kondensator  (kapasitor). 
Dengan beberapa kegunaan yang ada pada resistor, maka resistor sangat dibutuhkan untuk menjadi salah satu bagian dari komponen sirkuit lektrinika dan jejaring elektronika. Resistor biasanya dibuat dari beberapa macam komponen dan film, dan juga bisa dibuat dari kawat resistensi. Kawat resistensi sendiri merupakan kawat yang terbuat dari kumpulan resistivitas yang sangat tinggi, seperti pada nikel kromium.

Dari ulasan ini Anda dapat memahami apa sebenarnya resistor yang biasanya sering dipakai dalam rangkaian elektronika. Ternyata benda kecil ini walaupun memiliki harga yang murah dibandingkan komponen elektronika lainnya, mempunyai fungsi yang tidak bisa dianggap remeh ya.

Jika Anda ingin membuat sebuah rangkaian elektronik, pastikan tidak lupa memakai resistor agar bisa berfungsi maksimal. Nah, itulah beberapa informasi mengenai resistor yang bisa Anda jadikan sebagai sumber referensi yang bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top